Cakung, Cipayung dan Condet Diusulkan Jadi Kampung Budaya Jakarta Timur

oleh
Batu penggilingan dari pabrik gula tahun 1740 an di RW 07 Kel.Penggilingan, Cakung.

JAKARTA, REPORTER.ID- Wilayah Condet Kecamatan Kramat Jati, Cakung dan Cipayung diusulkan oleh Sudin Kebudayaan Jakarta Timur untuk menjadi Kampung Budaya Jakarta Timur.

Usulan itu didasarkan pada potensi budaya masing masing wilayah kecamatan tersebut yang cukup besar. Pembahasannya dilakukan dalam rapat Pemko Administrasi Jakarta Timur di kantor Walikota Jaktim, Jumat (4/3/2022).

Kepala Seksi Pelindungan Sudin Kebudayaan Jakarta Timur Iyan Iskandar mengungkapkan hal itu Minggu (6/3/2022) atas pertanyaan Reporter.id. “Rapat masalah Kampung Budaya itu dipimpin Asisten Kesra Jakarta Timur Ahmad Salahuddin,” tambahnya.

Menurut Iyan Iskandar untuk dijadikan Kampung Budaya syaratnya harus memilki potensi budaya cukup besar.

“Kecamatan Cakung memiliki potensi budaya besar. Di wilayah kecamatan ini ada peninggalan Benteng 9 di Kelurahan Rawa Terate dan batu penggilingan tebu di Kelurahan Penggilingan,” kata Iyan.

Sedangkan Condet sejak zaman Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin tahun 1966 – 1977 sudah ditandai sebagai wilayah budaya Betawi yang kental dengan banyak kebun salak dan duku.

“Potensi Condet adalah seni budaya asli masih dilestarikan di kawasan ini,” imbuh Iyan lagi.

Sementara Cipayung juga berpotensi besar dijadikan Kampung Budaya karena memiliki banyak danau sehingga mendapat julukan Kampung Seribu Danau.

Menurut Iyan Iskandar, Asisten Kesra Kota Administrasi Jakarta Timur Ahmad Salahudin merespon positif usulan tersebut.

Usulan akan diintegrasikan dengan data data yang diperoleh dari unsur kelurahan, kecamatan dan OPD terkait.

Kampung Budaya Betawi meliputi beberapa kriteria antara lain sistem sistem kepercayaan, kesenian, mata pencaharian dan sistem lingkungan tata ruang dan arsitektur.

Kasubbag Dikmental Bagian Kesra Jakarta Timur Dwi Busara mengakui pihaknya juga ikut rapat Kampung Budaya tersebut sampai sore hari Jumat yang lalu. (PRI).