Walikota Jaktim Kukuhkan Malaka Jaya Sebagai Kelurahan Sadar Kerukunan.

oleh
oleh
Walikota Jakarta Timur mengukuhkan Kelurahan Sadar Kerukunan

JAKARTA, REPORTER.ID- Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengukuhkan Kelurahan Malaka Jaya sebagai Kelurahan Sadar Kerukunan di Aula Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD), Jl H.Naman, Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pada kesempatan itu sekaligus Walikota Anwar membuka sosialisasi Kelurahan Sadar Kerukunan yang diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta Timur dengan dukungan Baznas Bazis dan Kantor Agama Kota Administrasi Jakarta Timur.

Walikota Anwar dalam sambutannya menegaskan dengan deklarasi kerukunan ini ia berharap tidak akan terjadi gesekan terutama lintas agama. “Ini penting untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI di Jakarta Timur. Diharapkan para Kyai dan Ulama menjalankan semangat Bineka Tunggal Ika,” tandas Anwar.

Diharapkan pula pengurus masjid, gereja dan tempat tempat ibadah lainnya lebih baik dalam melayani dan mengajak jamaahnya. Terutama dalam menyelesaikan masalah, hendaknya dilakukan dengan musyawarah mufakat.

Dari percontohan ini akan dikembangkan ke 10 kecamatan se Jakarta Timur.

Hadir pada kesempatan Dandim 0505 Jakarta Timur Letkol TNI Ali Cahyono dan Kasatserse Polres Jakarta Timur mewakili Kapolres serta Lurah Malaka Jaya Asianto.

Dalam acara tersebut, dilakukan Sosialisasi Peraturan Perundang – undangan Tentang Kerukunan Umat Beragama bagi pengurus RT/RW dan penyerahan santunan kepada 30 anak yatim.

Sementara itu Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta Timur, KH Ma`arif, mengatakan, sosialisasi ini merupakan pembukaan yang akan dilanjutkan ke kecamatan kecamatan. “Mudah – mudahan dengan sosialisasi dan pemahaman peraturan kerukunan umat beragama ini akan menciptakan kondisi kehidupan umat beragama yang damai rukun dan aman di wilayah Jakarta Timur,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Timur, Zulkarnain juga mengapresiasi Kelurahan Sadar Kerukunan ini untuk mengantisipasi disharmonisasi yang ada di masyarakat.

Diharapkan upaya ini dapat menular ke kelurahan lain dan seluruh kecamatan di Jakarta Timur untuk berkomitmen bersama antara ulama dan umara untuk bergandeng tangan menjaga NKRI.

Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur, Eka Nafisah usai acara tersebut menjelaskan santunan diberikan kepada 30 anak yatim dengan masing masing menerima Rp 250.000. Mereka terdiri dari 15 anak yatim Kelurahan Malaka Jaya dan 15 anak yatim Kelurahan Pondok Kelapa.

Kelurahan Malaka Sadar Kerukunan yang dikukuhkan Walikota Jakarta Timur tersebut terdiri dari 15 orang. Mereka dari berbagai unsur, Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu dan LMK. Selaku Ketua HM Syarkawi, Wakil Ketua FX Nadhi Ngarsanto, Sekretaris Samsudin, Bendahara Antonius Bambang Suryanto dan unsur Siskomas Abdul Jalil. (PRI).