Bamsoet Dukung Polisi Berantas Aksi Kriminalitas dan Premanisme

oleh
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

JAKARTA, REPORTER.ID – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mendukung sikap tegas aparat Kepolisian yang sudah berupaya memberantas aksi kriminalisme dan premanisme tanpa pandang bulu.

“Termasuk menindak oknum-oknum yang memelihara preman guna meminimalisir tindak kejahatan dan menciptakan situasi yang aman, nyaman dan tentram di tengah masyarakat,” ujar Bambang kepada wartawan, Selasa (23/6/2020).

Hal tersebut diutarakan Bamsoet sapaan politisi Golkar itu, menyikapi upaya Satgas Anti-Begal dan Premanisme Polda Metro Jaya yang berhasil menangkap John Kei (JK) beserta kelompoknya melalui kegiatan penggerebekan di Perumahan Titian Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, Minggu (21/6/2020) pukul 23.00 WIB.

Melanjutkan pernyataannya, Bamsoet pun mendorong aparat penegak hukum supaya memberikan sanksi tegas terhadap para pelaku sesuai perundang-undangan yang berlaku, agar dapat memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan. Aparat Kepolisian, kata dia, harus menjalin kemitraan yang baik dan harmonis dengan masyarakat, sehingga setiap ada kejadian yang terjadi dalam masyarakat dapat segera menginformasikan kepada pihak kepolisian.

“Partisipasi masyarakat secara penuh dalam penanggulangan kejahatan dengan tanggap melaporkan apabila terjadi aksi premanisme di lingkungan sekitar sebagai upaya dalam membantu aparat dalam memberantas premanisme,” katanya.

Diketahui, John Kei pernah divonis 12 tahun penjara terkait kasus pembunuhan Direktur PT Sanex Steel Tan Harry Tantono alias Ayung. Kasus tersebut, menjadi salah satu kasus yang membuat nama John Kei melambung di ranah kriminalitas. Ia akhirnya dipenjara, dan sempat berpindah tempat. John Kei berakhir di Nusakambangan, rutan yang dikenal sebagai rutan ‘kelas kakap’.

John Kei pun menghirup udara bebas pada Kamis (26/12/2019). John Kei mendapatkan pembebasan bersyarat berdasarkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: Pas-1502.PK.01.04.06 Tahun 2019 tanggal 23 Desember 2019. ***

Tentang Penulis: hps

Gambar Gravatar
Wartawan senior tinggal di Jakarta. hps@reporter.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *