Peter Gontha: UU Ciptaker akan Menegaskan Kembali Kalau Indonesia Bangsa Maju

oleh
Wakil Ketua Dewan Pakar Partai NasDem yang juga Dubes RI untuk Polandia (2014-2018), Peter F Gontha.

JAKARTA, REPORTER.ID – Indonesia yang saat ini berpenduduk 260 juta dalam waktu beberapa dekade penduduknya akan mencapai 300 juta. Besarnya jumlah penduduk dan beragam problem yang dihadapi, bisa dislesaikan jika melakukan riset dan novasi berbagai produk, termasuk produk pangan dan pertanian.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua Dewan Pakar Partai NasDem yang juga Dubes RI untuk Polandia (2014-2018), Peter F Gontha dalam Focus Group Discussion (FGD) sesi terakhir yang digelar Dewan Pakar Partai NasDem di Jakarta, Jumat (23/10/2020) malam.

Menurut Peter Gontha, Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) ini bukan hanya kemudahan berusaha dan investasi saja, dan juga bukan hanya untuk penyederhanakan birokrasi dan perizinan, melainkan melalui UU Ciptaker ini, bangsa Indonesia menegaskan keinginan kita untuk menjadi bangsa yang maju dan besar di masa depan. Caranya, membuat produk-produk teknologi canggih berdasarkan riset yang matang dan inovasi jauh ke depan.

“Kita harus mampu memecahkan masalah hingga 50-80 tahun ke depan. Ini bisa dilakukan jika kita menguatkan riset dan mengembangkan inovasi tiada henti. Jadi, riset dan inovasi merupakan visi masa depan bangsa, jadi memang tidak boleh ragu mengambil tindakan yang di luar kebiasaan,” tandas Peter Gontha sambal memberi contoh berbagai produk yang bisa dibuat Indonesia berbabasis riset dan inovasi tinggi seperti membuat microchip, dan pengembangan teknologi DNA. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *