Museum Seni Rupa dan Keramik Dikunjungi Lebih 30.000 Orang, Aksesnya Lebih Mudah

oleh
Museum Seni Rupa dan Keramik (PRI)

JAKARTA, REPORTER.ID- Museum Seni Rupa dan Keramik di Kota Tua Jakarta kini aksesnya lebih mudah dan indah, karena dapat langsung berjalan santai dari stasiun KA maupun halte bus TransJakarta di Jakarta Kota.

Selama tahun 2022 hingga akhir Agustus pengunjungnya mencapai 29.797.orang. Dapat dipastikan sampai 11 September 2022 kemarin jumlah itu sudah mencapai 30.000 orang lebih. Kepala Satuan Pelayanan Museum Seni Rupa dan Keramik (MSRK), U’us Ustandi mengakui hal itu saat dihubungi, Senin (12/9/2022).

“Pengunjung per 11 September 2022 kemarin saja mencapai 1.705 orang. Itu terdiri dari wisatawan nusantara 1.059 orang dan wisatawan mancanegara 16 orang,” kata U’us Ustandi.

Menurut U’us, hampir tiap hari ada pengunjung MSRK yang mengikuti workshop gerabah atau keramik. Terutama tiap hari Sabtu dan Minggu peserta workshop mencapai 50 orang/hari.

Hendra Gunawan instruktur workshop keramik di MSRK juga mengakui hal itu. “Tadi ada 70 orang pengunjung museum yang mengikuti yang mengikuti workshop keramik,” kata Hendra Minggu (11/9) sore.

Hendra Gunawan yang sudah lebih 15 tahun bekerja di museum tersebut menambahkan, banyak peserta workshop minta diajari membuat mangkok, guci, piring, cangkir dan vas bunga. “Bahan dari museum. Peserta bayar Rp 40.000,- dan hasilnya dibawa pulang. Di rumah bisa dijemur,” ujar Hendra.

Sebagai instruktur ia ditemani dua teman seprofesi yaitu Yamin dan Syam. Bertiga atau sendiri sendiri mereka sering berhadapan dengan pengunjung museum yang serius maupun yang suka bercanda. “Kok nggak ada iringan lagunya. Itu lho lagu Unchained Melody,” ujar seorang pengunjung berkomentar.

Peserta workshop yang sedang asyik membentuk mangkok tanah liat di meja putar hanya tesenyum saja. Tetapi Hendra tanggap, Unchained Melody tersebut diakuinya cukup digemari banyak orang karena merupakan lagu sound track film Ghost awal tahun 1990-an, yang di dalamnya ada adegan aktris Demi Moore dan aktor Patrick Swayze membuat keramik.

Sebelumnya Kepala Unit Pengelola Museum Seni Jakarta Sri Kusumawati mengungkapkan, selama tahun 2022 sampai akhir Agustus pengunjung MSRK mencapai 29.797 orang. Itu termasuk 790 orang wisatawan mancanegara (wisman).

Diakuinya bulan Agustus lalu pengunjung MSRK meningkat karena aksesnya lebih mudah dan indah melalui Jl Lada setelah selesai direvitalisasi dan beautifikasi yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 26 Agustus yang lalu.

Tercatat pengunjung MSRK bulan Agustus 2022 mencapai 8429 orang, termasuk 270 orang wisatawan mancanegara (Wisman) Padahal bulan Juli 5905 orang termasuk 215 orang wisman dan Juni 4283 orang termasuk 77 wisman. (PRI).