Anis Matta: Pemerintah Harus Jujur Dengan Kondisi Negara Akibat Covid-19

oleh
Ketum DPN Partai Gelora Indonesia, Anis Matta.

JAKARTA, REPORTER.ID – Ketua Umum DPN Partai Gelora Indonesia, Anis Matta mengatakan, Pemerintah seharusnya mengedepankan prinsip transparan terhadap kondisi pandemik virus corona atau Covid-19 yang mengarah pada krisis di sejumlah sektor ini. Dengan transparansi dan kejujuran itu diyakini bakal bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemik Covid-19 ini.

“Dari berbagai krisis yang pernah terjadi di dunia, kita belajar bahwa transparansi dan kejujuran adalah pilar penting untuk bertahan dan bangkit. Khususnya transparansi dan kejujuran pemerintah menyampaikan bagaimana kondisi negara sebenarnya dalam melalui krisis ini,” ujar Anis Matta dalam cuitan akun Twitter pribadinya, Selasa (7/7/2020).

Menurut dia, dalam menghadapi pandemik Covid-19 ini, pemerintah sudah seharusnya menanggalkan citra politik lagi. Pemerintah, sudah sepatutnya menyiapkan skenario terburuk sekalipun untuk menghadapi krisis ini.

“Sebaiknya pemerintah tidak merisaukan soal citra. Karena yang mendesak adalah menyampaikan apa adanya kepada rakyat,” tegasnya.

Skenario terburuk tersebut antara lain, lanjut mantan Wakil Ketua DPR RI itu, mulai dari mitigasi kasus Covid-19 agar tidak melebar terus-menerus hingga masalah fundamental ekonomi.

“Bagaimana sebenarnya kondisi perekonomian kita? Seberapa dalam dampak krisis ini terhadap fundamental ekonomi Indonesia? Bagaimana mengantisipasi melesetnya penerimaan pajak dari target, dan apa mitigasinya?” tanya Anis Matta.

Begitu juga, bagaimana keandalan sistem pelayanan kesehatan dalam menghadapi jumlah pasien positif Covid-19 yang terus meningkat. Dan bagaimana kekuatan perbankan kita menghadapi perlambatan ekonomi yang akan berlangsung lama?.

Oleh karenanya, transparan harus benar-benar diutamakan pemerintah agar masyarakat bisa mengantisipasi dampak dari krisis tersebut.

“Kejujuran dan transparansi pemerintah penting agar rakyat bersiap-siap, menyusun prioritas, dan mengalokasikan sunber daya dengan tepat,” pungkas eks Presiden PKS itu. (Aldo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *