HOT ISU PAGI INI, 20 KAPAL MEWAH HERU HIDAYAT DISITA KEJAGUNG

oleh
oleh

Hot isu yang menjadi sorotan publik pagi ini adalah langkah penyidik Jampidsus Kejagung menyita total 20 kapal mewah milik Heru Hidayat, tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Asabri (Persero). Kejagung juga menyita 566 bidang tanah milik Benny Tjokrosaputro alias Bentjok yang diduga terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Asabri (Persero).

Berita menarik lainnya adalah statemen Sekretaris Kabinet Pramono Anung soal pentingnya kritik dan saran bagi pemerintah. Menurut dia, pemerintah siap menerima kritikan yang sekeras apapun agar pembangunan bisa lebih terarah. Mantan Sekjen  PDIP ini menganalogikan kritik dan saran bagaikan jamu yang menguatkan.

Vonis 10 tahun penjara bagi Pinangki Sirna Malasari terkait kasus suap fatwa MA, masih dianggap belum cukup.  Koordinator MAKI, Boyamin Saiman mengatakan seharusnya hukuman penjara bagi Pinangki 20 tahun, tidak cukup 10 tahun. Karena dia seorang jaksa yang seharusnya menegakkan hukum tetapi justru menemui Djoko Tjandra yang saat itu menjadi buronan untuk menguruskan fatwa Mahkamah Agung (MA). Berikut isu selengkapnya.

1. Penyidik Jampidsus Kejagung menyita total 20 kapal mewah milik tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Asabri (Persero), Heru Hidayat. Direktur Penyidikan pada Jampidsus, Febrie Adriansyah mengatakan, salah satu kapal yang disita merupakan kapal terbesar se-Indonesia.

“Ada 20 kapal disita, kasus Asabri punya HH, kejar ke mana dapat. Kapalnya 1 terbesar di Indonesia, untuk angkut, jenis kapalnya Liquefied Natural Gas, nama kapalnya LNG Aquarius,” kata Febrie kepada wartawan di Kompleks Kejagung, Jakarta, Selasa (9/2).

2. Penyidik Jampidsus Kejagung juga menyita 566 bidang tanah milik Benny Tjokrosaputro alias Bentjok yang diduga terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Asabri (Persero). Direktur Penyidikan pada Jampidsus, Febrie Adriansyah menuturkan, tanah seluas 194 hektar yang terletak di daerah Maja, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten itu disita untuk kepentingan penyidikan.

Febrie menegaskan, aset tanah milik Bentjok yang disita tersebut bukan asset tanah milik Bentjok  yang ditemukan penyidik Kejagung pada kasus korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di mana Bentjok telah divonis hukuman penjara seumur hidup. Pihak Kejagung kini tengah mengejar aset para tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam perusahaan PT ASABRI (Persero) yang diduga dilarikan ke luar negeri.

Dalam kasus korupsi PT Asabri (Persero), setidaknya ada delapan orang tersangka yang dijerat Kejagung. Mereka ialah mantan Direktur Utama PT Asabri Mayor Jenderal (Purn) Adam R. Damiri, Letnan Jenderal (Purn) Sonny Widjaja, Heru Hidayat, dan Benny Tjokrosaputro.

Selain itu mantan Kepala Divisi Investasi Asabri Ilham W. Siregar, Direktur Utama PT Prima Jaringan Lukman Purnomosidi, Direktur Investasi dan Keuangan Asabri Hari Setiono, dan mantan Kepala Divisi Keuangan dan Investasi Asabri Bachtiar Effendi.

Para tersangka diduga bersepakat memainkan harga saham Asabri dan perusahaan-perusahaan swasta yang terlibat. Benny Tjokro, Lukman Purnomosidi dan Heru Hidayat didapuk sebagai pengendali saham milik perusahaan pelat merah itu. Adapun kerugian keuangan negara dalam kasus korupsi PT Asabri ditaksir mencapai Rp23,7 triliun.

3. Sekretaris Kabinet Pramono Anung  menegaskan soal pentingnya kritik dan saran bagi pemerintah. Menurut dia, pemerintah siap menerima kritikan yang sekeras apapun agar  pembangunan bisa lebih terarah. Mantan Sekjen  PDIP ini menganalogikan kritik dan saran bagaikan jamu yang menguatkan.

