160 Anggota Satpol PP Jakarta Timur Ikut Amankan Penyambutan PM Malaysia

oleh
Personel Satpol PP Jakarta Timur

JAKARTA, REPORTER.ID- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengerahkan 160 personil Satpol Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur membantu instansi lain dalam pengamanan penyambutan tamu negara PM Malaysia Muhyiddin Yassin Jumat (5/2/2021) nanti. Dijadwalkan rombongan tamu negara tersebut tiba di Jakarta melalui Bandara Halim Perdana Kusuma.
Kepala Satpol PP Jakarta Timur sejak Kamis (4/2/2021) sore kemarin telah mempersiapkannya dengan apel dan meninjau beberaoa lokasi penempatan personilnya di antaranya di Jl Dewi Sartika dan MT Haryono dalam suasana hujan rintik rintik.
“Tentu telah kami laporkan persiapannya kepada Pak Walikota,” kata Kasatpol PP Jakarta Timur Budhy Novian, Jumat (5/2/2021) subuh ketika dihubungi Reporter.
Sejak Kamis (4/2/2021) kemarin Budhy Novian telah menjelaskan sesuai jadwal PM Malaysia, Muhyiddin Yassin, akan mengunjungi Indonesia pada Jum’at (5/21) Menurut rencana, Muhyiddin Yassin bersama rombongan akan tiba di Ibu kota, Jakarta, melalui Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 15.00.
“Namun pengamanan area lintasannya sudah dilakukan mulai pukul 08.00 pagi ini,” kata Budhy.
Pemerintah Kota Adminisyrasi Jakarta Timur juga telah mempersiapkan aparatnya guna pengamanan wilayah yang akan dilalui iring-iringan tamu tersebut.
Ratusan personilnya akan berjaga di sepanjang area lintasan tamu negara. Mulai dari Bandara Halim Perdanakusuma hingga ke Istana Presiden. Rutenya, melintasi Jalan Halim Perdanakusuma, Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, Jalan Sudirman, Jalan MH. Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Utara.
“Khusus untuk wilayah Jakarta Timur, kita siapkan 80 personel. Selebihnya diplotting ke wilayah lain yang menjadi lintasan tamu negara,” ujar Budhy.
Dijelaskannya wilayah Jakarta Timur yang menjadi titik pengamanan adalah Kecamatan Jatinegara, JPO Indomobil, area lampu lalu lintas Cawang Atas dan Cawang Bawah, serta JPO. RS. Otak, jalan layang Cawang dan depan apartemen Cawang.
Tugas pengamanan juga berlanjut, di wilayah Kecamatan Kramat Jati, yang berada di turunan jalan layang Halim Perdanakusuma dan JPO Cawang-Ciliwung. Selanjutnya, di Kecamatan Makasar, lokasi pengamanannya di jalan layang Halim Perdanakusuma sisi kanan dan kiri serta area lampu lalu lintas Cawang lama.
“Pengamanan tamu negara ini dibagi dalam tiga shift, karena harus ikut melakukan penjagaan di area penginapan mereka,” tambahnya.
Khusus di jalur lintasan, menurut Budhy waktunya disesuaikan dengan kondisi di lapangan.(PRI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *