HOT ISU yang Berkembang Hingga Pagi Ini, Selasa (6/10/2020):

oleh
Presiden KSPI, Said Iqbal.

Hot isu yang berkembang hingga pagi ini, Selasa (6/10/2020):

1. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal membantah adanya tawaran jabatan di pemerintahan. Isu ini menyeruak ketika dirinya Senin (5/10/2020) kemarin, hadir di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang dirinya tepat pada saat pelaksanaaan Sidang Paripurna di Gedung DPR RI yang mengesahkan Omnibus Law RUU Cipta Kerja menjadi undang-undang. “Tidak ada, tidak pernah ada pembicaraan (tawaran jabatan di pemerintahan) tersebut,” katanya Senin malam.

Kendati Omnibus Law UU Cipta Kerja telah disahkan, sebanyak 32 konfederasi serikat buruh tetap melanjutkan aksi mogok kerja nasional yang berlangsung mulai hari ini (6/10/2020) hingga 8 Oktober 2020. Dalam aksi mogok kerja nasional itu menurut Said Iqbal, buruh akan tetap menyuarakan penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Adapun yang dikritik dari Omnibus Law yaitu tetap ada UMK tanpa syarat dan UMSK jangan hilang, nilai pesangon tidak berkurang, tidak boleh ada PKWT atau karyawan kontrak seumur hidup. Selanjutnya, tidak boleh ada outsourcing seumur hidup, waktu kerja tidak boleh eksploitatif, cuti dan hak upah atas cuti tidak boleh hilang, karyawan kontrak dan outsourcing harus mendapat jaminan kesehatan dan pensiun.

“Sementara itu, terkait dengan PHK, sanksi pidana kepada pengusaha, dan TKA harus tetap sesuai dengan isi UU Nomor 13 Tahun 2003,” tegasnya. Lebih lanjut kata dia, mogok kerja nasional ini akan diikuti 2 juta buruh.

2. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menulis surat terbuka kepada serikat pekerja dan buruh. Surat itu menyinggung rencana mogok nasional buruh yang rencananya berlangsung 6-8 Oktober 2020, sebagai protes atas pengesahan Undang-Undang atau UU Cipta Kerja menjadi undang-undang,
Ida mengatakan rencana aksi harus dipikirkan karena pandemi Covid-19.

“Terkait rencana mogok nasional, saya meminta agar berpikir lagi dengan tenang karena situasi jelas tidak memungkinkan untuk turun ke jalan, untuk berkumpul. Pandemi Covid-19 masih tinggi, masih belum ada vaksinnya,” kata Ida melalui surat yang diterbitkan di akun Instagram Kemnaker, Senin malam, 5 Oktober 2020. Kasubag Pemberitaan Kemnaker Dicky Risyana membenarkan surat tersebut ditulis Ida.

3. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senin (5/10/2020), telah mengetok palu tanda disahkannya Omnibus Law RUU Cipta Kerja menjadi undang-undang, dalam Rapat Paripurna ke-7 masa persidangan I 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Pengesahan RUU Cipta Kerja ini bersamaan dengan penutupan masa sidang pertama yang dipercepat dari yang direncanakan, pada 8 Oktober 2020 menjadi 5 Oktober 2020.

DPR mempercepat penutupan masa sidang karena pertimbangan ada anggota DPR, staf DPR dari unsur ASN dan staf anggota yang terpapar Covid-19.

“Ada anggota DPR terpapar Covid-19, begitu juga staf ASN dan staf anggota, kita doakan sahabat-sahabat anggota DPR dan staf yang terpapar dalam segera pulih,” kata Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin saat memimpin rapat.

4. Rancangan Undang Undang Cipta Kerja (RUU Cipta Kerja) resmi menjadi undang-undang setelah DPR mengesahkannya pada Rapat Paripurna, Senin 5 September 2020. Pengesahan ini dikebut lebih cepat dari jadwal yang diagendakan pada Kamis 8 September 2020.

Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin mengatakan, dalam pengesahan ini terdapat enam fraksi menerima RUU Cipta Kerja untuk disahkan menjadi UU. Kemudian 1 fraksi menerima dengan catatan, dan dua fraksi menolak. “Mengacu pada pasal 164 maka pimpinan dapat mengambil pandangan fraksi. Sepakat? Tok!” kata Aziz dalam sidang rapat paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Mewakili pemerintah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyambut baik dan mengucapkan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ketua dan wakil ketua panitia kerja RUU Cipta Kerja, badan legislatif, legislasi DPR, yang telah melakukan proses pembahasan dengan berbagai pandangan masukan dan saran yang konstruktif. “Alhamdulillah sore ini undang undang tersebut diketok oleh DPR,” kata dia.

5. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tetap mengesahkan RUU Cipta Kerja di tengah penolakan dari berbagai kalangan pekerja/buruh. Aturan sapu jagat tersebut digadang-gadang dapat menciptakan lapangan kerja baru dan memangkas sejumlah regulasi.

Rapat RUU Cipta Kerja Dikebut dalam 64 Kali Rapat: Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Supratman Andi Agtas mengatakan, pembahasan RUU Cipta Kerja dilakukan sebanyak 64 kali pertemuan, yang terdiri dari 2 kali rapat kerja, 56 kali rapat panja, dan 6 kali rapat Tim Perumus (Timus) dan Tim Sinkronisasi (Timsin).

“Baleg bersama pemerintah dan dewan legislatif telah melaksanakan rapat sebanyak 64 kali, 2 kali rapat kerja, 56 kali rapat panja dan 6 kali rapat Timus Timsin. Yang dilakukan mulai hari Senin sampai Minggu, dari pagi sampai malam bahkan reses pun tetap melakukan rapat baik di dalam gedung maupun di luar,” ungkap Supratman dalam Rapat Paripurna DPR RI, Senin (5/10/2020).

Mogok nasional rencananya dilakukan selama tiga hari berturut-turut, dimulai pada tanggal 6 Oktober 2020 dan diakhiri pada saat sidang paripurna yang membahas RUU Cipta Kerja pada 8 Oktober 2020.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, mogok nasional ini akan menyetop produksi ini akan diikuti kurang lebih 5 juta buruh di ribuan perusahaan di 25 provinsi dan 300 kabupaten atau kota.

6. Presiden Amerika Serikat Donald Trump positif COVID-19, padahal pilpres AS sudah kurang dari 1 bulan lagi. Nasib kampanye dan debat capres lantas menjadi tidak jelas. Pengamat hubungan internasional menilai semuanya kini bergantung pada kesehatan Donald Trump. Namun, Donald Trump sendiri tampak masih bertekad untuk memenangkan pemilu berdasarkan manuver yang dibuat Trump selama ia di rumah sakit.

Donald Trump sudah beberapa kali mengirim video dan tweet dari rumah sakit. Ia pun sempat jumpa fans dengan pendukungnya yang datang ke rumah sakit.

“Belum ada satu kepastian karena Trump masih di rumah sakit, meskipun dia menunjukan dia sendiri sudah sehat sampai bisa keliling rumah sakit pakai mobil untuk bertemu dengan para pendukungnya, jadi memang sangat bergantung kepada perkembangan kesehatan,” ujar Guru Besar Politik Internasional Universitas Pelita Harapan Aleksius Jemadu, Senin (5/10/2020).

7. Presiden Amerika Serikat Donald Trump resmi meninggalkan Rumah Sakit Militer Walter Reed di Bethesda, Maryland. Trump sempat dirawat sejak Jumat (2/10) akibat terpapar virus corona. Trump pergi meninggalkan rumah sakit pada Senin (5/10) sore sekitar pukul 06.30 waktu setempat.

Dikutip dari Reuters, Selasa (6/10), Trump terlihat menggunakan masker saat pergi keluar RS Walter Reed. Ia langsung menuju sebuah mobil limosin yang telah menunggunya.

Selanjutnya, Trump menuju ke Marine One menaiki helikopter yang akan membawanya kembali ke Gedung Putih. Di sana, Trump akan melakukan perawatan mandiri.

Dari foto AFP, terlihat setibanya di Gedung Putih, Donald Trump yang masih dinyatakan positif COVID-19 langsung melepaskan masker yang ia pakai. Padahal, ketika meninggalkan RS Militer Walter Reed dia masih menggunakan masker sebagaimana anjuran dari WHO. Masker berwarna putih yang sempat ia pakai kemudian dimasukkan ke dalam kantong jasnya.

8. Tiga indeks utama Wall Street menguat pada perdagangan bursa saham Amerika Serikat, Senin (5/10) waktu setempat. Kenaikan tajam ini karena investor melihat kemungkinan lebih banyak stimulus fiskal dan setelah ada berita Presiden Donald Trump akan meninggalkan rumah sakit tempat dia dirawat karena COVID-19.

Dilansir dari Reuters, Selasa (6/10), Dow Jones Industrial Average .DJI naik 465,83 poin atau 1,68 persen menjadi 28.148,64. Lalu S&P 500 .SPX naik 60,16 poin atau 1,80 persen menjadi 3.408,6 dan Nasdaq Composite .IXIC bertambah 257,47 poin atau 2,32 persen menjadi 11.332,49.

Donald Trump mengatakan dia merasa “sangat baik” dan akan meninggalkan Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed pada pukul 18:30. (2230 GMT). Trump telah berada di rumah sakit sejak Jumat malam. Saham Regeneron Pharmaceuticals Inc REGN.O melonjak 7,1 persen setelah dokter Trump mengatakan sang presiden telah dirawat dengan pengobatan antibodi eksperimental Regeneron.

9. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump keluar dari rumah sakit militer Walter Reed, Senin (5/10/2020) sore waktu setempat atau Selasa (6/10/2020) pagi WIB setelah menjalani perawatan akibat Covid-19 selama 3 hari. Setibanya di Gedung Putih, Trump melepas masker dan berjalan di tangga South Portico sembari mengatakan, “Saya merasa baik.”

Sebelumnya Trump mengatakan melalui cuitan bahwa dia akan melanjutkan perawatan di Gedung Putih. Tidak hanya itu, dia ingin segera melanjutkan kampanye pilpres AS. “Akan segera kembali ke jalur kampanye,” katanya.

Pada Senin pagi waktu setempat, Trump sudah memberi tahu, juga melalui Twitter, perihal rencananya meninggalkan rumah sakit. “Saya akan meninggalkan Walter Reed Medical Center hari ini pukul 18.30. Saya merasa sudah benar-benar baik! Jangan takut Covid. Jangan biarkan itu mendominasi hidup Anda. Saya merasa lebih baik daripada 20 tahun yang lalu,” ujarnya.

10. Sentimen dari pengumuman Presiden AS Donald Trump yang terinfeksi virus Corona sepertinya mulai mereda. Sebelumnya sentimen tersebut sempat membuat para pelaku pasar panik dan mengganti dolarnya dengan emas.

Presiden Donald Trump sendiri dikabarkan telah membaik kondisinya. Dalam video berdurasi satu menit yang diposting di Twitter Trump pada Minggu malam, dirinya mengatakan telah mendapat laporan yang bagus dari para dokter.

Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah melemah. Senin pagi nilai tukar dolar AS berada di level Rp 14.798 alias melemah 194 poin (1,29%). Demikian dikutip dari data RTI, Senin (5/10/2020). Hingga pukul 10.05. WIB, dolar AS terpantau bergerak di rentang Rp 14.791-14.992. Jika dibandingkan dalam sepekan terakhir, dolar AS tercatat melemah 0,36% terhadap rupiah. Namun jika dibandingkan secara bulanan, dolar AS menguat 0,43%.

11.Presiden Jokowi mengungkapkan sejumlah organisasi tempur yang sudah dibentuk selama masa kepemimpinannya. Menurutnya, pembentukan organisasi tempur itu sebagai bentuk transformasi TNI dalam menghadapi dinamika dunia dan tantangan dalam negeri yang sangat kompleks. Jokowi melihat TNI sudah mampu mengembangkan teknologi militer terkini berbasis teknologi informasi, teknologi nano, dan teknologi otomatisasi.

Dalam lima tahun terakhir, TNI telah melakukan transformasi organisasi secara signifikan dengan melakukan pembentukan satuan-satuan organisasi yang baru.

“Telah kami bentuk organisasi tempur baru, seperti Divisi 3 Kostrad, Komando Operasi 3 Angkatan Udara, Armada 3 Angkatan Laut dan Pasukan Marinir 3,” jelas Jokowi saat memberikan arahan dalam Upacara Peringatan Ke-75 TNI melalui virtual dari Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (5/10/2020).

12. Presiden Joko Widodo melakukan video conference dengan beberapa Satuan Tugas TNI, seusai menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia, di Istana Negara, Senin (5/10/2020).

Presiden berdialog dengan beberapa Komandan Satgas TNI yang berada di pulau Galang, pulau Sekatung, pulau Saumlaki, perairan Natuna, perbatasan RI-Papua Nugini dan yang bertugas sebagai Kontingen PBB di Kongo, Afrika.

Dalam kesempatan berbincang dengan Komandan Satuan Radar (Satrad) 245 Letkol Lek Fuzi Arizona, presiden sempat menanyakan kelancaran pembayaran gaji dan tunjangan. “Yang berada di Saumlaki, selamat pagi. Semuanya sehat? Karena ini juga jauh, gajinya lancar? tunjangan lancar? bener…?” tegas presiden.

Satrad 245 terletak di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Terdapat 54 personel Satrad dan 10 personel Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 472 Pasukan Khas (Paskhas) TNI Angkatan Udara Bawah Kendali Operasi (BKO). Dansatrad mengatakan seluruh personel dalam keadaan sehat dan bebas dari Covid-19. Presiden juga mengucapkan terima kasih dan mendoakan seluruh personel Satrad agar selalu sehat.

13. Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan kejutan kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-75. Kehadiran Kapolri tersebut untuk menyampaikan secara langsung ucapan selamat ulang tahun dan kue ulang tahun yang bertuliskan Dirgahayu TNI di Subden Merdeka Barat Denma Mabes TNI, Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (5/10/2020).

Panglima mengucapkan terima kasih atas ucapan dan perhatian Kapolri serta seluruh jajaran Kepolisian di seluruh Republik Indonesia di hari jadi TNI. Jenderal bintang empat itu sangat terharu terkait kejutan yang diberikan Kapolri sebagai bentuk perhatian dan sinergitas TNI-Polri.

Panglima juga mendapat laporan bahwa kejutan di hari jadi TNI ini tidak saja diberikan kepada Panglima TNI tetapi diberikan kepada seluruh jajaran TNI di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke hingga ke satuan terkecil seperti Koramil. “Saya yakin bahwa Sinergi TNI-Polri adalah kebutuhan bagi Bangsa Indonesia untuk menjaga utuhnya wilayah NKRI,” ujarnya.

14.Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam acara peringatan ke 75 Hari Tentara Nasional Indonesia Tahun 2020 di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/10/2020). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memuji tranformasi yang dalam kurun waktu lima tahun terakhir dilakukan aparat TNI. Transformasi dilakukan untuk mendukung secara tepat kebutuhan konsolidasi demokrasi.

“Untuk memastikan TNI bisa adaptif dengan ancaman pasca perang dingin, terutama ancaman non konvensional dan ancaman transnasional dan untuk memastikan TNI mengadopsi perkembangan teknologi berbasiskan teknologi nano dan otomatisasi,” kata Jokowi.

Jokowi lantas memamerkan sejumlah tim tempur yang dibentuk. Mulai dari Divisi III Kostrad, Komando Operasi 3 Angkatan Udara, Armada 3 Angkatan Laut, dan Pasukan Marinir III. “Telah kita bentuk kekuatan gabungan ini terutama 3 komando gabungan wilayah pertahanan dan 3 skuadron drone angkatan udara dan satuan cyber TNI,” ujar Jokowi.

15. Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara dalam Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/10/2020). Upacara HUT ke-75 TNI dilaksanakan secara daring dan dihadiri secara terbatas oleh beberapa pejabat negara.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, beserta Kepala Staf 3 angkatan turut hadir di Istana Negara.

Selesai upacara, Presiden Joko Widodo melakukan video call dengan beberapa Satuan Tugas TNI yang berdinas di wilayah terluar Indonesia dan Satuan Tugas TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXIX-B yang bertugas di negara Kongo, Afrika. Dalam kesempatan video call dengan Satuan Tugas TNI AL di perairan kepulauan Natuna, Presiden menerima laporan dari Laksamana Pertama TNI Dato Rusman selaku Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) I.

Danguspurla melaporkan kondisi perairan Natuna dalam keadaan aman dan kondusif. Ia juga mengatakan bahwa Guspurla Koarmada I sedang melakukan Operasi Siaga Tempur Laut dengan kekuatan 4 Kapal Republik Indonesia (KRI) dan unsur patroli udara maritim.

16. Penyidik Polda Metro Jaya menangkap seorang pria berinisial PBA (39) lantaran menculik dan melakukan kekerasan seksual terhadap seorang anak berkebutuhan khusus berinisial A (15) di Sunter, Jakarta Utara. “Ini perbuatan bejat, yang bersangkutan sudah kita tetapkan sebagai tersangka,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya, Senin (5/10/2020).

Yusri menjelaskan kasus penculikan dan kekerasan seksual terhadap ini terungkap dari laporan polisi ke Polda Metro Jaya pada tanggal 24 September 2020. Pelapor adalah keluarga korban yang dalam laporannya menjelaskan bahwa A hilang sejak 8 September 2020.

“Korban ini hilang sejak 8 September (2020), baru dilaporkan pada 24 September 2020, pelapornya adalah RK keluarga dari korban yang melapor ke Polda Metro Jaya,” tambahnya.

Atas laporan tersebut Polda Metro Jaya kemudian menggelar penyelidikan di lokasi terakhir korban terlihat yang di sektar Danau Sunter. Tim kemudian memeriksa sejumlah saksi dan CCTV di sekitar lokasi biasanya anak ini berada.

17. Anggota Kepolisian menembak kaki PBA (39), tersangka penculikan dan kekerasan seksual terhadap anak berkebutuhan khusus karena melawan dan berusaha melarikan diri saat dilakukan penangkapan.

“Saat dilakukan penangkapan, tersangka melawan dan mencoba melarikan diri. Tim akhirnya melakukan tindakan tegas dan terukur kepada yang bersangkutan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya, Senin (5/10/2020).

Yusri menjelaskan PBA kini harus berurusan dengan aparat penegak hukum lantaran menculik dan melakukan kekerasan seksual terhadap seorang anak berkebutuhan khusus yang berinisial A (15).

Polisi menangkap PBA di kamar indekosnya di daerah Jombang, Jawa Timur. Dalam penangkapan itu pihak Kepolisian juga berhasil mengamankan A.

Petugas kemudian membawa korban dan tersangka kembali ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan serta visum terhadap korban. Saat diperiksa, tersangka PBA mengakui telah menyetubuhi dan membawa kabur korban.

18. Polda Metro Jaya telah menyiapkan tim khusus untuk memberikan pendampingan dan pemulihan trauma (trauma healing) terhadap A (15), anak berkebutuhan khusus yang menjadi korban penculikan dan kekerasan seksual oleh PBA (39). Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan tim penyidik Kepolisian berkoordinasi dengan tim psikolog untuk menjaga agar korban bisa segera pulih dari trauma yang dialaminya.

“Melakukan pendekatan-pendekatan trauma healing terhadap anak sebagai korban dengan mengecek secara psikologis dengan tim psikolog yang ada di RS Polri Kramat Jati dan pendampingan-pendampingan yang ada,” kata Calvijn di Mako Polda Metro Jaya, Senin.

Calvijn mengatakan fokus tim penyidik saat ini adalah menjaga kondisi fisik dan psikis korban dengan bantuan oleh tim psikolog Kepolisian. “Yang paling pokok dalam kasus ini adalah yang dilakukan penyidik terkait dengan kondisi anak sebagai korban,” kata Calvijn.

19. Petugas kepolisian mengamankan seseorang berinisial KW, pengguna media sosial tiktok. KW diamankan polisi karena membuat konten yang menyinggung agama Islam. Dia memasang lagu seolah-olah masjid tersebut yang sedang memutar lagu musisi barat.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, kejadian tersebut terjadi di Jalan Pajagalan, tepatnya di depan Masjid Aliyah Persis 1-2, Bandung. “Kami telah mengamankan seorang berinisial KW, yang mana telah melakukan perbuatan yaitu dengan cara merekam dirinya di depan masjid, seolah di masjid itu ada suaranya di-dubbing dengan suara lain. Jadi kesannya menimbulkan bahwa masjid itu sedang ada ramai-ramai ada suara lain atau suara musik lagu,” ujarnya di Polrestabes Bandung, Senin (5/10/2020). Kini, KW harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. KW terancam hukuman 6 tahun penjara.

20. Media sosial dibuat geger dengan unggahan pemilik akun TikTok @kenwilboy. Pasalnya, dalam unggahannya, pemilik akun tersebut menyebarkan berita palsu terkait adanya sebuah masjid yang memutarkan lagu khas TikTok dengan kencang. Tak lama setelah video tersebut, ia lantas ditangkap kepolisian hingga mengklarifikasi unggahannya.

Dalam unggahannya, akun @kenwilboy menjelaskan bahwa saat itu ia sedang jalan-jalan di sekitar Jalan Pajagalan Kecamatan Astana Anyar Bandung. Ia lantas menunjuk ke arah masjid Pesantren Persis dan menarasikan bahwa masjid itu sedang memutar lagu TikTok.

Akun tersebut, dalam sosial media, diduga dimiliki oleh Kenneth William Saputra dengan pengikut di instagram mencapai ratusan ribu orang. Melalui akun Instagram, akun resmi @brigadepersis.id membagikan sejumlah foto sosok Kenneth William Saputra yang telah diamankan.

Ia mengaku menyesal dan meminta maaf pada seluruh masyarakat. “Saya meminta maaf yang seolah masjid memplay lagu DJ, padahal sebenarnya tidak, itu hanyalah editan, saya minta maaf,” ungkapnya.

21. Polisi mengamankan seorang pemuda berinisial KW, pengguna media sosial TikTok. KW ditangkap karena membuat konten yang menyingung salah satu organisasi masyarakat Islam. Kejadian itu bermula di Jalan Pajagalan, Kota Bandung, Jawa Barat, tepatnya di depan Masjid Aliyah.

KW lalu membuat konten TikTok di depan masjid lalu mengedit seolah-olah masjid itu mengeluarkan suara musik. Dia lalu berkomentar yang dinilai berbau sara dan menimbulkan kegaduhan di media sosial. Dalam penyidikan KW mengaku membuat konten itu demi menambah pengikut di akun TikToknya.

Dengan bertambahnya jumlah followers atau pengikut, dia mengaku mendapatkan keuntungan. Unggahannya memicu kemarahan warga karena menilai konten tersebut merupakan berita bohong. Pemilik akun @kenwilboy sudah meminta maaf atas konten videonya. Dia dijerat Undang-undang ITE dengan ancaman 6 tahun penjara.

22.Petugas kepolisian Polrestabes Bandung mengamankan seseorang berinisial KW, pengguna media sosial tiktok, setelah membuat konten video di depan Masjid Pesantren Persis 1-2 Pajagalan, Kota Bandung. Pada video buatannya, KW memasukkan lagu diskotik dengan latar belakang masjid tersebut, Minggu (4/10/2020).

“Saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada umat Islam dan kepada Persis. Lalu kepada semua orang yang tersinggung oleh konten saya tersebut di tiktok kemarin. Saya berjanji saya tidak akan mengulanginya lagi. Saya cuman khilaf, iseng, maaf,” ujarnya di Polrestabes Bandung, Senin (5/10/2020).

Menurut pengakuan pelaku, perbuatannya hanya sebatas keperluan konten agar menambah followers akun tiktoknya. “Enggak, enggak ada yang nyuruh, hanya iseng. Padahal saya tuh tidak punya mimpi seperti ini. Saya paham banget saya bersalah dan menyinggung banyak orang. Padahal tuh saya punya mimpi dari dulu, saya pengen suatu saat bisa terkenal, tapi bukan dengan cara yang seperti ini, tapi dengan yang mengharumkan bangsa,” kata KW.

KW mengatakan, dia menyesal dan mengecewakan kedua orang tuanya. “Khilaf pak, maaf. Saya juga telah mengecewakan kedua orang tua saya. Tadi pagi saya ditelepon, saya gak bilang apa-apa hanya bilang minta maaf ke kedua orang tua saya. Saya meminta maaf juga kepada semua orang yang sudah tersinggung,” tuturnya.

23. Mulyono, salah seorang pelaku usaha jamu tradisional mengaku sudah bertahun-tahun diperas oleh seorang oknum polisi berpangkat AKBP. Mulyono mengatakan, para perajin jamu yang pernah ditangkap oleh oknum polisi selama ini tidak pernah diproses di pengadilan. “Ditahan di Bareskrim, belum ada (yang diproses di pengadilan). Kita dilepas, disuruh cari uang,” ungkap Mulyono seusai demonstrasi di lapangan Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (5/10/2020).

Mulyono yang memiliki usaha jasa pembungkusan jamu ini menjelaskan, para perajin jamu yang ditahan akan dibebaskan dan diberi tenggat waktu untuk menyerahkan sejumlah uang sesuai dengan nominal yang ditentukan.

“Ada juru tagihnya, lewat telepon, (penyerahan uangnya) lewat transfer. Dikasih waktu sekian hari, nominalnya (yang menentukan) dari sana,” ujar Mulyono.

Mulyono sendiri mengaku menjadi salah satu korban pemerasan. “Saya sebagai korban juga. Saya baru setor Rp 100 juta, saya dimintai Rp 1,2 miliar. Dimintai Juni,” kata Mulyono. Untuk itu, Mulyono meminta agar dugaan pemerasan oleh oknum tersebut segera diusut. Pasalnya merugikan warga di desa yang dikenal sebagai sentra jamu tradisional ini.

24. Langit sempat menghitam di tengah pergerakan ratusan massa yang berjalan memadati area Lapangan Desa Gentasari Kecamatan Kroya untuk melakukan demo, Senin (5/10/2020). Satu persatu spanduk dibentangkan membentuk formasi berjajar. Ada sekitar 20 spanduk. Ragam tulisan berisikan protes dan keluhan atas kekecewaan atas kinerja kepolisian. Mereka merupakan warga yang terampas pekerjaannya, serta puluhan pengrajin jamu tradisional yang mengaku diperas oleh oknum polisi.

Salah satu spanduk bertuliskan ‘Pak Jokowi Pecat AKBP Agus Wardi Yang Memeras Hak Kami’. Kemudian mereka juga berteriak ‘Adili Agus Wardi’ secara bersama-sama. Di spanduk itu, ada sekitar 13 orang nama yang menjadi korban.

Mulyono, juru bicara aksi tersebut bercerita, aksi tersebut bermula ketika puluhan pengrajin jamu di Kecamatan Kroya diperas oleh oknum Mabes Polri, yakni AKBP Agus Wardi. Tak tanggung-tanggung jumlah yang diminta pun cukup fantastis, paling sedikit Rp 500 juta dan terbanyak Rp2,5 miliar.

“Kami didatangi oleh oknum Mabes Polri, kita dibawa ke sana, kemudian ditahan, satu dua hari dilepas kemudian dimintai sejumlah uang. Tuduhannya melakukan produksi jamu yang melanggar aturan undang-undang,” jelasnya.

Bahkan, kata dia pada periode Februari hingga Oktober ini, sudah banyak dari mereka yang diperas. Akibatnya produksi tutup dan ratusan pekerja yang merupakan warga Desa Gentasari menganggur.

Mulyono melanjutkan, AKBP Agus Wardi sudah sejak puluhan tahun melakukan aksi tersebut. Kadang-kadang ‘oknum’ tersebut menghilang kemudian datang kembali. Dalam melakukan aksi tersebut pun ia tidak sendiri, ada rekan yang membantu. “Modusnya ditangkap dulu, AKBP Agus Wardi memasang mata-mata, nanti kiranya sasaran empuk disampaikan ke dia, setelah siap langsung dieksekusi,” katanya.

25. Diduga diperas seorang oknum polisi berpangkat AKBP yang bertugas di Mabes Polri, ratusan orang yang terdiri dari perajin dan pekerja jamu tradisional di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menggelar demo di lapangan Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Senin (5/10/2020).

Dalam demonya, mereka menuntut oknum polisi itu untuk diadali dan dipecat. Mulyono, seorang pelaku usaha jamu tradisonal yang juga menjadi korban mengatakan, para pengusaha jamu itu dituduh melanggar aturan dalam memproduksi jamu tradisional. “Kami tiba-tiba didatangi oknum dari Mabes Polri, kemudian kita dibawa ke sana. Setelah di sana ditahan satu, dua atau enam hari kemudian dilepas dan dimintai uang,” kata Mulyono kepada wartawan seusai aksi di desa setempat, Senin.

Kapolres Cilacap AKBP Derry Agung Wijaya, ketika dikonfirmasi belum dapat memberikan keterangan terkait dugaan pemerasan tersebut. “Kita masih dalami dan pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan) kegiatan tersebut,” tulis Derry melalui pesan singkat.

TERIMA KASIH

Tentang Penulis: hps

Gambar Gravatar
Wartawan senior tinggal di Jakarta. hps@reporter.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.