HOT ISU PAGI INI, TEMUI PUTIN DAN ZELENSKY, JOKOWI MINTA KEDUANYA HENTIKAN PERANG

oleh

Presiden Jokowi sesaat sebelum berkunjung ke Eropa (net)

 

Isu menarik pagi ini adalah soal lawatan Presiden Jokowi ke Eropa. Presiden Jokowi membawa misi suci untuk menghentikan perang Rusia-Ukraina dalam pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi akan menemui keduanya pada waktu dan tempat yang berbeda. Pertemuan penting itu akan dia lakukan usai  dirinya menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman pada 27-28 Juni 2022.

Isu kedua, cendekiawan muslim Azyumardi Azra menganggap presiden lama bakal seperti bebek lumpuh jika KPU sudah menetapkan pemenang Pilpres 2024 mendatang. Pasalnya, presiden lama tidak bisa lagi mengeluarkan kebijakan strategis ketika KPU telah mengumumkan pemenang Pilpres 2024. “Yang dimaksud di sini sebagai ‘bebek lumpuh’, adalah presiden yang sedang menjabat tak bisa lagi mengeluarkan kebijakan yang efektif dan strategis, karena sudah ada presiden dan wakil presiden baru, meskipun belum dilantik,” kata Azyumardi, Sabtu (25/6).

Isu ketiga, Ketua DPP PDI-P Puan Maharani mengaku, belum ada tanda-tanda dirinya akan ditunjuk sebagai Capres dari PDIP oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Statemen itu  disampaikan Puan saat ditanya apakah dirinya siap maju sebagai calon presiden PDIP? “Belum ditunjuk, belum ada tanda-tanda juga,” kata Puan berterus terang saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6). Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi wacana dirinya diduetkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Isu keempat, Menpan RB Tjahjo Kumolo mengalami infeksi yang telah menyebar hingga ke paru-paru. Putri Tjahjo, Rahajeng Widyaswari menuturkan, kondisi kesehatan ayahnya sudah membaik dan cenderung stabil saat ini. Rahajeng memohon doa agar ayahnya segera pulih dan bisa beraktivitas kembali. Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri terus memantau kondisi kesehatan Menpan-RB Tjahjo Kumolo yang sedang sakit. Seperti diketahui, Tjaho merupakan orang dekat Megawati yang pernah menjabat Sekjen PDIP.

Isu kelima, vonis bebas terhadap Ambika MA Shan, majikan sekaligus penyiksa Adelina Lisao hingga tewas sangat mengecewakan dan melukasi rasa keadilan masyarakat Indonesia. Seperti diketahui, Adelina merupakan pekerja migran Indonesia yang meninggal akibat penyiksaan yang dilakukan oleh Ambika pada 11 Februari 2018 silam. Kemlu RI menilai, jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan kasus Adelina Lisao, seorang tenaga kerja asal Indonesia yang meninggal akibat disiksa majikannya, Ambika, tidak cermat dan tidak serius. Berikut isu selengkapnya.

 

1. Presiden Jokowi membawa misi menghentikan peperangan dalam rencana pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi akan menemui keduanya pada waktu dan tempat yang berbeda. Pertemuan akan diadakan setelah dirinya menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman pada 27-28 Juni 2022.

“Saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky. Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky untuk membuka peluang dialog dalam rangka perdamaian,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/6).

Menurut Jokowi, sudah semestinya peperangan dihentikan. Jokowi mengatakan, upaya menghentikan perang juga untuk membuka kembali rantai pasok pangan yang sempat terhambat akibat peperangan tersebut. Jokowi akan menemui Putin di Rusia setelah dirinya berdialog dengan Zelensky. Saat bertemu Putin, Jokowi akan mengajak untuk membuka peluang dialog dalam upaya menghentikan perang.

“Dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” terang Jokowi seraya menambahkan, kunjungannya ke Ukraina dan Rusia bukan semata-mata penting bagi Indonesia saja, tapi juga penting untuk negara-negara berkembang.

 

Presiden Jokowi dijadwalkan akan melawat ke Uni Emirat Arab (UEA) sepulang dari rangkaian kunjungan kerja di Eropa. Di UEA, Jokowi akan melakukan pertemuan untuk membahas kerja sama ekonomi dan investasi. “Saya akan berkunjung ke Uni Emirat Arab untuk melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi antara Indonesia dengan UEA,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/6).

Di Eropa, Jokowi akan mengunjungi tiga negara sekaligus, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia. Di Jerman, Jokowi menghadiri kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman pada 27-28 Juni 2022. Setelah dari Jerman, Jokowi akan terbang ke Ukraina untuk menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

 

2. Cendekiawan muslim Azyumardi Azra menganggap presiden lama bakal seperti bebek lumpuh jika KPU sudah menetapkan pemenang Pilpres 2024 mendatang. Pasalnya, presiden lama tidak bisa lagi mengeluarkan kebijakan strategis ketika KPU telah mengumumkan pemenang Pilpres 2024. “Yang dimaksud di sini sebagai ‘bebek lumpuh’, adalah presiden yang sedang menjabat tak bisa lagi mengeluarkan kebijakan yang efektif dan strategis, karena sudah ada presiden dan wakil presiden baru, meskipun belum dilantik,” kata Azyumardi, Sabtu (25/6).

Azyumardi berkaca pada tahapan Pilpres 2024 yang telah dibuat KPU. Berdasarkan jadwal, hasil real count akan selesai pada 20 Maret 2024 sementara pelantikan baru dilakukan pada 20 Oktober. Akan ada jeda waktu 7 bulan dari mulai adanya presiden terpilih (meski belum dilantik) dengan presiden lama yang masih menjabat.

Menurut Azyumardi, rentang waktu dari pengumuman pemenang pilpres hingga pelantikan presiden baru cenderung lama. Saat itu, kata Azyumardi, Indonesia seolah memiliki dua Presiden, yakni presiden yang masih menjabat dan presiden terpilih hasil pemilu.

 

3. Ketua DPP PDI-P Puan Maharani mengaku, belum ada tanda-tanda dirinya akan ditunjuk sebagai Capres dari PDIP oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Statemen itu disampaikan Puan saat ditanya apakah dirinya siap maju sebagai calon presiden PDIP? “Belum ditunjuk, belum ada tanda-tanda juga,” kata Puan berterus terang saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6).

Puan juga irit bicara saat ditanya soal kabar yang menyebutkan dirinya akan “dikawinkan” dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dan wakil presiden. Ketua DPR itu menegaskan, penentuan nama calon presidan dan wakil presiden yang diusung PDI-P merupakan hak prerogatif Megawati. “Kita tunggu saja bagaimana nanti perhitungan dan kemudian apa yang Ibu Mega nanti putuskan,” ujar Puan.

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi wacana dirinya diduetkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Anies mengaku saat ini masih fokus memimpin Jakarta. “Saya ngurusin Jakarta dulu pokoknya. Fokusnya di situ,” ujar Anies di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu malam (25/6).

Anies sempat ditanyakan kembali perihal itu. Namun, pada pertanyaan kedua ini ia menolak menjawab. Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh nengusulkan skema duet calon presiden-calon wakil presiden kepada Presiden Jokowi. Surya ingin pemimpin bangsa ke depan bisa menghilangkan polarisasi.

 

4. Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan ada penambahan 1.726 kasus konfirmasi positif Covid-19 pada Minggu (26/6). Hingga Minggu ini, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yaitu 6.080.451, terhitung sejak pertama kali diumumkan pada 2 Maret 2020.
Berdasarkan data yang sama, ada penambahan 1.175 kasus sembuh Covid-19, sehingga total kasus sembuh kini 5.909.218. Sementara itu, kasus kematian akibat Covid-19 bertambah 3. Dengan demikian, total orang meninggal dunia menjadi 156.717 jiwa. Kemudian, kasus aktif Covid-19 di Indonesia pada Minggu ini tercatat ada sebanyak 14.516 kasus. Jumlah ini bertambah 548 kasus dari hari sebelumnya.

 

5. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan ada ancaman pangan yang lebih buruk dari kenaikan harga cabai. Menurutnya, ancaman terbesar di depan mata, berkaitan dengan ketersediaan pangan. Menurutnya, kenaikan harga cabai hingga di atas Rp100 ribu per kilogram (kg) yang saat ini terjadi harus menjadi peringatan bahwa kebijakan pangan Indonesia ke depan tak bisa lagi menggunakan pendekatan ‘petugas pemadam kebakaran’.

Anggota Komisi I DPR ini berpendapat pemerintah tidak bisa mengeluarkan kebijakan ketika sudah terjadi krisis harga, baik jatuh maupun melonjak. “Cara seperti itu tak boleh lagi dipertahankan,” kata Fadli lewat akun Twitter miliknya, @fadlizon, Minggu (26/6).

 

6. Menpan RB Tjahjo Kumolo mengalami infeksi yang telah menyebar hingga ke paru-paru. Putri Tjahjo, Rahajeng Widyaswari menuturkan, kondisi kesehatan ayahnya sudah membaik dan cenderung stabil saat ini. Rahajeng memohon doa agar ayahnya segera pulih dan bisa beraktivitas kembali. “Sekarang kondisi bapak sudah membaik dan cenderung stabil. Mohon doanya agar Bapak segera pulih dan dapat beraktivitas kembali. Terima kasih,” tutur Rahajeng melalui aplikasi pesan singkat, Minggu (26/6).

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri terus memantau kondisi kesehatan Menpan-RB Tjahjo Kumolo yang sedang sakit. Tjaho merupakan orang dekat Megawati yang pernah menjabat Sekjen PDIP. “Memang sekarang beliau dirawat di rumah sakit dan kami memantau dengan Ibu Ketua Umum setiap hari bagaimana perkembangan kondisinya,” kata Puan Maharani di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6). Puan mendoakan agar Tjahjo kembali sehat dan dapat kembali menjalankan tugasnya.

 

7. Vonis bebas terhadap Ambika MA Shan, majikan sekaligus penyiksa Adelina Lisao hingga tewas sangat mengecewakan dan melukasi rasa keadilan masyarakat Indonesia. Adelina merupakan pekerja migran Indonesia yang meninggal akibat penyiksaan yang dilakukan oleh Ambika pada 11 Februari 2018 silam. Sehari kemudian, polisi menangkap Ambika. Namun, dalam perjalanan kasus tersebut, Mahkamah Persekutuan Malaysia menguatkan putusan pengadilan banding untuk membebaskan Ambika.

“Putusan ini tentu sangat mengecewakan dan melukai rasa keadilan masyarakat Indonesia,” tegas Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha Judha Nugraha, Sabtu (25/6). Kemlu RI menilai, jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan kasus Adelina Lisao, seorang tenaga kerja asal Indonesia yang meninggal akibat disiksa majikannya, Ambika, tidak cermat dan tidak serius. “Dalam konteks tersebut, kita melihat bahwa jaksa tidak cermat dan juga tidak serius,” kata Judha.

 

Direktur Perlindungan WNI (PWNI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha menyampaikan, pemerintah RI akan mendorong diajukannya gugatan perdata setelah Mahkamah Persekutuan Malaysia menguatkan putusan pengadilan banding untuk membebaskan Ambika, majikan Adelina Lisao, seorang tenaga kerja asal Indonesia yang meninggal dunia akibat disiksa.

Dikatakan, tuntutan perdata akan diajukan oleh ahli waris Adelina dan pemerintah akan mengawal prosesnya jika tuntutan diajukan melalui KBRI Kuala Lumpur dan KJRI Penang, termasuk menyediakan jasa pengacara. “Putusan ini tentu sangat mengecewakan dan melukai rasa keadilan masyarakat Indonesia,” kata Judha melalui pesan singkat, Sabtu (25/6).

8. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau masyarakat tak memaksakan diri untuk berkurban di tengah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Imbauan itu disampaikan dalam edaran Kementerian Agama mengenai panduan penyelenggaraan salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi. Imbauan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE 10 Tahun 2022.

“Bagi umat Islam, menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha hukumnya sunnah muakkadah. Namun demikian, umat Islam diimbau untuk tidak memaksakan diri berkurban pada masa wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),” kata Yaqut dalam keterangan resmi, Minggu (26/6).

 

9. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyindir sosok pemimpin yang lupa terhadap orang yang membesarkan. Sindiran itu dilemparkan Muzani saat menyoroti soal kondisi politik di Indonesia. Dia berkata, para pemimpin di Indonesia jarang menyampaikan terima kasih kepada orang-orang yang telah membesarkannya, apalagi terhadap partai politik (parpol) yang telah mengangkat namanya menjadi harum.

Muzanitak menyebut secara jelas sosok pemimpin yang menurutnya lupa terhadap orang atau partai yang membesarkannya tersebut.Justru yang terjadi, menurut Muzani, pemimpin tersebut kerap berseberangan dan bersaing dengan orang yang membesarkannya demi mendapatkan sebuah jabatan tertentu.

“Di Indonesia, jarang sekali politik kita yang menunjukkan berterima kasih terhadap orang yang telah membesarkannya. Dalam tradisi politik kita, terimakasih adalah suatu yang langka, jarang dijumpai sepertinya ini menjadi suatu hal yang mahal,” kata Muzani dalam keterangannya, Minggu (26/3). “Orang yang dibesarkan partai, justru bersaing dengan partai yang membesarkannya, bersaing demi jabatan-jabatan. Adab politik kita telah dijauhi oleh pelaku politik kita,” sambungnya.

 

10. Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto menyinggung pemerintahan mantan Presiden SBY saat menjelaskan alasan partainya sulit berkomunikasi dengan Partai Demokrat. Hasto mempertanyakan apakah kerja pemerintahan SBY selama dua periode sudah sesuai dengan yang dijanjikan kepada rakyat. “Kalau dengan Demokrat, ini kan juga bukan hanya berkaitan dengan aspek-aspek historis, itu kita bisa lakukan suatu proses rasionalisasi atas masa lalu dengan melihat kepentingan masa depan,” kata Hasto di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6). “Tetapi ketika apa yang dilakukan pemerintahan Bapak Presiden SBY selama 2 periode, apakah itu juga sesuai dengan yang dijanjikan kepada rakyat?” tegas Hasto lagi.

 

Hasto Kristiyanto lantas mengungkapkan alasan PDI-P sulit berkoalisi dengan PKS pafa Pilpres 2024. Menurut Hasto, sulit bagi PDI-P untuk bekerja sama dengan partai yang sering menyerang pemerintahan Presiden Jokowi, presiden yang diusung oleh PDI-P. “Saat ini posisi PDI Perjuangan mendukung Pak Jokowi sehingga tidak mungkin juga kita bekerja sama dengan PKS yang  menyerang pemerintahan Pak Jokowi,” kata Hasto di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6). Kendati demikian, Hasto menegaskan, PDI-P tetap menghormati posisi PKS maupun Partai Demokrat yang berada di luar pemerintahan.

 

Ketua DPP PDI-P Puan Maharani menyatakan, partainya akan menjajaki kerja sama dengan partai politik lain, meski hingga kini belum melakukan pertemuan dengan pimpinan parpol lain. “Kerja sama dengan semua partai kita akan jajaki. Jadi jangan kemudian karena PDI Perjuangan belum ketemu sama ketua umum yang lain, kemudian dianggap enggak mau kerja sama,” kata Puan di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6).

 

Partai Demokrat menyentil partai politik (parpol) yang menjual slogan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika tapi bertingkah mengekalkan polarisasi serta politik identitas di tengah masyarakat.
Pernyataan itu disampaikan Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra saat berbicara tentang koalisi parpol menuju Pilpres 2024.

Dia menegaskan Demokrat adalah parpol yang menghormati perbedaan dan mengedepankan toleransi. “[Demokrat] bukan sekedar jualan slogan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, tapi malah mengekalkan polarisasi dan politik identitas demi efek elektoral semata, ataupun menakuti-nakuti kelompok tertentu agar mau mendukung pihaknya di pemilu, misalnya,” ucap Herzaky dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/6).

 

11. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membanggakan Jakarta International Stadium (JIS) di malam puncak Jakarta Hajatan ke-495. Malam puncak perayaan HUT Jakarta untuk pertama kalinya digelar di JIS yang dipadati 70 ribu warga. “Alhamdulillah, kita semua bisa hadir di sini dalam puncak Jakarta Hajatan. Ini adalah kali pertama peringatan ulang tahun Jakarta diselenggarakan secara massal di Jakarta International Stadium,” kata Anies saat memberi sambutan di JIS Sabtu malam (25/6).

Anies lantas menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga yang datang langsung ke JIS untuk menyemarakkan malam puncak Jakarta Hajatan. Ia mengklaim malam ini ada sekitar 70 ribu pengunjung yang hadir di JIS.”Anda semua yang hadir bersama di sini adalah orang pertama yang merasakan stadion ini diisi hampir penuh. Belum pernah sebelumnya kita mengadakan event dengan jumlah pengunjung sebanyak ini. Biasanya paling 5 ribu, 10 ribu. Kali ini yang hadir 70 ribu warga Jakarta di sini,” ungkapnya.

Anies yang kini dielus-elus Partai Nasdem sebagai Capres 2024 itu mengatakan, masyarakat Betawi banyak berjasa bagi Indonesia dan menyebutnya telah menjadi simpul persatuan. Menurut dia masyarakat Betawi sedari dulu telah menerima kehadiran masyarakat dari seluruh penjuru Indonesia di Jakarta.

“Masyarakat Betawi di Jakarta telah berjasa, mereka telah menjadi simpul persatuan Indonesia. Mereka menyambut siapa saja, datang dari penjuru Indonesia ke kota kita, disambut dengan kehangatan dan terasalah inilah Indonesia, inilah Jakarta. Semua terwakili di kota ini,” ucap Anies saat memberi sambutan di puncak Jakarta Hajatan memperingati HUT DKI ke-495 di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu malam (25/6).

12. Sebanyak 21 partai politik sudah mendaftar ke KPU melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Minggu (26/6). “Kami menyampaikan informasi daftar parpol yang sudah diterima permohonan pembukaan akses Sipol per tanggal 26 Juni 2022 pukul 15.00 WIB,” kata Anggota KPU Idham Holik dalam keterangan tertulis. Dari 21 parpol yang sudah mendaftar tersebut antara lain Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Bhinneka Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Bulan Bintang, Partai Swara Rakyat Indonesia, dan Partai Rakyat Adil Makmur.

 

13. Lembaga Survei Laboratorium Suara Indonesia (LSI) menyatakan elektabilitas Menteri Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto paling tinggi di antara tokoh nasional lainnya. Menurut survei, elektabilitas Airlangga yaitu 28,2 persen. “Responden diberikan pertanyaan ‘jika hari ini digelar pemilihan presiden tokoh mana yang akan anda pilih sebagai Presiden RI? Hasil survei menunjukkan nama Airlangga paling banyak dipilih oleh responden dengan tingkat keterpilihan sebanyak 28,2 persen,” kata Direktur Eksekutif LSI Albertus Dino, Minggu (26/6). Nama Airlangga kemudian disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (10,8 persen), Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (9,2 persen), Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (7,2 persen), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (5,2 persen).

 

14. Anggota Fraksi PDI-P DPR Masinton Pasaribu mendapatkan teguran dari partai. Masinton ditegur karena menyebut pernyataan Hasto yang bilang PDI-P sulit berkoalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan pendapat pribadi Hasto. “Saya sudah koordinasi dengan Badan Kehormatan dan sebelumnya Pak Masinton sudah mendapat teguran lisan dan sekarang akan diberikan teguran lagi sesuai dengan AD/ARTA partai,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (25/6).

Hasto mengingatkan bahwa pernyataan yang dikeluarkan Masinton itu berada di luar ruang lingkup Masinton sebagai anggota DPR. “Anggota partai harus berbicara sesuai dengan ruang lingkupnya,” ujar Hasto. Ia kembali menegaskan, pernyataannya yang menyebut PDI-P sulit berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS didasari oleh perbedaan ideologi, platform, serta latar belakang sejarah. Ia menyatakan, persatuan di antara partai politik memang penting dikedepankan untuk membela bangsa dan bangsa.

 

15. Pakar hukum pidana dari Universitas Al Azhar Indonesia, Suparji Ahmad mengatakan, Rancangan Undang-undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP atau RKUHP) masih bernuansa kolonial. Menurutnya, nuansa itu masih terlihat dari ketentuan terkait 14 isu krusial dalam RKUHP, terutama pada pasal yang mengatur tentang penyerangan harkat dan martabat presiden dan wakil presiden.

“Pada aspek susbstansi ada satu pandangan bahwa ini masih bernuansa kolonial,” kata Suparji di acara Polemik Trijaya bertajuk “Quo Vadis RKUHP” secara virtual, Sabtu (25/6). ‘’Ketentuan-ketentuan dalam konteks pembaharuan belum sepenuhnya itu dilakukan, misalnya soal penghinaan (presiden), kemudian misalnya tentang binatang yang lari ke kampung pekarangan orang lain,” tegas Suparji. (HPS)

Tentang Penulis: hps

Gambar Gravatar
Wartawan senior tinggal di Jakarta. hps@reporter.id