HOT ISU PAG INI, KANTOR NASDEM ACEH DILEMPARI TELUR DAN KAOS KAKI BUSUK

oleh

Anies Baswedan saat safari politik di Aceh (net)

Isu menarik pagi ini, kantor DPW Partai Nasdem Aceh yang berada di kawasan Desa Pango, Kota Banda Aceh, Sabtu (3/12) dilempari telur dan kaos kaki busuk menjelang acara jalan sehat bakal Capres Nasdem, Anies Baswedan dengan masyarakat Aceh di Lapangan Pango, Banda Aceh. Isu lain yang menonjol antara lain sejumlah masyarakat yang menamakan diri Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (AMAN) mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai Capres 2024, mereka menyebut, Anies pilihan tepat untuk memimpin  Indonesia. Yang seru, pasca statemen pemimpin berambut putih, Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo makin lengket saja. Keduanya terlihat pergi satu mobil usai menghadiri acara HUT PGRI ke-77 di Semarang pada Sabtu (3/12). Momen kebersamaan Jokowi-Ganjar tak berhenti sampai di situ, keduanya kedapatan satu pesawat saat menuju Solo. Ketua Relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer alias Noel menyebut relawan Presiden Jokowi terbelah ke dalam beberapa kelompok. Dia menyebut sedikitnya ada tiga kelompok. Salah satu kelompok adalah orang orang yang hanya mencari uang lewat berbagai event. Mereka juga mendukung wacana masa jabatan presiden tiga periode. Berikut isu selengkapnya.

 

1.Terjadi insiden pelemparan telur dan kaus kaki busuk di kantor DPW Partai Nasdem Aceh yang berada di kawasan Desa Pango, Kota Banda Aceh, Sabtu (3/12).  Insiden itu terjadi menjelang acara jalan sehat bakal Capres Nasdem, Anies Baswedan dengan masyarakat Aceh di Lapangan Pango, Banda Aceh. ‘’Tadi subuh ada kejadian yang tidak mengenakkan. Kantor Nasdem mendapat teror pelemparan telur dan kaus kaki busuk oleh orang tak bertanggung jawab. Namun safari politik Anies tetap meriah, dukungan terhadap Anies dan Partai Nasdem makin besar,” kata Ketua DPW Partai Nasdem Aceh, Teuku Taufiqulhadi kepada wartawan, Sabtu (3/12). Dia mengaku tidak mengetahui pelaku teror pelemparan telur dan kaus kaki busuk itu. Namun menurutnya tindakan itu sangat tidak terpuji dan diluar batas kewajaran. “Saya sangat menyesalkan tindakan di luar batas kewajaran itu, dalam berpolitik tidak boleh dengan cara yang busuk seperti itu. Ini menurut saya pelakunya bukan orang Aceh,” sebutnya. Walau ada insiden tersebut, acara Anies Baswedan tetap berjalan lancar dan meriah. Anies tetap tabah menhgadapi ujian ini. “Penjegalan dan teror yang  dilakukan oleh pembenci Anies dan Nasdem tidak berhasil. Malah justru dengan demikian dukungan masyarakat Aceh kepada Anies makin besar dan juga kepada Nasdem juga bertambah besar, “ujarnya.

 

Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali menanggapi santai insiden pelemparan telur busuk di kantor DPW Nasdem Aceh. “Memang kemudian kalau itu diterjemahkan sebagai suatu teror masyarakat juga tidak berpengaruh apa-apa kan,” sebut Ali, Sabtu (3/11) malam. Ali tak mau berpikir bahwa pelemparan telur busuk ada hubungannya dengan pencabutan izin Taman Ratu (Sultanah) Safiatuddin yang akan dipakai menjadi tempat kegiatan safari Anies. Menurutnya, Nasdem tak mau berasumsi negatif pada pihak tertentu. “Kegiatannya lancar, Anies disambut dengan baik, penuh suka ria, jadi kenapa kita harus terjebak dengan persoalan-persoalan seperti itu,” ungkapnya. Terakhir, Ali meminta semua pihak untuk menjaga keamanan jelang tahun politik. Ia tak menampik atmosfer politik bakal meningkat dan mesti kesadaran semua pihak untuk menjaganya agar tak terjadi perpecahan di masyarakat. “Tapi sekali lagi peristiwa di Aceh, itu peristiwa yang biasa saja bagi Nasdem, kita anggap itu pekerjaan orang yang tidak waras,” pungkasnya.

 

2. Sejumlah masyarakat yang menamakan diri Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (AMAN) mendeklarasikan dukungannya terhadap Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Dalam poin-poin deklarasinya, Laskar AMAN menyebut Anies Baswedan pilihan tepat untuk memimpin bangsa Indonesia. “Laskar AMAN yang terdiri dari lintas generasi, lintas agama, suku dan budaya menilai track record dan prestasi Anies Baswedan sangat layak dan tepat memimpin bangsa Indonesia,” kata Ketua Laskar AMAN Ervanus Tou saat membacakan deklarasi, di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (4/12). Ervanus mengungkapkan, relawan ini dengan kesadaran dan penuh tanggung jawab mendukung dan memilih Anies sebagai capres 2024. Ia kemudian membacakan lima poin deklarasi Laskar AMAN yang turut diikuti oleh seluruh anggota relawan. Di antaranya, Laskar AMAN mendukung secara penuh dan siap memenangkan Anies Baswedan sebagai Presiden Republik Indonesia 2024. Laskar AMAN mengawasi dan menolak berbagai macam praktik black campaign guna menghindari konflik dan polarisasi masyarakat.

Jubir Laskar AMAN Indra Charismiadji mengungkapkan, Anies tak ingin para relawan membuat kegaduhan. “Jadi, beliau (Anies) mewanti-wanti kami para relawan, jangan membuat permusuhan, tetap seperti beliau, (meski) dihujat, dihina seperti apa, tetap satu,” ungkap Indra saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (4/12). Indra mengatakan, pihaknya melihat Anies sebagai sosok yang tepat memimpin bangsa Indonesia. Relawan AMAN menilai Anies memiliki pendekatan yang merangkul masyarakat. “Kami melihat beliau punya misi untuk merangkul, bukan memukul,” kata dia. Dengan adanya pesan dari Anies, Laskar AMAN menyatakan akan terus merangkul pihak-pihak yang memiliki pandangan politik berbeda. Lagi pula, Indra juga berpandangan bahwa semua pihak sudah lelah dengan adanya politik adu domba setiap menjelang Pemilu.

3. Pasca statemen pemimpin berambut putih, Presiden Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo makin lengket saja. Keduanya terlihat pergi satu mobil usai menghadiri acara HUT PGRI ke-77 di Semarang pada Sabtu (3/12). Momen kebersamaan Jokowi-Ganjar tak berhenti sampai di situ, keduanya kedapatan satu pesawat saat menuju Solo. Berdasarkan pantauan di lapangan, Ganjar dan Jokowi tampak turun dari mobil Mercedes-Benz warna hitam dengan pelat ‘Indonesia’ dan keduanya langsung memasuki area gedung di Marina Convention Center Semarang. Setelah acara selesai, Jokowi dan Ganjar kembali terlihat satu mobil pergi menuju bandara Ahmad Yani menuju Solo. Keduanya menumpang pesawat kepresidenan dari Lanumad Ahmad Yani Semarang.

Ganjar buka suara soal momennya bersama Jokowi selama berada di Semarang dan Solo. “Tidak ada yang istimewa yang khusus kecuali perayaan hari jadi PGRI dan hari guru. Itu yang utama,” kata Ganjar, Sabtu (3/12). Politisi berambut putih itu mengaku tidak tahu pasti jadwal Jokowi di Solo. Ia menduga itu terkait dengan acara tasyakuran pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. “Selebihnya sepertinya ada acara keluarga sepertinya persiapan pernikahan mas Kaesang,” kata Ganjar. Ganjar juga ‘memamerkan’ kekompakannya dengan Jokowi dengan mengunggah foto saat jalan berdua dengan seragam PGRI di akun Instagramnya @ganjar_pranowo yang dikutip, Sabtu (3/12). “Sugeng rawuh di Semarang Bapak Presiden. Pagi ini mendampingi beliau menghadiri acara Peringatan Hari Guru Nasional di Marina Convention Center Semarang,” kata Ganjar.

 

4. Ketum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki prospek untuk diusung menjadi capres tahun 2024 oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal ini diungkapkan Zulkifli Hasan ketika menemui pengacara kondang Hotman Paris Hutapea di kawasan Kepala Gading, Jakarta, Sabtu (3/12). “(Pengusungan Ganjar oleh KIB), prospek. Sangat prospek,” tambah Zulkifli Hasan sambil tertawa. Pria yang akrab disapa Zulhas ini mengungkapkan, nama Ganjar Pranowo sudah diputuskan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPW) PAN Jawa Tengah saat melangsungkan acara peluncuran bakal calon legislatif (Bacaleg) PAN se-Jawa Tengah di Kota Semarang. DPW PAN Jawa Tengah sepakat untuk merekomendasikan Ganjar sebagai capres. Rekomendasi tersebut telah disampaikan kepada DPP PAN. “PAN Jateng itu sudah memutuskan, putus satu calon yaitu Pak Ganjar capresnya. KIB, Belum (memutuskan). Sementara itu kader PAN Jateng kompak dukung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo maju menjadi calon presiden 2024. Ada beberapa alasan yang membuat kader PAN di Jateng kompak mendukung Ganjar menjadi calon presiden, salah satunya adalah komunikasi. Ketua DPD PAN Kota Semarang, Wahid mengatakan, selama ini komunikasi gubernur yang identik dengan rambut putihnya itu cukup baik dengan PAN Jateng.

 

5. Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer alias Noel menyebut relawan Presiden Jokowi terbelah ke dalam beberapa kelompok. Dia menyebut sedikitnya ada tiga kelompok. Salah satu kelompok adalah orang orang yang hanya mencari uang lewat berbagai event. Mereka juga mendukung wacana masa jabatan presiden tiga periode. “Saya di dalam sana. Jadi saya tahu perilakunya satu-satu. Kalau anda bilang ada dua faksi sih tidak, berfaksi-faksi. Ada kelompok yang tiga periode, ada kelompok nyari duit dengan nyari event, wah, macam-macam lah,” kata Noel dalam diskusi “Ngopi dari Seberang Istana” yang diselenggarakan Lembaga Survei KedaiKopi, Minggu (4/12). Noel menilai relawan yang mendukung tiga periode Jokowi menjadi tantangan untuk demokrasi di Indonesia. Sebab, mereka mendukung kekuasaan yang menyimpang.

Noel mempertanyakan konsistensi kelompok relawan Presiden Jokowi yang  mengaku tegak lurus arahan Jokowi, tetapi menyodorkan nama-nama capres 2024. Ia menganggap kelompok relawan Jokowi yang menyodorkan nama ini ibarat calo.  Menurut dia, kelompok-kelompok relawan Jokowi sudah terbelah dan tak lagi solid, masing-masing mempunyai kepentingannya sendiri. “Kita tahu tidak solid. Yang satu kelompok A bicara tegak lurus Presiden Jokowi. Yang satu bilang, kita sih tidak dukung Ganjar, tapi mulai menawarkan nama-nama capres,” ujar Noel. “Jadi ada yang tidak konsisten. ‘Kami tegak lurus presiden’ tetapi menawarkan nama. Saya enggak ngerti ini relawan atau calo, ya, karena sudah safari-safari,” ujar dia.

Noel menyinggung soal hajatan “Temu Relawan Nusantara Bersatu” yang turut menghadirkan Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, baru-baru ini. Noel menyebut acara itu sebagai “event Jokowi paling buruk”. Menurut dia, hal itu bukti bahwa soliditas relawan Jokowi sudah terbelah. Ia mengaku tersingkir dari arus utama karena menolak usulan Jokowi menjabat sebagai presiden tiga periode. “Kalau mau jujur, relawan Jokowi sudah tidak ada karena mereka sibuk soal cari uang buat event, yang satu cari lewat event dengan gerilya-gerilya politik. Yang satu sibuk juga menciptakan Jokowi jadi monster politik,” kata Noel.

 

6. Presiden Jokowi mengatakan ada negara maju yang tidak ingin negara-negara berkembang menjadi maju. Hal tersebut disampaikan Presiden dalam unggahan di akun Twitter resminya @jokowi pada Sabtu (3/12). Mula-mula, Jokowi menjelaskan soal sikap Indonesia yang menghentikan ekspor nikel. Menurut Kepala Negara, penghentian ekspor nikel dan bahan mentah lain bertujuan menggenjot hilirisasi industri. Akibat kebijakan tersebut, Indonesia digugat oleh Uni Eropa di organisasi perdagangan dunia (WTO) dan Indonesia kalah dalam gugatan tersebut. Meski demikian, Indonesia masih mengajukan upaya banding. Jokowi juga menegaskan bahwa hilirisasi bahan mentah masih jalan terus. Dia lantas menjelaskan soal sikap negara maju dan negara berkembang. “Semua negara ingin maju. Negara maju ingin mempertahankan negaranya tetap maju. Negara berkembang berusaha menjadi negara maju. Ada juga negara maju yang tidak ingin melihat negara berkembang jadi negara maju. Apa pun tantangannya, Indonesia tetap melangkah menjadi negara maju,” kata Jokowi.

 

7. Presiden Jokowi mengikuti rapat persiapan pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Minggu (4/12). Rapat dilaksanakan di Restoran Soga, Jalan Slamet Riyadi yang berjarak hanya beberapa ratus meter dari Loji Gandrung. Presiden Jokowi menyebut persiapan tasyakuran di Pura Mangkunegaran sudah hampir tuntas. “Persiapannya sudah 99 persen. Alhamdulillah sudah dipersiapkan dengan baik,” kata Jokowi usai rapat. Akad nikah keduanya bakal diselenggarakan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12). Presiden Jokowi membeberkan, awalnya keluarga berencana mengadakan ngunduh mantu dan resepsi pernikahan di Graha Saba Buana milik keluarga Presiden Jokowi. Menurut Jokowi, jadwal resepsi pernikahan Kaesang bertabrakan dengan pernikahan orang lain. Karena itu, keluarga terpaksa mencari tempat lain hingga akhirnya memutuskan untuk mengadakan tasyakuran di Pura Mangkunegaran. “Kita kan nggak bisa mentang-mentang gedungnya sendiri langsung disuruh pindah harinya atau disuruh pindah gedung. Kan nggak bisa. Alasannya sebenarnya hanya itu,” katanya.

 

8. Menko Polhukam Mahfud Md mengungkapkan track record Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa, Laksamana Yudo Margono tidak perlu diragukan. Dia menyebut Yudo mampu melanjutkan apa yang pernah dilakukan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. “Mendahului pelantikannya, saya mengucapkan selamat mengemban tugas kepada Jendral Yudo Margono sebagai Panglima TNI baru. Track record dan karier Pak Yudo tidak meragukan untuk mampu melanjutkan tugas Pak Andika Perkasa. Menurut saya semua yang bisa menjadi Kepala Staf Angkatan sudah qualified untuk menjadi Panglima. Semua punya kelebihannya masing-masing tetapi sama-sama qualified,” kata Mahfud, Minggu (4/12). Mahfud menilai Yudo merupakan sosok pemimpin yang tegas menjaga kedaulatan laut RI. Dia lantas memberi testimoni saat meninjau Laut Natuna bersama pada awal 2020. Mahfud mengatakan Yudo fasih dalam menangani keamanan laut. Di sisi lain, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut semua kepala staf angkatan TNI AD disiapkan untuk menjadi panglima TNI. Termasuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono yang digadang-gadang telah disetujui DPR jadi calon Panglima TNI.

 

9. Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko menyatakan, anggota Paspampres Mayor Inf BF yang diduga memperkosa seorang prajurit wanita Divisi Infanteri 3/Kostrad, Letda Caj (K) GER, dipastikan bakal menjalani proses hukum akibat perbuatannya. “Enggak ada toleransi di dalam penegakan hukum siapapun dia, itu, dari manapun dia berasal,” ujar Moeldoko di Epicentrum XXI, Jakarta, Sabtu (3/12). Menurut Moeldoko dalam TNI terdapat aturan tegas mengenai pelanggaran disiplin murni dan tidak murni. Jika prajurit TNI melakukan pelanggaran disiplin murni berupa perbuatan pidana, pelakunya dapat dijerat dengan sanksi pidana. Selain itu, prajurit TNI yang terbukti melakukan tindak pidana juga terancam sanksi pemecatan. Moeldoko membenarkan soal kemungkinan sanksi pemecatan akan diberikan oleh Panglima TNI terhadap prajurit yang mengabaikan Sapta Marga Prajurit.

Anggota Paspampres, Mayor Infanteri BF yang memperkosa perwira muda perempuan Divisi Infanteri 3/Kostrad Letda Caj (K) GER, ditahan di Rutan Polisi Militer Kodam (Pomdam) Jaya, Jakarta Pusat. BF sudah ditetapkan sebagai tersangka atas perbuatannya itu. “Oknumnya sudah jadi tersangka dan ditahan di Pomdam Jaya,” ujar Kapuspen TNI Laksamana Muda Kisdiyanto saat dimintai konfirmasi, Minggu (4/12). Kisdiyanto mengatakan, BF ditahan di Pomdam Jaya sejak Sabtu (3/12), hingga 20 hari ke depan.

 

10. Pakar hukum tata negara Bivitri Susanti menilai, upaya DPR mempercepat pengesahan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) merupakan upaya untuk mencegah preseden 2019 terulang. Pada waktu itu, pengesahan RKUHP yang sudah di depan mata akhirnya ditunda karena masifnya gelombang unjuk rasa dari kalangan masyarakat sipil, termasuk di antaranya mahasiswa di seluruh daerah. “Kelihatannya mereka mencegah jangan sampai ada gelombang penolakan lagi seperti demonstrasi 2019, jadinya dipercepat sebisa mungkin,” kata Bivitri di Jakarta Pusat, Minggu (4/12). Menurut rencana, Pada Selasa (6/12), DPR akan mengesahkan draf RKUHP di tingkat II, sebelum nantinya dibawa ke Rapat Paripurna untuk disahkan sebagai undang-undang.

 

Pakar hukum tata negara Bivitri Susanti menilai, pengesahan RKUHP akan membuat nyaman penguasa. Sebab, sejumlah pasal di dalamnya dianggap memungkinkan kriminalisasi atas kritik yang dilontarkan warga negara. “Model-model RKUHP seperti ini akan membuat nyaman penguasa karena banyak pasal karet di dalamnya, termasuk soal kritik, soal ideologi yang melanggar Pancasila,” ujarnya lagi. “Untuk orang-orang yang mengkritik lembaga-lembaga negara itu bisa kena pidana yang lebih tinggi daripada saya mengkritik orang-orang biasa di sini,” katanya lagi. Bivitri menganggap, RKUHP yang akan disahkan DPR itu tak ubahnya upaya kontrol yang dilakukan Pemerintah Hindia Belanda pada warga pribumi yang vokal mengkritik kesewenangan penjajah. Menurut Bivitri, sejumlah pasal bermasalah masih ada di dalamnya. “Dulu bayangkan orang-orang seperti Hatta, Soekarno, Sjahrir itu bisa dibuang ke mana-mana itu kan pakai pasal-pasal kayak gitu, karena pemerintahan kolonialisme menginginkan supaya pribuminya yang bawel-bawel, yang mengkritik kebijakan pemerintah kolonial, disingkirkan saja, dihukum. Nah apakah kita mau pakai cara pandang itu sekarang?” katanya lagi.

 

11. Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku ada pihak yang mendesak dirinya untuk mundur dari calon presiden 2024. “Ada yang datang kepada saya, Gus Muhaimin mundur aja enggak usah nyapres, banyak sekali tantangan dan akan sulit,” katanya saat menghadiri Festival Al-Banjari di Kantor DPW PKB Jawa Timur, Surabaya, Sabtu (3/12). Namun dia memastikan tidak akan mundur, karena menjadi calon presiden yang diusung PKB adalah perintah Muktamar. “Saya jawab, saya maju menjadi calon presiden bukan karena apa-apa, karena perintah, kewajiban dan tanggung jawab ini perintah muktamar,” ucapnya. Muhaimin menyampaikan kalau dapat bisikan tentang ancaman serangan yang lebih kencang ke depannya. Tapi dia menegaskan tidak takut, dia tetap akan maju sebagai Capres 2024.

Ketua DPP PKB Daniel Johan mengaku tidak tahu siapa sosok yang mendesak Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mundur dari capres 2024. Padahal, desakan untuk mundur itu diungkap Cak Imin secara langsung. “Tidak paham juga siapa ya,” ujar Daniel Johan saat dimintai konfirmasi, Minggu (4/12). Lebih lanjut, Daniel tidak berbicara banyak mengenai permintaan agar Cak Imin tidak maju Capres 2024 itu. Ia hanya mengingatkan, hasil Muktamar PKB meminta agar Cak Imin maju sebagai Capres 2024. “Iya dong. Amanah muktamar harus dijalankan,” katanya. Ditanya soal nasib koalisi apabila Cak Imin tidak maju sebagai capres, Daniel menyebut hal itu bakal ditentukan oleh ketua umum partai koalisi. “Itu akan ditentukan oleh kedua ketum koalisi (Cak Imin dan Prabowo Subianto),” imbuhnya.

 

Bencana datang bertubi-tubi. Dampak gempa Cianjur belum sepenuhnya teratasi, disusul gempa Garut, dan kemarin Gunur Semeru di Jatim memuntahan awan panas sejak Minggu (4/12) dini hari. “Tingkat aktivitas Gunung Semeru dinaikkan dari level III (siaga) menjadi level IV (awas) terhitung sejak Minggu, 4 Desember 2022, pukul 12.00 WIB,” kata Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) lewat akun resmi Twitter @PVMBG, yang dikutip Minggu siang. PVMBG menyatakan, radius aman Besuk Kobokan sejauh 19 kilometer dari puncak Semeru. Muntahan awan panas guguran Semeru teramati sejak pukul 02.46 WIB, dengan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan setinggi kurang lebih 1,5 kilometer di atas puncak. PVMBG menyebutkan, sumber awan panas guguran itu berasal dari tumpukan di ujung lidah lava yang berada sekitar 800 meter dari puncak atau Kawah Jonggring Saloka.

12. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut sedikitnya 1.979 warga mengungsi di 11 titik setelah guguran awan panas dan meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Semeru, Minggu (4/12). Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB, hingga Minggu sore, merinci 11 titik pengungsian itu meliputi: 266 jiwa di SDN 4 Supiturang; 217 jiwa di Balai Desa Oro-oro Ombo; 119 jiwa di SDN 2 Sumberurip; 228 jiwa di Balai Desa Sumberurip; 131 jiwa di Balai Desa Penanggal; dan 52 jiwa di Pos Gunung Sawur. Selain itu, BNPB mengonfirmasi terdapat 216 jiwa pengungsi di Balai Desa Pasirian; 150 jiwa di Lapangan Candipuro; 600 jiwa di Kantor Kecamatan Candipuro dan sisanya di SMP N 2 Pronojiwo. BNPB mengatakan, sejauh ini, wilayah terdampak guguran awan panas Semeru meliputi Desa Capiturang dan Sumberurip di Kecamatan Pronojiwo, Desa Sumbersari di Kecamatan Rowokangkung, Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro, dan Desa Pasirian di Kecamatan Pasirian. “Hingga siaran pers ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengajak seluruh pemimpin partai politik untuk bersatu membantu masyarakat yang terkena bencana beberapa waktu belakangan ini. Ia berharap para pemimpin tetap memprioritaskan rakyat, meskipun saat ini sedang membahas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. “Di tengah kesibukan para pemimpin politik mencari calon presiden tidak boleh lupa untuk tetap memikirkan rakyat,” kata Muzani dalam keterangannya, Minggu (4/12). “Karena itu, saya mengimbau kepada para pemimpin meskipun sekarang tahun politik, sudah ramai pembahasan calon presiden, tapi kita harus tetap bersatu membantu rakyat kita yang sedang kesulitan terkena musibah. Membantu masyarakat yang perlu pertolongan,” ujarnya lagi. Hal itu disampaikan Ahmad Muzani saat menghadiri peringatan Haul Mbah Noer Durya bin Sayyid yang ke-35 di area pemakamannya, Pemalang, Jateng, kemarin.

 

13. Mendag Zulkifli Hasan menegaskan, pemerintah putuskan untuk mengimpor beras setelah adanya polemik soal data ketersediaan beras nasional.  Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, pemerintah sudah membeli beras impor, hanya saja beras tersebut belum masuk ke Indonesia. “Sekarang kita beli tapi tetap di luar barangnya. Belinya sudah, impornya belum. Sekarang kita masih kasih kesempatan karena saya belum 1-2 hari ini belum kontak lagi,” ujarnya di Jakarta. Hal ini menyusul dengan adanya rencana impor beras lewat Perum Bulog untuk memenuhi pasokan cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang Perum Bulog. Namun Mendag tidak mau menyebutkan negara yang akan memasok beras ke Indonesia. “Kalau negaranya itu Bulog yang tahu,” imbuhnya. Zulhas menuturkan dirinya menyetujui rencana Perum Bulog untuk mengimpor beras agar stoknya terpenuhi. (HPS)

Tentang Penulis: hps

Gambar Gravatar
Wartawan senior tinggal di Jakarta. hps@reporter.id