Hot Isu Senin 13 Juli 2020

oleh
Lurah Grogol Selatan Asep Subahan

JAKARTA, REPORTER.ID — Berikut hot isu yang berkembang hingga pagi ini, Senin (13/7/2020).

1. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menonaktifkan Lurah Grogol Selatan Asep Subahan karena diduga menyalahgunakan wewenang dalam memberikan pelayanan pembuatan e-KTP Djoko Sugianto Tjandra.
Anies mengatakan, laporan dugaan penyalahgunaan wewenang tersebut didapat dari laporan investigasi Inspektorat DKI Jakarta. “Ini fatal dan tidak seharusnya terjadi. Yang bersangkutan telah dinonaktifkan dan akan dilakukan penyelidikan lebih jauh,” ujar Anies, Minggu (12/7).

2. Setelah Menkumham Yasonna Laoly berhasil membawa pulang buron dan pembobol Bank BNI 1946, Maria Pauline Lumowa, kini Menko Polhukam Mahfud MD mulai tergerak hatinya untuk mengaktifkan kembali Tim Pemburu Koruptor — yang anggotanya berasal dari kementerian dan lembaga — untuk menangkap koruptor tengik yang menjadi buronan.

Mahfud mengatakan anggota tim pemburu koruptor yang akan dibentuknya terdiri atas pimpinan Polri, pimpinan Kejaksaan Agung, dan pimpinan Kementerian Hukum dan HAM. “Nanti tim akan dikoordinir dari kantor Kemenko Polhukam,’’ katanya, kemarin.

3. Tim pemburu koruptor pernah dibentuk pada era Presiden SBY melalui Inpres Tahun 2004. Tim yang pertama kali dibentuk itu dipimpin Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) saat itu, Basrief Arief. Namun masa berlakunya Inpres sudah habis dan belum diperpanjang lagi. Karenanya, Menko Polhukam Mahfud MD akan memperpanjang Inpres tersebut untuk memburu Djoko Tjandra dan koruptor yang jadi buron lainnya.

4. Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar jelaskan soal rekaman video yang menayangkan mobil VVIP berpelat nomor RI 2, yang sedang mengisi bahan bakar dari jeriken di pinggir jalan. Menurut dia, rekaman peristiwa itu terjadi saat Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin tengah melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Juli 2020 lalu.

Adapun kendaraan dinas yang dikenakannya dalam video adalah Mercedes-Benz S-600 Guard yang beberapa waktu lalu resmi dipindahtangankan kepada dirinya usai pelantikan. “Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP, bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM,” kata Oemar dalam keterangannya, kemarin.

5. Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Rusmin Nuryadin menjelaskan, Wapres Ma’ruf Amin tidak berada dalam mobil VVIP berpelat nomor RI 2, saat kendaraan tersebut viral karena mengisi bensin di pinggir jalan menggunakan jeriken.
Menurut Rusmin, mobil dalam video yang viral di medsos tersebut adalah mobil VVIP RI 2 berjenis Mercedes S 600 A atau Guard. “Sementara Pak Wapres berada di mobil Alphard G Series pada saat kejadian. Jadi Pak Wapres tidak berada di mobil itu, beliau naik mobil yang berbeda,” ujar Rusmin, Sabtu (11/7).

6. KPK meminta agar pelaksanaan Program Kartu Prakerja gelombang keempat dihentikan sementara waktu oleh pemerintah. Hal itu dimaksudkan agar program Kartu Prakerja bisa diperbaiki secara menyeluruh sesuai rekomendasi KPK sebelumnya.

Plt Jubir Pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding dalam keterangan resminya, Minggu (12/7) menyatakan, KPK menemukan empat aspek yang bermasalah dalam tata laksana program prakerja yang perlu diperbaiki pemerintah. Diantaranya proses pendaftaran, kemitraan dengan platform digital, materi pelatihan, dan pelaksanaan program.

7. KPK kembali lakukan penggeledahan di sejumlah lokasi di Kota Banjar terkait penyidikan kasus dugaan korupsi proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kota Banjar Tahun 2012-2017. Ada tiga lokasi yang digeledah KPK, salah satunya rumah Kepala Dinas PUPR Kota Banjar di Ciamis.

KPK mengamankan sejumlah uang hingga dokumen yang diduga terkait dengan kasus yang tengah disidik KPK. Kegiatan penggeledahan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tim KPK di Kota Banjar sejak kemarin. Ali mengatakan barang bukti yang diamankan itu akan disita.

8. Ketua KPK Firli Bahuri mengaku prihatin terhadap banyaknya insan koperasi yang tergoda lakukan korupsi. ‘’Sangat disayangkan, tidak sedikit insan koperasi zaman ini yang kehilangan ‘ruh’ pejuang koperasi tempo dulu. Mengejar kilau gemerlap fana yang menggoda dengan berbagai cara dan memanfaatkan situasi, seperti melakukan tindak pidana korupsi,” kata Firli Bahuri dalam keterangannya menyambut Hari Koperasi Nasional ke-73 yang jatuh pada 12 Juli 2020, Minggu (12/7) kemarin.

Ketua lembaga anti rasuah ini mengatakan, memang perilaku korupsi memiliki daya pikat yang luar biasa bagi orang-orang yang putus asa. Para calon koruptor itu juga berinovasi agar tidak mudah tertangkap.

9. Wapres Ma’ruf Amin menegaskan, saat ini Presiden Jokowi belum memiliki rencana untuk merombak Kabinet Indonesia Maju. Menurut Wapres, sikap Presiden Jokowi dalam rapat kabinet beberapa waktu lalu hanya bersifat teguran kepada para menteri.
Terutama para menteri yang bekerja lambat di masa pandemi Covid-19, yang tercermin dari penyerapan anggaran yang rendah. “Saya belum melihat adanya reshuffle, belum muncul rencana itu. Itu teguran kepada menteri yang lambat,” ujar Ma’ruf, kemarin.

10. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi baru bersuara soal isu reshuffle kabinet melalui Sekjennya, Hasto Kristiyanto. Ia mengatakan, reshuffle kabinet adalah hak prerogatif atau hak mutlak Presiden yang tak bisa diganggu gugat.

Karena itu, jika memang Presiden Jokowi akan merombak susunan kabinetnya, tentu berbasis evaluasi dan kajian mendalam dengan mendengarkan aspirasi rakyat. Hasto mengatakan, para menteri Jokowi harus memenuhi kriteria, antara lain sigap, kepemimpinannya bagus, berani mengambil risiko, serta memiliki karakter seorang pemimpin.

11. Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia mencapai 75.699 kasus hingga Minggu (12/7). Di antara kasus kumulatif itu, sebanyak 35.638 orang dinyatakan sembuh dan 3.606 orang lainnya meninggal dunia.

Untuk jumlah pasien yang sembuh bertambah 919 orang sehingga akumulasi pasien yang sembuh berjumlah 35.638 orang. Sementara jumlah pasien yang meninggal bertambah 71 orang sehingga totalnya menjadi 3.606 orang. Jawa Timur tertinggi dalam tambahan kasus dengan 518 kasus baru. DKI Jakarta berada di posisi kedua dengan 404 kasus baru.

12. Anggota DPR dari Fraksi Golkar, Ridwan Bae mengungkapkan, alat rapid test yang selama ini digunakan pemerintah untuk mendeteksi awal seseorang positif virus corona cenderung dibisniskan. Padahal, tingkat akurasi alat ini rendah.

“Rapid test ini hanya mendeteksi daya tahan tubuh. Tetapi alat rapid test ini cenderung jadi alat bisnis,” kata Ridwan Bae. Anak buah Airlangga Hartarto ini menyebut, dalam banyak hal, hasil rapid test reaktif tetapi setelah dites swab hasilnya negatif. Ini menunjukkan tingkat akurasi rapid test tak bisa dijadikan patokan.

13. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) keberatan dengan kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menetapkan batas tertinggi pemeriksaan rapid test antibodi untuk mendeteksi virus corona (Covid-19) sebesar Rp150 ribu.

Ketua Umum Pengurus Besar IDI Daeng Mohammad Faqih mengatakan, Kemenkes semestinya mengatur Harga Eceran Tertinggi (HET) alat rapid test di tingkat distributor, bukan mengatur harga pelayanan yang dibebankan ke rumah sakit.

14. Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo mengumumkan batas tarif tertinggi yang harus dibayarkan untuk pemeriksaan rapid test antibodi yaitu Rp150 ribu. Besaran biaya tersebut diatur dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/2875/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Tes Antibodi.

Dalam surat edaran tersebut juga dijelaskan besaran tarif tersebut ditujukan bagi masyarakat yang melakukan tes secara mandiri. Bambang mengatakan aturan tersebut dibuat agar bisa menjadi acuan rumah sakit atau laboratorium dalam menetapkan biaya pemeriksaan.

15. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim, izin yang diberikan kepada PT Pembangunan Jaya – melalui keputusan No. 237 Tahun 2020, red — untuk melakukan reklamasi atau perluasan kawasan Ancol bukan bentuk pelanggaran janji yang dia ucapkan pada saat kampanye Pilgub DKI yang lalu.

Anies mengemukakan sejumlah alasan, salah satunya adalah reklamasi Ancol berbeda dengan Proyek Reklamasi 17 Pulau di Teluk Jakarta yang sebelumnya telah dia cabut izinnya. ‘’Ini berbeda dengan reklamasi 17 Pulau yang Alhamdulilah sudah kami hentikan, itu menjadi janji kami pada masa kampanye yang lalu,” ujar Anies dalam video yang diunggah di akun YouTube Pemprov DKI, kemarin.

16. Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) menyoroti rencana Gubernu DKI Anies Baswedan membangun masjid dan Museum Sejarah Nabi Muhammad di lahan reklamasi Ancol, Jakarta Utara. KIARA menyebut ada politisasi agama untuk melegitimasi proyek tersebut.
Sekretaris Jenderal KIARA Susan Herawati membandingkan tindakan itu dengan reklamasi Pantai Losari di Makassar, Sulawesi Selatan. “Ada isu agama yang dimainkan oleh Anies dalam proyek reklamasi Ancol. Hal ini dilakukan untuk membungkam kritik dan protes dari masyarakat. Pengalaman di Pantai Losari, masjid yang dibangun di tengah-tengah pulau reklamasi gagal total. Masjid itu tak jadi apa-apa sekarang. Adalah sangat bahaya jika agama jadikan alat legitimasi untuk proyek reklamasi,” ujarnya, kemarin.

17. Terduga teroris Ikhsan Abdullah alias Muhamad Jihad Ikhsan (MJI) alias Abdullah Jhons (22) meninggal dunia setelah dirawat semalam di RS Kariadi, Semarang. Belum diketahui penyebab kematian MJI yang disebut-sebut sebagai anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) tersebut.

Kabar meninggalnya MJI disampaikan Sekretaris The islamic Study and Action Center (ISAC), Endro Sudarsono, yang mendampingi keluarga untuk mengambil jenazah Minggu (12/7) pagi.

18. Epidemiolog Unair Surabaya, dr Windhu Purnomo mengatakan tak tercapainya target dua pekan yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, untuk menekan kasus corona (Covid-19), juga dipengaruhi kebijakan pemerintah pusat.

Menurut dr Windhu salah satu kebijakan tersebut adalah dipermudahnya orang bepergian dari saru daerah ke daerah yang lain. “Misalnya membuka (memperpanjang masa berlaku) rapid test sampai 14 hari itu kan mempermudah perjalanan itu bisa meningkatkan kondisi yang ada di Jatim maupun Surabaya,” kata Windhu, kemarin.

19. Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Berkarya merekomendasikan mantan Presiden Soeharto segera diangkat menjadi pahlawan nasional. Menurut Sekjen Berkarya hasil Munaslub, Andi Picunang, Soeharto harus segera mendapat pengakuan dari negara karena telah berjasa bagi Indonesia di bidang keamanan dan ekonomi.

Munas Berkarya juga mengakui hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Menurut Andi Picunang, Pileg dan Pilpres 2019 yang memanangkan Jokowi-Ma’ruf telah berjalan demokratis.

20. Partai NasDem dan PPP meminta Partai Berkarya tidak menyeret-nyeret Presiden Jokowi ke urusan internal. Kedua partai koalisi pemerintahan Presiden Jokowi itu mengimbau Berkarya agar menyelesaikan masalah internal mereka terlebih dahulu.
“Selesaikan dulu deh internalnya Berkarya sendiri. Kemudian mengenai dukungan, saya pikir jangan kemudian dukungan itu mem-fait accompli dengan pemerintah,” kata Waketum NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Minggu (12/7).

21. Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Indonesia mencapai 75.699 kasus hingga Minggu (12/7). Di antara kasus kumulatif itu, sebanyak 35.638 orang dinyatakan sembuh dan 3.606 orang lainnya meninggal dunia.

Jawa Timur tertinggi dalam tambahan kasus dengan 518 kasus baru. DKI Jakarta berada di posisi kedua dengan 404 kasus baru. Untuk jumlah pasien yang sembuh bertambah 919 orang sehingga akumulasi pasien yang sembuh berjumlah 35.638 orang. Sementara jumlah pasien yang meninggal bertambah 71 orang sehingga totalnya menjadi 3.606 orang.

22. Pemprov DKI Jakarta menyampaikan terjadi lagi rekor penambahan kasus baru virus Corona di DKI Jakarta. Seperti diketahui, dalam satu minggu terakhir, rekor penambahan kasus pertama terjadi pada Rabu (8/7), dilihat dari situs resmi Corona Jakarta, corona.jakarta.go.id, tercatat angka 344. Kemudian, pecah rekor pada Sabtu (11/7) dengan tambahan 359 kasus. Lalu, pecah rekor lagi pada hari ini (Minggu, 12/7) dengan 404 kasus.
“Hari Minggu tanggal 12 Juli 2020, izinkan saya sampaikan perkembangan terbaru terkait penanganan COVID-19 di Jakarta. Tadi pagi pukul 10.00 WIB, Dinas Kesehatan melaporkan angka kasus baru yang muncul di Jakarta. Dalam seminggu terakhir kita tiga kali mencatat rekor baru penambahan harian. Hari ini adalah yang tertinggi sejak tangani kasus di Jakarta. Ada 404 kasus baru, ini tak boleh dianggap enteng,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

23. Kasus positif virus Corona di Solo, Jawa Tengah meningkat drastis hingga mencapai penambahan 18 orang pada Minggu (12/7). Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyebut Kota Solo tak hanya kembali ke zona merah, namun zona hitam. “Biasanya tambah 1-2 orang, hari ini tambah 18 orang. Sudah bukan zona merah lagi, zona hitam,” kata Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solo, Ahyani.
Jumlah tersebut banyak disumbang dari klaster tenaga kesehatan (nakes) RSUD dr Moewardi (RSDM). Seperti diberitakan, 25 dokter yang tengah menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Paru Universitas Sebelas Maret (UNS) di RSDM dinyatakan positif virus corona atau COVID-19.

24. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjajal kendaraan taktis (rantis) yang diberi nama Maung. Prabowo mengaku bakal mengutamakan alat utama sistem persenjataan (alutsista) produk dalam negeri.
Momen menjajal rantis Maung itu diunggah Prabowo Subianto di akun media sosialnya, Twitter dan Instagram. Prabowo menjalankan rantis 4×4 itu bersama PT PINDAD. “Sore hari ini saya dan tim dari PT. PINDAD mencoba kendaraan Rantis 4X4 yang kami beri nama Maung,” kata Prabowo, Minggu (12/7).

25. Ketua MPR Bambang Soesatyo nge-vlog bareng selebritis merangkap pencinta hewan, Irfan Hakim yang memiliki subscribers Youtube 4,9 juta. Ini adalah kolaborasi ke-4 Bamsoet bersama selebritis untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI kepada kawula muda melalui konten Youtube Bamsoet Channel. Sebelumnya, Bamsoet sudah berkolaborasi dengan Raffi Ahmad, Jessica Iskandar (Jedar) dan Baim Wong.
Mantan Ketua DPR ini menjelaskan melalui konten Youtube, dirinya tak perlu mengumpulkan banyak orang di sebuah ruangan untuk memberikan edukasi tentang Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui Youtube termasuk efektif dan bisa menjangkau siapapun dari tempat manapun.

26. Ketua MPR Bambang Soesatyo menyalurkan bantuan kepada Himpunan Petani dan Peternak Millenial Indonesia (HPPMI). Bantuan diserahkan bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Gerakan Kebangsaan Bangun Solidaritas (GERAK BS), Relawan Empat Pilar MPR RI, Generasi Lintas Budaya, dan kitabisacom.
Bantuan sebesar Rp 400 juta ini berasal dari donasi warga melalui program MPR RI Peduli-Lawan COVID-19. Bantuan ini akan dimanfaatkan para petani milenial untuk mengembangkan berbagai usaha pertanian dan peternakan, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen pertanian dan peternakan mereka.

27. Wakil Ketua MPR Syarief Hasan menyampaikan harapan dan refleksinya terhadap Koperasi di Indonesia. Hal ini disampaikan bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional ke-73 yang jatuh hari ini. Eks Menteri Koperasi dan UMKM di masa SBY ini berharap koperasi tetap hadir sebagai lembaga yang mampu menopang perekonomian di Indonesia.
Mantan Menkop ini mendorong agar koperasi tetap menjadi instrumen utama dalam Ekonomi Pancasila. Ekonomi Pancasila merupakan ekonomi yang mengedepankan kebersamaan dan loyalitas bersama sebagaimana cita-cita Bapak Koperasi Indonesia, Moh Hatta bahwa koperasi harus dapat mewujudkan Ekonomi Pancasila yang menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

28. Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menyoroti Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang menimbulkan kegaduhan. Ia memandang, fenomena RUU HIP itu menjadi indikator bahwa perlunya Sosialisasi Empat Pilar untuk menguatkan pemahaman ideologi Pancasila secara utuh.
“RUU HIP menggambarkan bahwa apabila masyarakat tidak memahami Pancasila secara utuh, baik dan benar, akan timbul kegaduhan dan penolakan dari masyarakat luas, bukan hanya dari dalam DPR, MPR dan DPD RI, tapi juga masyarakat Lintas Ormas Agama. Juga dari kalangan Legiun Veteran RI, Pemuda Pancasila dan lain-lain,” tegas HNW, Minggu (12/7).

29. Mendikbud Nadiem Makarim meminta pihak sekolah yang berada di zona hijau yang memulai kegiatan belajar secara tatap muka tetap mengedepankan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan rasa nyaman dan kepercayaan baik untuk para orang tua maupun siswa.

30. Polisi menembak mati seorang jambret sadis di Medan, Sumatera Utara. Polisi menembak pelaku karena lakukan penyerangan dengan sajam hingga mengenai petugas. “Unit Jatanras Satreskrim mengamankan satu orang DPO pelaku jambret yang sempat viral di medsos. Pelaku terpaksa dilakukan tindakan tegas karena melukai petugas dan pelakunya meninggal,” kata Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko di RS Bhayangkara, Minggu (12/7).

31. Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor 2 menjadi klaster baru penyebaran COVID-19 setelah 61 santri dan guru diketahui positif COVID-19. Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menyayangkan sikap Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni yang menyalahkan santri karena tidak melengkapi surat keterangan rapid test.

Jazilul memahami sikap Ipong didasari adanya kewajiban bagi santri yang kembali pesantren untuk menjalani rapid test. Namun, menurutnya, kewajiban rapid test itu akan membebani orang tua karena harus mengeluarkan biaya cukup besar. “Tapi jangan seolah-olah menyalahkan santri, orang tua santri, dan pengasuh pesantren,” kata Jazilul, kemarin.

32. dr Reisa Broto Asmoro yang selalu berpenampilan menarik itu kini menyandang jabatan baru sebagai duta adaptasi kebiasaan baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Dengan jabatan barunya itu, Reisa tidak lagi hadir bersama Ahmad Yurianto yang dijuluki Pembawa Berita Kematian, Reisa menyampaikan pesan protokol kesehatan cukup melalui video call saja.
.
33. Penyelidikan kasus editor Metro TV Yodi Prabowo yang ditemukan tewas di pinggir Jalan Tol JORR Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan (Jaksel), masih terus dilakukan. Polisi sudah memeriksa 20 saksi dalam kasus ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, 20 orang yang sudah dimintai keterangan itu adalah keluarga terdekat Yodi Prabowo dan orang-orang yang terakhir bertemu korban. Pacar Yodi, Suci Fitri juga telah dimintai keterangan.

34. Polisi telah mengerahkan segala upaya untuk melacak jejak pembunuh editor Metro TV Yodi Prabowo, termasuk dengan menggunakan anjing pelacak di dua tempat berbeda, yakni danau dan sebuah warung yang jaraknya sekitar 500 dari lokasi penemuan mayat, serta menyisir ke beberapa titik.

Sebelum melakukan pelacakan, anjing tersebut mengendus pisau yang diduga digunakan pelaku. “Kebetulan ini alat bukti yang digunakan untuk menghabisi korban. Jadi kita melacak jejak pelaku yang pegang di alat bukti tersebut,” jelas anggota Tim K-9 Ditpolsatwa Baharkam Korsabhara Mabes Polri Bripka Sugianto, kemarin.

35. Komisioner KPU Ilham Saputra mengusulkan agar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang bersifat final dan mengikat ditulis di Undang-Undang tentang Pemilu yang sekarang tengah dibahas di DPR. Ilham menilai aturan itu penting ditulis agar tidak ada pihak yang bisa mengganggu putusan MK terkait Pemilu atau data pembanding hasil Pemilu, karena putusan Mahkamah Konstitusi itu adalah final dan binding (mengikat).

36. Pengamat politik dari UI, Prof. Amir Santoso menyarankan, sebaiknya Pilkada Serentak yang digelar 9 Desember 2020 ditunda saja tahun depan. Kalau pemerintah dan KPU tetap menyelenggarakan pada tanggal tersebut, itu sama saja dengan kulakan Covid-19. Karena jumlah pasien positif virus corona naik terus tiap hari, belum ada tanda-tanda melandai atau berkurang.

‘’Kalau Pilkada digelar 9 Desember 2020, berarti pemerintah dan KPU ingin menggagalkan program penanggulangan Covid-19. Berarti pemerintah dan KPU kulakan molo atau penyakit. Buat apa pemerintah bentuk Gugus Tugas Penanggulangan Virus Corona yang diketuai Doni Monardo, buat apa dianggarkan ratusan triliun untuk perangi corona. Semua upaya itu bakal sia-sia kalau pilkada serentak diselenggarakan di tengah berkecamuknya virus berbahaya ini,’’ kata Guru Besar FISIP UI ini kepada REPORTER.ID di Jakarta, Minggu (12/7).

Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.