HOT ISU PAGI INI, PERSETERUAN BANTENG VERSUS CELENG KIAN MEMANAS

oleh
oleh

Salah satu isu menarik pagi ini adalah soal perseteruan banteng versus celeng kian memanas. Ketua DPC PDIP Solo Hadi Rudyatmo mengritik Ketua DPD PDIP Jateng Bambang ‘Pacul’ Wuryanto tidak pernah menggunakan logika berfikir. Mantan Wali Kota Solo ini terang-terangan mendukung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo maju sebagai Capres 2024.

Partai Golkar optimistis akan mampu mengusung Ketumnya Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024 karena hanya membutuhkan dukungan satu partai saja. PPP siap mendukung asal Ketumnya, Suharso Monoarfa menjadi pendamping Airlangga.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyatakan, tindakan seorang polisi membanting seorang peserta aksi demo di Kabupaten Tangerang, Banten tidak sesuai dengan prosedur pengamanan demonstrasi. Ramadhan mengatakan, saat ini Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Banten tengah memeriksa polisi berinisial NP dengan pangkat brigadir itu atas dugaan pelanggaran prosedur ketika bertugas.

Presiden Jokowi resmikan terminal multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo, di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (14/10). Jokowi mengaku senang lantaran pengerjaan terminal tersebut terbilang sangat cepat. Jokowi mengatakan, pembangunan terminal multipurpose Wae Kelambu untuk mendukung pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata premium kelas dunia. Berikut isu selengkapnya.

1.Perseteruan banteng versus celeng sepertinya kian memanas. Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo justru senang dicap banteng-celeng karena banteng celeng inilah yang menurutnya berjalan tegak lurus. Ia mengritik Ketua DPD PDIP Jateng Bambang ‘Pacul’ Wuryanto tidak pernah menggunakan logika berfikir. “Saya menanggapi perkataan Mas Bambang Pacul ini menurut saya tidak pernah menggunakan logika berpikir,” ujar Rudy saat ditemui wartawan di kediamannya, Kamis (14/10).

Rudy lalu mengutip petuah lama tentang celeng yang disebut berjalan lurus. “Tapi kalau bagi saya lebih mengambil pada pesan dari orang tua, nek mlaku mbok yo ojo koyo celeng (kalau jalan jangan seperti celeng), itu mlakunya (jalannya) celeng kan lurus, sehingga kalau yang mendeklarasikan itu sebetulnya tegak lurus,” tuturnya.

Rudy yakin para kader yang dinilai mendahului arahan Ketum Megawati Soekarnoputri itu pun bakal kembali ke rahim banteng. Dia berharap banteng vs celeng di internal PDIP tidak lagi menjadi polemik. “Kalau ketum sudah memutuskan A pasti celeng-celeng ikut A. Saya berharap sudahlah tidak perlu mengomentari deklarasi-deklarasi siapapun, karena yang namanya pemilihan presiden tidak hanya PDIP yang memilih, yang memilih rakyat Indonesia yang jumlahnya 250 juta,” pesan mantan Wali Kota Solo itu.

Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo atau FX Rudy secara terang-terangan menegaskan dirinya akan mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. Mantan Wali Kota Solo itu tidak peduli jika apa yang disampaikannya dianggap sebagai deklarasi capres. “Kalau bangsa Indonesia ingin mendapatkan anugerah (ganjaran) ya Ganjar Pranowo, ini dikatakan deklarasi ya monggo yang punya hak untuk memberi sanksi itu DPP,” tegas FX Rudy saat ditemui di rumah pribadinya, Pucangsawit, Solo, Kamis (14/10).

Rudy sangat mendukung kader yang dikatakan sebagai banteng celeng karena telah mendeklarasikan capres. Ia mengajak kader-kader yang sudah dianggap keluar dari barisan banteng agar tidak perlu berkecil hati. “Dan itulah demokrasi, cepat lebih menguntungkan itu singkatan celeng. Ini kalau yang namanya mengenalkan orang tidak dari awal ya kapan kenalnya,” tuturnya.

Menurutnya, deklarasi itu dilakukan tanpa adanya perintah dari Ganjar, melainkan inisiatif masing-masing kader yang juga rakyat Indonesia. Dasar deklarasi itu menurutnya karena kinerja Ganjar selama ini dianggap cukup bagus. ‘’Pak Ganjar sendiri juga tidak minta untuk dideklarasikan, yang mendeklarasikan adalah rakyat Indonesia yang mengetahui kinerjanya. Jadi tidak salah teman-teman mendeklarasikan itu,” ujar Rudy.

Kader senior PDIP, Aria Bima, menilai masalah tersebut (mungkin maksudnya, banteng vs celng, red) tidak perlu dibesar-besarkan. “Itu persoalan yang tidak perlu dibesar-besarkan. Saya kira semua tetap sepakat kembali pada keputusan ketua umum untuk menentukan,” kata Aria Bima saat dijumpai di Solo, Kamis (14/10).

Aria menilai polemik banteng vs celeng merupakan sebuah dinamika menjelang pemilu. Meski begitu, dia mengingatkan agar para kader untuk tidak kebablasan. “Ini hanya dinamika, tetapi tidak perlu kebablasan. Nanti membiaskan tugas partai untuk menangani pandemi COVID-19, apalagi ada ancaman gelombang ketiga,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi VI DPR itu meminta para kader untuk tetap tenang. Dia percaya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bakal menentukan pilihan capres dengan bijak. “Saya sangat yakin Ibu Mega yang putranya Bung Karno ini tahu pasang-surut republik ini. Tahu bagaimana dipimpin Soeharto menjadi presiden, Pak SBY, Gus Dur, Habibie jadi presiden, beliau juga pernah menjadi presiden dan menjadikan kadernya sebagai presiden. Itulah kenapa beliau mendapatkan mandat dari kongres untuk menentukan calon presiden,” tutupnya.

2. Partai Golkar optimistis akan mampu mengusung Ketumnya Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024 karena hanya membutuhkan dukungan satu partai saja. “Partai Golkar hanya butuh satu partai untuk bisa mencalonkan Pak Airlangga dan nanti capresnya dengan siapa, ya tergantung dari proses dinamika dari komunikasi komunikasi politik yang dilakukan dengan partai-partai yang lain,” kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily dalam diskusi di press room DPR, Kamis (14/10).

Ace mengatakan, Golkar membuka koalisi dengan partai politik manapun yang memiliki suara untuk mengusung capres 2024. Menurut dia, Golkar tak hanya berpangku tangan untuk maju di Pilpres 2024. Sekarang ini Golkar tengah bekerja keras untuk meningkatkan popularitas Airlangga. “Tugas utama kami sekarang ini adalah bagaimana meningkatkan popularitas Pak Airlangga, kemudian meningkatkan legibilitas beliau tentu dari situ nanti akan muncul elektabilitasnya,” ujar Ace lagi.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan pihaknya terbuka untuk menduetkan Ketua Umum Suharso Monoarfa dengan sejumlah tokoh, termasuk Airlangga Hartarto. “Bagi PPP berkoalisi dengan Golkar terbuka saja, bahkan kemarin sempat ada wacana Airlangga Hartarto dengan Suharso Monoarfa, Ketum Golkar dengan Ketum PPP. Ya bisa saja, sebab syarat koalisi kursi memenuhi dan syarat konfigurasi nasionalis-Islam sudah terpenuhi dan Jawa luar Jawa sudah terpenuhi, itu salah satu opsi,” ujarnya.

Pihaknya juga terbuka untuk menyandingkan Suharso dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto. “Misalkan ada yang dari Gerindra mau mengajukan Prabowo Subianto dan disandingkan dengan Suharso Monoarfa, ya bisa saja, tetapi sampai hari ini belum terlaksana mengenai poros-poros tersebut,” ucapnya.

3. Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyatakan, tindakan seorang polisi membanting seorang peserta aksi demo di Kabupaten Tangerang, Banten tidak sesuai dengan prosedur pengamanan demonstrasi. Ramadhan mengatakan, saat ini Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Banten tengah memeriksa polisi berinisial NP dengan pangkat brigadir itu atas dugaan pelanggaran prosedur ketika bertugas. “Yang bersangkutan saat itu sedang melaksanakan tugas mengamankan pengamanan giat unjuk rasa. Dalam kegiatan pengamanannya, yang bersangkutan tidak melaksanakan tugas sesuai prosedur,” kata Ramadhan dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (14/10).

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Nasdem Taufik Basari alias Tobas meminta oknum polisi yang membanting peserta demonstrasi di Kabupaten Tangerang, Banten dipidana. Ia berharap, proses pidana tersebut akan berdampak positif bagi profesionalisme Polri.

“Polri harus tindak tegas kekerasan yang dilakukan anggotanya ketika menangani aksi demo mahasiswa di Tangerang. Tidak hanya sanksi disiplin saja tetapi perlu juga diproses pidana,” kata Tobas, Kamis (14/10).

Direktur Riset Setara Institute Halili Hasan mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo  berikan sanksi kepada Kapolres Tangerang atas tindakan salah seorang anggotanya membanting peserta aksi demo di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Rabu (13/10) lalu. Sanksi tersebut harus diberikan sesuai dengan derajat dari kelalaian pimpinan Polres Kabupaten Tangerang. “Selain menindak dan menghukum pelaku kekerasan, Kapolri juga memberikan sanksi kepada Kapolres Kabupaten Tangerang sesuai derajat kelalaiannya,” kata Halili, Kamis (14/10).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta penegakan hukum atas peristiwa polisi yang membanting pedemo di Kabupaten Tangerang, pada Rabu (13/10/2021), tetap dilakukan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri. “Kita serahkan masalah penegakan hukum ini sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (14/10). Dasco meminta jajaran kepolisian di seluruh Indonesia bersikap humanis dan mengacu pada protap dalam menangani aksi unjuk rasa.

Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam menyatakan, tindakan polisi yang membanting mahasiswa peserta aksi demo di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang berpotensi melanggar HAM dan protap internal kepolisian. Anam meminta Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) dan Pengamanan Internal (Paminal) baik dari Polda Banten dan Mabes Polri lakukan pemeriksaan secara profesional, transparan, dan akuntabel terhadap anggota polisi tersebut, agar menimbulkan efek jera bagi anggota polisi lainnya untuk tidak melakukan hal yang sama.

4. Presiden Jokowi resmikan terminal multipurpose Wae Kelambu Pelabuhan Labuan Bajo, di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (14/10). Jokowi mengaku senang lantaran pengerjaan terminal tersebut terbilang sangat cepat. “Saya sangat mengapresiasi dikerjakan secara cepat, di bulan Agustus 2020 dimulai, kemudian hari ini bisa kita selesaikan, alhamdulillah,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, pembangunan terminal multipurpose Wae Kelambu bertujuan untuk memisahkan pelabuhan logistik atau barang dengan pelabuhan penumpang. Langkah ini dilakukan guna mendukung pengembangan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata premium “Kita memang ingin pelabuhan yang lama itu bersih, karena memang di sana adalah wilayah dan daerah wisata, sehingga kita geser ke sini,” ujarnya.

Sebelumnya Kementerian PUPR terus berupaya memaksimalkan potensi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo di Kabupaten Mangarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebab, Labuan bajo dirproyeksikan sebagai destinasi pariwisata peremium kelas dunia yang diharapkan dapat  menjadi daya tarik para pelancong dari berbagai negara. Salah satu destinasi pariwisata yang tengah disiapkan adalah Puncak Waringin yang berjarak sekitar 1 kilometer dari Bandara Komodo.

5. Presiden Jokowi mengatakan, perusahaan negara sebaiknya digabung agar lebih kuat dan memiliki jaringan yang luas. Ia mengingatkan agar jangan sampai ada lagi perusahaan-perusahaan negara yang kecil dan bertebaran. “Jangan sampai perusahaan (perusahaan negara) kecil-kecil bertebaran, sehingga kekuatannya menjadi minim baik dari sisi keuangan, modal. Kalau bergabung seperti ini kekuatannya akan menjadi gede,” ujar Jokowi saat meresmikan penggabungan PT Pelindo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis (14/10).

Jokowi menyampaikan hal itu merujuk kondisi PT Pelindo yang terbagi menjadi empat, yakni Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV. Dia mengungkapkan, sejak tujuh tahun lalu dirinya telah memerintahkan penggabungan keempat perusahaan negara tersebut. Jokowi mengaku telah meminta agar penggabungan dilanjutkan dengan membentuk holding company atau perusahaan induk.

6. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat mendesak pemerintah pusat menuntaskan masalah dampak lingkungan dan sosial proyek kereta cepat Indonesia-China, ketimbang mengurus masalah pendanaan proyek. Direktur Eksekutif Walhi Jabar Meiki W Paendong mencatat ada 23 kasus terkait langsung dengan proyek kereta cepat. Dari jumlah tersebut merupakan kasus perizinan, lingkungan, sosial, hingga kecelakaan kerja. Namun persoalan lingkungan, sosial, dan HAM menjadi aspek yang paling diabaikan.

“Terbukti dengan tidak adanya niat baik penuntasan masalah hingga saat ini. Pemerintah Indonesia hanya fokus pada permasalahan bengkaknya anggaran dan percepatan proyek agar bisa segera beroperasi. Di sisi lain rakyat terdampak proyek yang terancam hidupnya tidak dipedulikan,” ujarnya, melalui keterangan tertulis, Kamis (14/10).

7. Menkes Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten bersedia divaksinasi guna mencegah penyebaran Covid-19. “Kita berharap semua warga Badui dapat menyukseskan program pemerintah,” kata Budi saat meninjau vaksinasi di Kampung Wisata Badui di Kabupaten Lebak, Kamis (14/10). Ia mengatakan, vaksinasi penting untuk mengurangi laju penularan virus Corona.  Selama ini, kata dia, virus maupun bakteri tidak bisa hilang dari bumi. Bahkan, ratusan tahun virus polio hingga saat ini belum hilang.

8. Kemendagri mengungkapkan, realisasi APBD tahun anggaran 2021, hingga 8 Oktober masih sebesar 62,95 persen. “Agregat pendapatan ada di angka 62,95 persen, yang terdiri dari provinsi sebesar 63,81 persen, kabupaten 62,32 persen, dan kota 63,56 persen,” kata Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Mochamad Ardian Noervianto dalam keterangan tertulis, Kamis (14/10). Sementara itu, terkait realisasi belanja yang terjadi di pemerintahan daerah, secara agregat berada pada angka 51,30 persen. Rinciannya, realisasi belanja pada tingkat provinsi sebesar 52,64 persen, kabupaten 50,91 persen, dan kota 49,66 persen.

9. Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Gubernur Papua Barat dan bupati di wilayah prioritas penanganan kemiskinan ekstrem di Papua Barat bekerja keras memastikan seluruh rumah tangga miskin ekstrem di wilayah tersebut mendapatkan seluruh program penanganan. Lima wilayah prioritas penanganan kemiskinan ekstrem di Papua Barat pada 2021 adalah Kabupaten Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Tambrauw, Maybrat, dan Kabupaten Manokwari Selatan. “Saya minta Gubernur Papua Barat dan seluruh Bupati di wilayah prioritas bekerja keras memastikan seluruh rumah tangga miskin ekstrem di wilayah masing-masing mendapatkan seluruh program penanganan,” kata Ma’ruf saat memimpin rapat koordinasi penanganan kemiskinan ekstrem Papua Barat di Papua Barat, Kamis (14/10).

Ma’ruf mengatakan, masyarakat yang tergolong kelompok miskin ekstrem harus dipastikan mendapatkan program bantuan yang disiapkan pemerintah. Yakni program pengurangan beban pengeluaran masyarakat maupun program pemberdayaan masyarakat. “Saya juga minta gubernur dan para bupati agar memperkuat perencanaan dan penganggaran program pengurangan kemiskinan ekstrem dalam APBD masing-masing,” katanya.

10. Ketua DPR Puan Maharani meminta Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu mengirimkan calon-calon terbaik ke DPR. Puan berharap, tim yang diketuai Juri Ardiantoro itu mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk mendaftar menjadi calon penyelenggara pemilu. “Supaya nama-nama calon anggota KPU dan Bawaslu yang dikirim Presiden untuk fit and proper test di DPR nantinya juga yang terbaik, dan pada akhirnya DPR akan memilih yang terbaik dari terbaik, best of the best, untuk menyelenggarakan pemilu,” kata Puan dalam keterangannya, Rabu (13/10).

11. Luhut Binsar Pandjaitan tampaknya menjadi sosok yang sangat dipercaya oleh Presiden Jokowi. Hal itu terlihat dari sejumlah jabatan yang diembankan Jokowi kepada Luhut di era pemerintahannya, baik pada periode pertama maupun kedua. Berikut sederet jabatan dipegang Luhut. Kepala Staf Kepresidenan (2014-2015), Menko Polhukam (2015-2016), Menko Kemaritiman (2016-2019), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ad Interim (2016).

Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri (2018-sekarang), Menko Kemaritiman dan Investasi (2019-sekarang), Menteri Perhubungan Ad Interim (2020), Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim (2020), Wakil Ketua KPC-PEN (2020-sekarang), Koordinator PPKM Jawa-Bali (2021-sekarang), Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Nasional (2021-sekarang), Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (2021-sekarang), Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung (2021-sekarang).

12. Dewan Penasihat Kaukus Indonesia untuk Kebebasan Akademik (KIKA) Herlambang Wiratraman mengkhawatirkan nuansa Orde Baru di dunia riset dan ilmu pengetahuan Indonesia. Kekhawatiran itu menyusul pelantikan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Ini kan cara-cara Orde Baru pada nantinya, cara-cara Orde Baru yang mendekatkan pada proses-proses indoktrinasi. Saya kekhawatirannya di sana. Apalagi dengan hadirnya Megawati arahnya memang sudah ke arah itu,” kata Herlambang, Kamis (14/10).

Herlambang menyoroti pasal 6 Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2021 yang menyebut Pancasila jadi pedoman dalam kebijakan riset dan inovasi. Ia khawatir BRIN hanya akan jadi lembaga indoktrinasi. Ia mengatakan pemerintah bisa saja melarang sejumlah penelitian dengan dalih tak sesuai Pancasila. Ia khawatir hal itu membatasi kebebasan akademik.

13. Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut pengangkatan Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sudah sesuai aturan.
Selain itu, Basarah mengatakan pemerintah juga ingin riset dan inovasi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, sehingga tidak keliru jika Megawati yang diangkat. “Ini artinya Pemerintah ingin agar setiap kegiatan riset dan inovasi itu harus berpedoman pada Pancasila,” kata Basarah, Kamis (14/10).

Basarah menjelaskan, tugas Dewan Pengarah BRIN adalah memberikan arahan dalam perumusan kebijakan dan penelitian di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada Pancasila. Dia bicara demikian mengutip Perpres No. 78 tahun 2021 terutama Pasal 6. Kemudian pada Pasal 7 Ayat (2) dinyatakan, dewan pengarah Brin berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pembinaan ideologi Pancasila.

14. Bareskrim Polri menggerebek tujuh lokasi yang diduga sebagai tempat operasional sindikat pinjaman online atau Pinjol Ilegal di Jakarta dalam dua hari terakhir. Operasi penangkapan dilakukan penyidik sejak Selasa (14/10) di sejumlah apartemen atau pun kantor yang dijadikan untuk perusahaan pinjol tersebut beroperasi. “Iya benar, Bareskrim Polri melakukan penggerebekan dan penangkapan sindikasi Pinjol di 7 wilayah di Jakarta,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus, Brigjen Helmy Santika saat dikonfirmasi, Kamis (14/10).

PT Indo Tekno Nusantara, perusahaan bagian penagihan pinjaman online (pinjol) yang digerebek polisi, Kamis (14/10), memiliki tiga aplikasi (app) legal dan 10 ilegal. Dalam operasi di Ruko Crown Blok C1-7, kawasan Grand Lake, Cipondoh, Kota Tangerang, itu, aparat mengamabkan 32 orang. “Ada 32 yang akan dibawa (Polda Metro Jaya), perannya nanti kita sampaikan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di lokasi.

Sebanyak 86 orang diamankan dalam operasi penggerebekan yang menyasar sebuah kantor perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal di Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY, Kamis (14/10) malam. Kantor pinjol yang digerebek tim siber Ditreskrimsus Polda Jabar bersama jajaran Polda DIY ini berlokasi di sebuah bangunan ruko bercat dominan putih-merah, dan berpagar biru.

15. Sejumlah mantan pegawai KPK menyambut hangat ide Rasamala Aritonang untuk mendirikan Partai Serikat Pembebasan usai  dipecat Firli Bahuri Cs pada 30 September lalu. Mantan penyidik KPK sekaligus Koordinator Indonesia Memanggil (IM57+) Institute, M. Praswad Nugraha, mengungkapkan pihaknya akan senantiasa mengakomodasi aspirasi setiap anggota termasuk rencana mendirikan partai politik.

IM57+ Institute merupakan wadah bagi para pegawai KPK yang dipecat melalui proses asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang sarat dengan masalah. “Ide pembentukan partai politik oleh Rasamala Aritonang, Novariza, Lakso Anindito dan beberapa anggota IM57+ Institute lainnya terus kita matangkan di internal, dialektika akan terus dibangun. Pada prinsipnya kami akan mengakomodasi aspirasi anggota, menyusun program, dan mewujudkannya,” ujar Praswad saat dikonfirmasi, Kamis (14/10). (HPS)

Tentang Penulis: hps

Gambar Gravatar
Wartawan senior tinggal di Jakarta. hps@reporter.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *