HOT ISU PAGI INI, PRABOWO AKAN DATANGI KUBU AMIN DAN GANJAR-MAHFUD

oleh
oleh

Prabowo-Gibran (net)

Isu menarik pagi ini, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto akan mendatangi tokoh-tokoh yang menjadi lawannya pada Pilpres 2024, yakni dari kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Isu hangat lainnya, Ketua Tim Penjadwalan TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aria Bima berpendapat,  tidak perlu ada  pemilu di Indonesia bila diwarnai kecurangan seperti pada Pilpres 2024 ini. Berikut isu selengkapnya.

 

1. Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto akan mendatangi tokoh-tokoh yang menjadi lawannya pada Pilpres 2024, yakni dari kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dan kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hal itu disampaikan Sekjen Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ahmad MuzamiIa di Jl Kembang No VI, Kwitang, Jakarta Pusat, Jumat (16/2).

“Tadi baru saja beliau menyampaikan akan mendatangi beberapa tokoh yang juga tidak mendukung beliau. Iya beliau belum ngomong detail, tapi ada rencana rangkul 01 dan 03. Tadi Pak Prabowo juga meminta kepada kami untuk terus berkomunikasi dengan para pemimpin, partai politik, dan kekuatan-kekuatan yang kemarin tidak mendukung beliau,” ,” ujar Muzani.

 

2. Ketua Tim Penjadwalan TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Aria Bima berpendapat, tidak perlu ada pemilu di Indonesia bila diwarnai kecurangan seperti pada Pilpres 2024 ini. “Saya tidak perlu lagi melihat adanya pemilu kalau pelaksanaan pemilu semacam ini. Apakah nanti menjamin pilkada? Enggak perlu pilkada, cukup kepala desa ditakut-takuti dana desanya, suruh cari suara saja sudah,” kata Aria di Media Center TPN, Jakarta, Jumat (16/2).

Aria mengaku proses Pilpres 2024 mesti melewati perjalanan yang panjang, mulai mendaftarkan calon, menyiapkan visi misi, melakukan kampanye dan sosialisasi, hingga menyiapkan agar kampanye berlangsung meriah. Namun, yang terjadi malah terdapat politisasi bantuan sosial, intimidasi  terhadap aparat desa, keterlibatan aparat yang tak netral, hingga politik uang dan manipulasi suara yang mewarnai Pilpres 2024.

“Terus untuk apa kampanye? Untuk apa debat? Untuk apa tim narasi, tim substansi, tim para intelektual kita kumpulkan untuk menulis pertanyaan-pertanyaan debat,” ujar Aria.

 

Aria Bima mengaku heran dengan perolehan suara pasangan Ganjar-Mahfud di Solo Raya dan Bali, dua daerah yang dikenal sebagai kandang PDI Perjuangan. Aria mengatakan, perolehan suara PDI-P di wilayah Solo Raya merupakan yang terbanyak dibanding partai lain, tapi angka yang didapat Ganjar-Mahfud tidak mencapai 50 persen.

“Solo rekapnya sudah di atas 50 persen legislatif, kemudian Boyolali di atas 60 persen. Kenapa Pak Ganjar Pranowo memperoleh suara di Kota Solo tidak lebih dari 50 persen? Ini yang saya sebut anomali,” kata Aria di Media Center TPN, Jakarta, Jumat (16/2).

Politisi PDI-P yang dikenal kritis ini menilai ada anomali serupa di wilayah Bali yang menurutnya menjadi basis pemilih Ganjar-Mahfud. Aria mengaku kaget dengan hasil hitung cepat yang menunjukkan Ganjar-Mahfud tertinggal di seluruh provinsi di Bali karena elektabilitas pasangan itu mencapai 70 persen di Bali dalam survei sebelum pemilu. “Semua survei di atas 70 (persen semua, survei Bali, bahkan saya tidak menjadwakan Pak Ganjar-Pak Mahfud ke Bali karena saya anggap sudah aman, tidak ada satu pun kabupaten yang Pak Ganjar bisa menangkan, kenapa?” kata Aria Bima.

 

3. Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menilai penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) berpotensi menggerus integritas pelaksanaan Pemilu. Menurut Todung, penggunaan Sirekap cenderung menguntungkan pasangan Prabowo-Gibran. “Sirekap ini kalau kita melihat pemberitaan di media, apalagi di media sosial (medsos) banyak sekali yang mengindikasikan kecurangan-kecurangan yang menggerus integritas pemilihan umum itu sendiri. Kalau ini dibiarkan, akan semakin merusak integritas pemilu,” kata Todung dalam konferensi pers di Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (16/2).

TPN Ganjar-Mahfud meminta penggunaan Sirekap diinvestigasi oleh Bawaslu.  “Kami sudah melaporkan ini baik ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu. Kami minta kepada Bawaslu untuk melakukan investigasi terhadap hal ini, supaya kita tidak dicurangi, supaya publik juga tidak dicurangi,” ujarnya.

 

4. TPN Ganjar-Mahfud menyambut baik opsi kerja sama dengan Timnas AMIN untuk menggugat dugaan kecurangan Pilpres 2024. Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim menyebutkan, upaya menciptakan pemilu yang jujur dan adil mesti disambut dengan positif. “Kami menyambut baik segala upaya untuk mengupayakan pemilu yang jujur dan adil, jadi apapun itu akan menjadi sangat dipertimbangkan dan kami menyambut positif,” kata Chicho, Jumat (16/2).

 

5. Capres Anies Baswedan menghormati sikap PDIP yang sudah bersiap menjadi oposisi terhadap pemerintahan RI periode 2024-2029. “Baik. Jadi itu sikap yang harus dihormati dan sambil kita menunggu hasil selesai penghitungan seperti apa,” kata Anies di kawasan Masjid Al-Azhar, Jakarta, Jumat (16/2).

Anies menegaskan ajang pilpres atau pemilu, hasilnya bisa diterima dengan baik oleh semua pihak jika dilakukan dengan jujur dan adil. Karenanya, ia meminta prosesnya berjalan dengan baik. Ia mengimbau jika ada kekurangan dalam ajang pemilu bisa dilaporkan ke Tim Hukum paslon masing-masing. “Dan bila ada kekurangan-kekurangan laporan, baik itu ke bawaslu. Sehingga bisa dilakukan langkah-langkah yang sesuai dengan problemnya,” kata Anies.

 

6. TPN Ganjar-Mahfud MD desak KPU libatkan pakar teknologi informasi independen untuk mengaudit investigasi dan mengungkap sumber kesalahan input data (data entry) melalui aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Aplikasi ini berfungsi untuk mempublikasi hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) sebelum dikonversi dari formulir c hasil plano. Namun yang terjadi saat ini, ditemukan ada perbedaan konversi hasil penghitungan suara dan formulir di 2.325 TPS.

“Saya kira di Indonesia ada banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang memiliki pengalaman dan track record untuk melakukan audit di skala ini. Itu satu hal yang sangat mudah ditunjuk, dan itu harus dilakukan oleh pihak yang independen,” kata Deputi Kanal Media TPN, Karaniya Dharmasaputra dalam konferensi pers di Jalan Cemara, Jakpus, Jumat (16/2).

Karaniya menegaskan, kekeliruan ini harus diselesaikan secara transparan dan independen, serta melibatkan pihak-pihak terkait dan ahli teknologi informasi. Menurut Karaniya, saat ini merupakan saat paling tepat bagi DPR untuk memanggil KPU guna mempertanggungjawabkan kekisruhan data Pemilu.

 

7. Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) Adrian Zakhary menilai, efek Jokowi lebih besar dibandingkan PDI-P baik di Jawa Tengah maupun Bali yang menjadi pusaran suara PDI-P secara nasional. Di dua wilayah itu kini menjadi lumbung suara Prabowo-Gibran, berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah Lembaga survei. “Pilpres 2024 membuktikan betapa besar efek Jokowi secara nasional, bahkan di kandang banteng termasuk Jateng dan Bali,” kata Adrian, Jumat (16/2).

Karena dukungan Jokowi, Prabowo-Gibran mampu menjebol Provinsi yang dijuluki sebagai ‘kandang banteng’ secara telak. “Pengaruh Gen Z dan Milenial yang memilih Prabowo-Gibran terlihat besar terutama di basis banteng, serta program melanjutkan estafet kebaikan dan nilai-nilai kepemimpinan Pak Jokowi, dinilai pemilih sebagai suatu program berkelanjutan untuk membawa Indonesia Maju,” ujar Adrian.

 

8. Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai, sosok Presiden Jokowi berkontribusi besar terhadap perolehan suara Prabowo-Gibran. Sosok yang merupakan putra sulung Jokowi, mudah diasosiasikan dengan Kepala Negara. “Menurut saya, kontribusi terbesar dari melesatnya angka Prabowo-Gibran berdasarkan hasil quick count sementara ini adalah dari efek Jokowi,” kata Bawono, Jumat (16/2). Ia menyebut, perolehan suara Prabowo-Gibran cukup mengejutkan. Sebab, angkanya melebihi survei berbagai Lembaga.

 

9. Hasil real count sementara Pilpres 2024 yang dilakukan KPU menyatakan pasangan Prabowo-Gibran unggul jauh dari dua rivalnya. Hingga Sabtu (16/2) pukul 04.20 WIB, perolehan suara sementara Prabowo-Gibran mencapai 43.629.124 atau 57,43 persen. Anies-Muhaimin Iskandar meraup 18.760.436 suara atau 24,7 persen. Sedangkan Ganjar-Mahfud MD berada di posisi buncit dengan meraup 13.575.566 suara atau 17,87 persen.

Angka tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU di 522.665 tempat pemungutan suara (TPS) atau 63,49 persen dari total 823.236 TPS. Komisioner KPU Idham Kholik mengatakan data tersebut merupakan hasil penghitungan suara di TPS yang direkam atau didokumentasikan oleh KPPS melalui aplikasi Sirekap.

 

10. TKN Prabowo-Gibran menyatakan, program makan siang gratis akan langsung dijalankan begitu Prabowo-Gibran dilantik. Komandan Tim Komunikasi TKN Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono mengatakan hal itu untuk meluruskan isu yang menarasikan program makan siang gratis Prabowo-Gibran baru terlaksana pada 2029.

“Isu yang menyebutkan program makan siang dan susu gratis baru dijalankan pada 2029 itu tidak benar. Program ini adalah program utama Prabowo-Gibran dan langsung dijalankan setelah Pak Prabowo dan Mas Gibran dilantik sebagai presiden dan wakil presiden,” kata Budisatrio, Jumat (16/2).

 

11. Cawapres Mahfud MD akhirnya buka suara usai sejumlah Lembaga survei umumkan hasil hitung cepat Pilpres 2024. Melalui akun X-nya, @mohmahfudmd, Mahfud menyampaikan, pemilu sudah usai, kini semua pihak tinggal menunggu hasil akhir yang akan diumumkan KPU. Mahfud menyerukan agar semua pihak tidak boleh lelah untuk mencintai Indonesia.

Menurut dia, perjuangan membangun demokrasi dan keadilan harus dilanjutkan, tidak terikat pada masa pemilu saja. “Kita tak boleh lelah mencintai Indonesia. Perjuangan membangun demokrasi dan keadilan harus kita lanjutkan. Memperjuangkan demokrasi dan keadilan tanpa kenal lelah adalah beyond election yang tak dibatasi oleh pemilu yang periodik,” ujar Mahfud, Jumat (16/2).

 

12. Salah satu faktor yang membuat PPP kesulitan meningkatkan perolehan suara pada Pemilu 2024 adalah kondisi kepemimpinan yang lemah, serta situasi internal dan basis pemilih yang kurang solid. Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro mengatakan, perpecahan di internal dan basis suara membuat PPP tak bisa meraih keuntungan electoral karena PPP berada di kubu pasangan Ganjar-Mahfud MD. “Secara elektoral, basis pemilih PPP tak solid mendukung Ganjar-Mahfud, karena sebelumnya sempat ada dinamika internal yang mengarahkan dukungan ke Prabowo Gibran melalui ‘Pejuang PPP’,” kata Agung, Jumat (16/2).

Menurut Agung, perpecahan suara itu sangat mempengaruhi upaya PPP meraup suara pada Pemilu 2024. Bahkan konflik internal di PPP sudah terjadi jauh hari sebelum tahapan Pemilu 2024 dimulai, yakni ketika Suharso Monoarfa mendadak dicopot dari jabatan ketua umum dan digantikan oleh Mardiono. “Artinya kepemimpinan Mardiono sebagai Ketum tak kuat mengkonsolidasikan partai sehingga basis pemilihnya terpecah,” ujar Agung.

 

13. Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menyebut masih ada 514 TPS di wilayahnya yang belum melakukan pencoblosan hingga Jumat (16/2). “Pada tanggal 14 malam masih ada 1.297 TPS yang belum mencoblos tapi kemarin sudah 783 TPS yang melaksanakan PSS [pemungutan suara susulan], sehingga per hari ini tersisa 514 TPS yang belum mencoblos,” kata Mathius dalam keterangan tertulis.

Mathius menerangkan secara total ada 15.213 TPS yang berada di wilayah hukum Polda Papua tersebar di 29 kabupaten/kota. Mathius menyebut ada sejumlah faktor yang menyebabkan ratusan TPS belum melaksanakan proses pemungutan suara. Mulai dari faktor transportasi untuk pengiriman logistik, faktor cuaca, hingga faktor politik terkait penerapan sistem noken.

“Untuk di wilayah Papua Pegunungan dan Papua Tengah itu karena faktor politik sistem noken. Masih tarik ulur suara masyarakat mau diberikan kepada siapa. Sedangkan yang di Paniai itu karena logistik pemilu yang dibakar, sedangkan yang di Mamberamo Raya ada masalah transportasi,” ujarnya. (HPS)