Lestari Moerdijat: Pelaku Kekerasan Seksual Harus Ditindak Tegas

oleh

JAKARTA, REPORTER.ID – Maraknya kasus kekerasan seksual di tanah air semakin memprihatinkan. Aparat penegak hukum diminta tegas dalam menjalankan proses hukum terhadap sejumlah kasus tersebut berdasarkan aturan yang berlaku.

“Sangat memprihatinkan kondisi saat ini. Kasus-kasus dugaan kekerasan seksual semakin marak terjadi di setiap lapisan masyarakat, mulai dari masyarakat biasa hingga tokoh masyarakat,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangannya, Rabu (2/2/2022), menanggapi maraknya kasus dugaan kekerasan seksual yang proses hukumnya kerap kali menghadapi kendala.

Lestari berharap, dalam menyikapi maraknya kasus dugaan kekerasan seksual, aparat hukum tidak membeda-bedakan dari kelompok masyarakat mana para pelaku dugaan kekerasan seksual yang sedang menjalani proses hukum.

Aparat penegak hukum lanjut Rerie – sapaan akrab Lestari, harus menjalankan tugasnya mengacu pada aturan perundang-undangan yang berlaku.

Sehingga, segala bentuk tekanan yang terjadi untuk menghalangi proses hukum sejumlah kasus dugaan kekerasan seksual, seharusnya bisa diatasi dengan baik.

Para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah diminta Rerie, peduli terhadap proses hukum sejumlah kasus dugaan kekerasan seksual yang terjadi di setiap daerah.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap proses hukum kasus dugaan kekerasan seksual yang mengalami hambatan menjadi perhatian semua pihak.

Mengapa? Menurut Rerie, dalam tindak kekerasan seksual sarat akan pelanggaran hak-hak dasar manusia yang sesuai amanat konstitusi negara harus hadir melindungi setiap warga negaranya dari segala bentuk ancaman, termasuk ancaman dari tindak kekerasan seksual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.