HUT ke-75, Fraksi PKS Ingin DPR Makin Kuat Memerankan Fungsi Checks and Balances

oleh

JAKARTA, REPORTER.ID – Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengucapkan ‘Selamat Hari Ulang Tahun DPR RI yang ke-75 tahun.

HUT DPR kali ini harus menjadi momentum untuk menghadirkan kebijakan negara yang benar-benar berpihak pada rakyat karena bangsa Indonesia menghadapi pandemi covid 19 yang menggerus perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

“Atas nama pimpinan dan anggota Fraksi PKS DPR RI dan DPRD seluruh Indonesia kami mengucapkan dirgahayu DPR RI yang ke 75. Semoga DPR semakin kokoh dalam memperjuangkan kepentingan rakyat di tengah pandemi covid-19 yang membuat perekonomian dan kesejahteraan rakyat menurun drastis,” tegas Jazuli, Selasa (1/9/2020).

Fraksi PKS, lanjut Jazuli, berharap DPR RI mampu memerankan fungsi kontrol dan penyeimbang ( check and balances) terhadap pemerintah secara kuat dan bermartabat dengan cara mengawal kebijakan pemerintahan dan program-program turunannya agar benar-benar dirasakan rakyat dan sesuai dengan Pancasila dan konstitusi UUD 1945.

Secara khusus kata Jazuli, FPKS memberikan contoh bagaimana seharusnya sikap DPR terhadap RUU yang menjadi perhatian publik secara luas antara lain RUU HIP dan RUU Omnibus Law Cipta Kerja. Sehingga dua RUU ini DPR harus firm secara arif dan bijaksana menangkap aspirasi publik secara luas yang menghendaki agar RUU HIP dicabut dan RUU Omnibus Law Cipta Kerja, publik meminta DPR mengawal secara kritis dan tajam.

“RUU Omnibus Law Cipta Kerja perlu dikritisi agar jangan sampai mengorbankan kepentingan dan kedaulatan nasional atas nama ekonomi dan investasi. Jangan sampai melanggar konstitusi dan jangan sampai mendekonstruksi prinsip-prinsip penyelenggaraan negara yang good governance,” ujarnya.

Karena itu kata Jazuli, DPR RI harus tampil seutuhnya mewakili kepentingan rakyat sehingga harus sensitif terhadap keinginan dan kehendak rakyat dalam konteks kebijakan negara yang strategis dan mempengaruhi hajat hidup rakyat banyak.

“Pada momentum HUT DPR RI ke 75 ini kita semua bertanggung jawab untuk menghadirkan DPR yang kuat dan bermartabat sehingga semakin dipercaya oleh rakyat. Semoga hal itu bisa kita wujudkan bersama,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *