HOT ISU Yang Berkembang Selasa (8/12) Pagi Ini

oleh

HOT ISU pagi ini adalah seputar kasus bentrok antara aparat kepolisian dengn Laskar Pembela Islam (LPI) di Jalan Tol Cikampek KM 50 yang menewaskan 6 orang pengawal Rizieq Shihab.  Pihak kepolisian menyebut, petugas polisi yang lebih dulu diserang dalam insiden tersebut, tetapi pihak FPI menyatakan justru pihaknya yang dihadang dan diserang OTK.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, pihaknya telah mengamankan senjata api dan senjata tajam dalam bentrokan tersebut sebagai barang bukti. Di antaranya, 2 pucuk senjata api, peluru, samurai, celurit, dan sejumlah senjata tajam lainnya. Namun Sekum FPI Munarman membantah. “Kalau betul cek nomor registernya. Pasti bukan punya kami. Karena kami gak punya akses senjata api dan gak mungkin membeli senjata gelap,” ujar Munarman. Ia menyebut kondisi Imam Besar FPI Rizieq Shihab sehat, namun nyawanya terancam.

Berita menarik lainnya adalah Menko Polhukam Mahfud MD menilai, Mensos Juliari P Batubara bisa terancam hukuman mati setelah terjerat kasus dugaan suap terkait pengadaan bantuan sosial Covid-19. Mahfud mengatakan, Juliari bisa terancam hukuman mati kendati KPK hingga kini hanya menjeratnya dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-undang (UU) Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Satu peristiwa unik yang menjadi perhatian publik adalah usai menangkap dua menteri Jokowi, KPK menggelar pertemuan dengan sejumlah mantan pimpinan KPK, tokoh agama, dan pegiat antikorupsi dalam acara bertajuk  “KPK Mendengar”. Berikut isu selengkapnya.

1. Insiden bentrok antara anggota Polri dengan Laskar Pembela Islam (LPI) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 50, Senin (7/12) dini hari yang menewaskan 6 orang anggota LPI masih menyisakan tanda tanya besar. Pasalnya di satu sisi, polisi mengklaim pihaknya lebih dulu diserang dalam peristiwa tersebut.

Di sisi lain, Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis menjelaskan kejadian tersebut bermula saat Rizieq bersama keluarganya hendak menuju acara pengajian subuh yang digelar khusus keluarga inti di wilayah yang tak disebutkan namanya pada Senin dini hari.

Tiba-tiba, rombongan Rizieq diadang oleh orang tak dikenal di tengah perjalanan menuju lokasi. Ia menduga mereka merupakan bagian dari operasi penguntitan Rizieq. “Para preman OTK yang bertugas operasi tersebut mengadang dan mengeluarkan tembakan kepada laskar pengawal keluarga,” kata Shabri.

2. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjelaskan soal bentrok antara para pendukung Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habis Rizieq Shihab (HRS) di kawasan Jalan Tol Cikampek, Senin (7/12). Dalam bentrokan tersebut, 6 orang pengawal HRS tewas, 4 orang lainnya melarikan diri.

“Tadi pagi sekitar pukul 00.30 WIB di Jalan Tol Jakarta Cikampek, KM 50 telah terjadi penyerangan terhadap anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas penyelidikan terkait rencana pemeriksaan Rizieq Shihab yang dijadwalkan berlangsung hari ini jam 10. 00 WIB,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dalam konperensi pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (7/12).

3. Irjen Fadil yang saat itu didampingi Pangdam Jaya, Mayjen Dudung Abdurachman menyebut massa yang menyerang petugas adalah massa yang dikerahkan untuk mengawal pemeriksaan Rizieq. Massa berada dalam sebuah kendaraan.  “Ketika anggota mengikuti kendaraan yang diduga adalah pengikut Rizieq petugas dipepet kemudian diserang menggunakan senjata api. Anggota yang terancam keselamatan jiwanya karena diserang kemudian melakukan tindakan tegas terukur terhadap kelompok yang diduga pengikut MRS. Meninggal dunia sebanyak 6 orang,” tegasnya.

Dijelaskan, Polda Metro Jaya mengamankan senjata api dan senjata tajam dalam bentrokan tersebut sebagai barang bukti. Di antaranya, dua pucuk senjata api, peluru, samurai, celurit, dan sejumlah senjata tajam lainnya. Irjen Fadil meyakinkan, senjata api yang digunakan oleh pendukung HRS  adalah senjata asli. “Asli ini (senjata api),” katanya lagi.

4. Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Metro Jaya Tubagus Ade Hidayat menyebut laskar pengawal Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab merencanakan aksi penyerangan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Pernyataan itu berdasar pada bukti rekaman suara atau voice note yang dikantongi polisi. Ia menyebut, rekaman itu berisi suara sejumlah anggota laskar pendukung Rizieq. “Itu nyata dan tidak dikarang-karang, terlihat, terdengar di dalam voice note tersebut. Itu fakta-faktanya,” kata Tubagus di Polda Metro Jaya, Senin (7/12).

5. Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman menyebut kondisi Imam Besar FPI Rizieq Shihab sehat, namun nyawanya dalam ancaman. “Kami kasih tahu. Nyawa HRS (Habib Rizieq Shihab) terancam,” ujar Munarman, Senin (7/12). Munarman mengatakan, banyak narasi palsu yang disampaikan polisi terkait peristiwa yang terjadi di Jalan Tol Cikampek tersebut. Ia meminta polisi menghentikan segala fitnah terhadap FPI.

6. Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman menyebut, pihaknya menjadi korban fitnah terkait bentrok antara aparat polisi dengan sejumlah anggota FPI, Senin (7/12) dini hari. Fitnah tersebut berkaitan dengan pernyataan polisi yang menyebut pihak FPI lakukan penyerangan terlebih dulu kepada aparat. Pihak Polisi mengatakan anggota FPI dalam bentrokan tersebut membawa sejumlah senjata tajam. “Fitnah, ini luar biasa fitnah bahwa laskar lebih dulu menyerang,” kata Munarman, Senin (7/12).

Munarman juga menyebut fitnah berkaitan kepemilikan senjata api. “Kalau betul cek nomor registernya. Pasti bukan punya kami. Karena kami gak punya akses senjata api dan gak mungkin membeli senjata gelap,” ujar Munarman.

7. Sekretaris Umum FPI Munarman menyatakan pihak keluarga 6 Laskar Pembela Islam (LPI) yang tewas belum bisa mengakses jenazah hingga sore kemarin. “Akses ke jenazah saja belum dapat keluarganya,” katanya dalam konferensi pers, Senin (7/12) sore. Ia menjelaskan, awalnya pihaknya menyatakan 6 laskar FPI tersebut hilang usai insiden tersebut, sebab belum mengetahui sama sekali ihwal keberadaan para korban tersebut sampai pihak polisi yang mengumumkan Senin (7/12) siang tadi.

8. Pengacara FPI Aziz Yanuar mendatangi RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (7/12) untuk memastikan keberadaan sekaligus membawa 6 jenazah pengikut Habib Rizieq Shihab yang tewas dalam dalam insiden penembakan di Tol Jakarta-Cikampek.  Namun, mereka belum bisa membawa pulang keenam jenazah. Mereka berharap, pemulangan jenazah tak dipersulit.

“Memastikan dan membawa pulang. Karena kan keluarga menurut Islam harus cepat gitu kan harus disegerakan gitu, makannya kita mempercepat gitu kan, akan tetapi di sini ya kalau kita lihat ternyata kenyataan tidak sesuai dengan apa yang di media kan, kita minta pihak kepolisian untuk dapat apa namanya membantu ini lah atas nama kemanusiaan demikian,” kata pengacara FPI, Aziz Yanuar di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (7/12).

9. Mabes Polri menjamin tidak ada upaya menghalang-halangi pihak keluarga untuk mengurus enam jenazah Laskar Pembela Islam (LPI) yang tewas dalam bentrok dengan polisi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Senin (7/12). “Polri tak pernah menghalangi atau mempersulit pihak keluarga untuk mengurus jenazah dari enam orang yang mencoba melawan petugas itu,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, kemarin.

Argo menerangkan, polisi tidak bermaksud menyembunyikan atau menutup-nutupi keberadaan jenazah. Dia memastikan, jenazah kini masih ada di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta. Ia meyakinkan, kepolisian masih memeriksa dan mengidentifikasi jasad-jasad yang meninggal akibat timah panas polisi tersebut.

10. Habib Rizieq Shihab kembali mangkir dari panggilan polisi dalam pemeriksaan terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengimbau pemimpin FPI Rizieq Shihab hadir memenuhi panggilan pemeriksaan pada hari ini. Jika tidak hadir, maka polisi akan menjemput paksa nantinya.

Seperti diketahui, Rizieq akan diperiksa terkait kasus kerumunan massa di acara pernikahan putrinya, Senin (7/12). Namun, hingga kemarin tidak ada kepastian Rizieq akan hadir. ‘’Kami menghimbau kepada Saudara MRS agar mematuhi hukum, memenuhi panggilan penyidik dalam rangka pemeriksaan,’’ kata Fadil kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (7/12).

Fadil menyebut pihaknya akan lakukan langkah hukum lanjutan jika Rizieq kembali mangkir. “Apabila saudara MRS tidak memenuhi panggilan kami, tim penyidik akan melakukan langkah-langkah penegakan hukum selanjutnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku,” ujarnya.

11. Di tempat terpisah, Polda Jabar juga kembali memanggil Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab terkait kasus kerumunan di Megamendung pada 13 November 2020. Rizieq diminta hadir ke Mapolda Jabar pada Kamis (10/12). Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago mengatakan surat pemanggilan terhadap Rizieq akan segera dilayangkan oleh penyidik hari ini atau besok. Erdi meminta Rizieq  kooperatif dan datang memenuhi panggilan.

12. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono juga mengimbau pemimpin Front Pembela Islam ( FPI) Rizieq Shihab memenuhi panggilan penyidik. “Kalau MRS gentle ya penuhi panggilan kepolisian,” katanya di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Senin (7/12).

13. Anggota Komisi III DPR dari PDIP, I Wayan Sudirta mengungkapkan perlu dilakukan investigasi mendalam untuk mengetahui apakah langkah yang ditempuh polisi sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) atau sebaliknya. Menurutnya, enam orang laskar pendukung Rizieq yang meninggal dalam insiden tersebut harus mendapat perhatian serius dari semua pihak. ‘’Unsur penyerangan atau ancaman yang diduga dilakukan korban juga harus dapat dibuktikan,’’ ujarnya.

14, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Habiburokhman mengusulkan agar komisinya memanggil Kapolri Jenderal Idham Azis guna menjelaskan soal bentrok antara polisi dengan laskar Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (7/12) dini hari yang menewaskan 6 anggota FPI. Ia juga mengusulkan pembentukan tim investigasi independen dengan  melibatkan Komnas HAM agar proses hukum berjalan adil dan transparan.

15. Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti meminta masyarakat untuk menahan diri dalam merespons insiden bentrok antara polisi dan anggota laskar Front Pembela Islam (FPI), Senin (7/12) dini hari. Ia juga meminta siapapun untuk menghindari aksi yang berpotensi memicu kekerasan di tengah masyarakat. “Masyarakat sebaiknya menahan diri dengan tidak melakukan aksi-aksi yang berpotensi menimbulkan terjadinya kekerasan dan hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Abdul dalam keterangan resmi, Senin (7/12).

16. Polemik tes swab COVID-19 Habib Rizieq Shihab (HRS) kini memasuki babak baru. Polisi menyimpulkan ada unsur pidana dalam kasus tersebut sehingga penanganannya dinaikkan ke tingkat penyidikan. Kasus ini awalnya dilaporkan oleh Satgas COVID-19 Kota Bogor dengan nomor laporan polisi LP/650/XI/2020/JBR/POLRESTA BOGOR KOTA. Pihak yang dilaporkan yaitu Direktur Utama RS UMMI Bogor Andi Tatat karena dinilai menghalang-halangi upaya satgas melakukan swab test terhadap Habib Rizieq yang dirawat di rumah sakit tersebut. “Benar,” kata Kapolres Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser, kemarin.

17. Menko Polhukam Mahfud MD menilai, Mensos Juliari P Batubara bisa terancam hukuman mati setelah terjerat kasus dugaan suap terkait pengadaan bantuan sosial Covid-19. Mahfud mengatakan, Juliari bisa terancam hukuman mati kendati KPK hingga kini hanya menjeratnya dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-undang (UU) Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

“Ada Pasal 2 Ayat (2) di UU Nomor 31 tahun ’99, kalau korupsi dilakukan dalam keadaan tertentu bisa dijatuhi hukuman mati. Nanti terserah KPK, nanti kan terus berproses pendakwaan itu, nanti kita lihat. Tetapi jelas ada perangkat hukum, kalau dilakukan dalam keadaan tertentu,’’ ujar Mahfud.

18. Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh menilai, kasus dugaan korupsi dana bansos  penanganan Covid-19 yang menjerat Mensos Juliari P Batubara sangat memalukan. Sebab, tindakan tersebut dilakukan saat Indonesia dalam status bencana nasional pandemi corona.

“Korupsi yang dilakukan oleh Mensos Juliari Batubara sebagai hal yang sangat memalukan dan sangat kejam, karena dilakukan pada saat negara dalam bencana nasional pandemi Covid-19. Bahkan presiden dan KPK telah mengingatkan untuk berhati-hati dalam menggunakan uang negara yang bersumber dari dana rakyat,” kata Khairul, kemarin.

19. Usai menangkap dua menteri Jokowi, KPK menggelar pertemuan dengan sejumlah mantan pimpinan KPK, tokoh agama, dan pegiat antikorupsi dalam acara bertajuk  “KPK Mendengar”, Senin (7/12). Plt Jubir KPK Ali Fikri menjelaskan, acara ‘KPK Mendengar’ merupakan ajang sumbang pikiran dan saran agar upaya pemberantasan korupsi dapat efektif, efisien, dan optimal.

“Pimpinan, Dewan Pengawas dan Struktural KPK mendengarkan aspirasi dan harapan publik terhadap KPK, yang akan menjadi masukan sekaligus evaluasi bagaimana perjalanan KPK selama ini dan apa strategi pemberantasan korupsi kedepannya agar lebih tepat sasaran,” kata Ali Fikri, kemarin.

20. KPK mengamankan tiga unit mobil dalam operasi tangkap tangan kasus dugaan suap terkait bansos penanganan Covid-19, Jumat hingga Sabtu (5/12) lalu. Plt Jubir KPK Ali Fikri tidak mengungkap identitas sang pemilik mobil, namun mobil tersebut diduga bersumber dari hasil suap dana bansos  Covid-19.

“Mobil tersebut diatasnamakan pihak lain yang perolehannya diduga bersumber dari penerimaan uang terkait dengan perkara ini,” ujar Ali memberi bocoran seraya mengatakan, KPK akan menelusuri lebih lanjut pembelian mobil-mobil tersebut dengan mengonfirmasi para saksi yang akan dipanggil penyidik.

21. Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut proses kajian terhadap status halal vaksin Sinovac untuk Covid-19 telah selesai. Dijelaskan, kajian tersebut juga sudah dikirim ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk kemudian menerbitkan sertifikasi halal untuk vaksin tersebut.

“Kajian dari BPJPH (Badan Penyelanggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama RI) dan LPPOM (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika) MUI sudah selesai, sudah ada fatwa dan sertifikasi halal,” kata Muhadjir di akun Youtube Kemkominfo TV, Senin (7/12).

Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Muhadjir Effendy menyebut pedagang pasar masuk dalam daftar kelompok prioritas penerima vaksin virus corona. Dijelaskan, selain pedagang pasar, buruh juga masuk kategori kelompok yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

“Kelompok risiko tinggi atau berisiko high risk, yaitu kelompok pekerja, termasuk di dalamnya para pedagang pasar, pelayan toko, atau pramuniaga, dan juga mereka yang bekerja di sektor-sektor perusahaan industri,” kata Muhadjir, Senin (7/12).

22. Indonesia dan Amerika Serikat ( AS) menyepakati peningkatan kerja sama di bidang pertahanan dalam rangka menangkal ancaman bahan peledak, senjata biologi, kimia, radiologis, dan nulir (CBRNE) serta siber. Kesepakatan itu terjalin setelah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima kunjungan kerja Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertahanan AS Christopher Miller di Subden Mabes TNI, Jakarta, Senin (7/12).

Peningkatan kerja sama itu nantinya dilakukan melalui pendidikan dan latihan bersama kedua negara. “Pada kesempatan tersebut Panglima TNI juga menyampaikan bahwa pelatihan dan kemampuan Pertahanan CBRNE dan Siber adalah bidang yang menjadi perhatian bersama kedua negara demikian pula dengan kebutuhan TNI terkait alutsista mutakhir,” demikian keterangan tertulis yang dikutip dari situs web TNI, tni.mil.id, Selasa (8/12).

23. Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan Pelaksana Tugas (Plt) Menhan Amerika Serikat Christopher Miller di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Senin (7/12). Jubir Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo dan Miller menggelar pertemuan tertutup guna membahas penguatan kerja sama yang sudah dilakukan kedua negara. “Menhan AS pagi jam 10.00 WIB tadi melakukan kunjungan kehormatan ke Menhan RI Prabowo Subianto, disambut dengan upacara jajar kehormatan dan dilanjutkan dengan pembicaraan tertutup terkait dengan penguatan kerja sama pertahanan yang sudah disepakati selama ini,” ujar Dahnil, Senin (7/12).

24. Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, Pimpinan ULMWP Benny Wenda bukan warga Papua Barat, dia warga Inggris sehingga tidak berhak mewakili rakyat Papua Barat. Ia sangat menyayangkan pemerintah Inggris yang lakukan pembiaran terhadap maneuver Benny Wenda karena hal itu bisa mengganggu hubungan diplomasi dan bilateral antarkedua negara. ‘’Kita ingatkan, tahun 2017 lalu, petisi Benny Wenda telah ditolak oleh Ketua Komisi Khusus Dekolonialisasi PBB,’’ tegas politisi Golkar ini, kemarin.

25. Sehari menjelang pencoblosan di Pilkada Serentak 2020, KPU mengklaim kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi petugas sudah tercukupi. “Dari sisi jumlah, semua kebutuhan APD sudah tercukupi. Saat ini KPU tengah menyelesaikan proses distribusi. Proses logistiknya telah sampai pada tingkat kecamatan hingga kelurahan,” ujar  Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, kemarin.

26. Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta kembali mengantisipasi terjadinya peningkatan kasus virus corona di wilayah ibu kota. Koordinator RSD Covid-19 Wisma Atlet Mayjen TNI Tugas Ratmono mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Misalnya menjalin kolaborasi dan koordinasi dengan KKP, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan lain-lain. “Kami sekarang ini di Wisma Atlet ini kolaborasi dengan yang di Pademangan yang dikelola oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan), ada satu tower untuk isolasi mandiri,” ujar Tugas dalam diskusi di Graha BNPB, Jakarta, Senin (7/12). (HPS)

Tentang Penulis: hps

Gambar Gravatar
Wartawan senior tinggal di Jakarta. hps@reporter.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.