“Sebagai negara demokrasi, kebebasan pers merupakan tiang utama untuk menjaga demokrasi tetap berlangsung. Bagi pemerintah, kebebasan pers adalah sesuatu yang wajib dijaga dan bagi pemerintah kebebasan pers, kritik, saran, masukan itu seperti jamu, menguatkan pemerintah. Dan kita memerlukan kritik yang terbuka, kritik yang pedas, kritik yang keras karena dengan kritik itulah pemerintah akan membangun lebih terarah dan lebih benar,” kata Pramono saat menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional 2021 seperti ditayangkan akun YouTube Sekretariat Kabinet, Selasa (9/2).

Pramono menegaskan, kebebasan pers harus dijaga bersama. Ia berharap, pers  menjalankan fungsi kontrolnya terhadap pemerintah. “Sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 1999, kebebasan pers harus dijaga bersama karena kita meyakini dengan adanya fungsi kontrol ini maka pemerintah dan juga masyarakat akan semakin baik dalam kehidupannya mengisi ruang-ruang demokrasi,” tegasnya.

4. Presiden Jokowi mengatakan pemerintah terus membuka diri terhadap masukan insan pers. Menurutnya, jasa insan pers bagi kemajuan bangsa sangat besar. Jokowi mengajak insan pers untuk bersama-sama menyuarakan optimism, khususnya dalam penanganan krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi COVID-19. “Mari kita bersama-sama membangun harapan menyuarakan optimisme dan kita ingin berhasil melakukan penanganan krisis kesehatan, dengan penanganan krisis ekonomi dan juga ingin meraih banyak lompatan-lompatan kemajuan,” kata Jokowi dalam pidato pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (9/2).

5. Presiden Jokowi mengatakan insan pers Indonesia saat ini tengah menghadapi masa sulit akibat pandemi COVID-19. Untuk meringankan beban, pemerintah membebaskan pajak penghasilan karyawan bagi para wartawan. Jokowi mengapresiasi peran insan pers yang membantu pemerintah mengedukasi penerapan protokol kesehatan. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Insan pers karena membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dan tepat,” kata Jokowi.

6. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Ia berharap insan pers selalu menjadi garda terdepan dalam merawat demokrasi. Listyo berharap pers membantu Polri dalam memerangi berita bohong atau hoax dan ujaran kebencian. Sebab, hoax dan ujaran kebencian bisa mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Serta membantu Polri dalam menangkal timbulnya hoax dan ujaran kebencian yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga turut membangkitkan semangat kebinekaan yang mendorong produktivitas dan optimisme bangsa,” tuturnya.

7. Vonis 10 tahun penjara bagi Pinangki Sirna Malasari terkait kasus suap fatwa MA, masih dianggap belum cukup.  Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman, mengatakan seharusnya hukuman penjara bagi Pinangki lebih dari 10 tahun meskipun hakim juga merampas mobil BMW X-5 Pinangki yang diduga dari hasil korupsi. “Kalau berdasarkan hukuman 10 tahun ya masih kurang sih. Sebetulnya minimal 12 kalau bisa 20 (tahun penjara),” ujar Koordinator MAKI Boyamin Saiman, Selasa (9/2).

Menurutnya, hukuman Pinangki pantas lebih dari 10 tahun karena dia merupakan seorang jaksa. Namun, Pinangki justru menemui buronan Djoko Tjandra untuk mengurus fatwa Mahkamah Agung (MA). “Pinangki dianggap tidak sedang menjalankan tugas eksekutor tetapi apapun dia jaksa, sembunyi-sembunyi malah menemui buron dan membantu lepas dari eksekusi, seharusnya (vonis penjara) 20 tahun,” katanya.

8. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebut KPK akan mengusut sosok king maker dalam kasus suap pengurusan fatwa MA yang menjerat jaksa Pinangki Sirna Malasari. Ghufron menyebut KPK masih mendalami putusan persidangan kasus jaksa Pinangki. “Kalau ada dugaan-dugaan tindak pidana korupsi lain yang belum diungkapkan, tentu kami sangat terbuka. Tapi tentu kami akan menunggu dari hasil putusan dulu sejauh mana kemungkinan itu,” kata Ghufron kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/2).

9. Kejagung mengatakan pihaknya telah menyelidiki sosok ‘king maker‘ dalam kasus jaksa Pinangki Sirna Malasari. Namun, jaksa Pinangki masih tutup mulut terkait ‘king maker’ itu. “Sebetulnya sudah, tapi kan tergantung sama dia, yang tahu kan dia, dia kan sampai di pengadilan tutup mulut kan,” kata Jampidsus Kejagung, Ali Mukartono kepada wartawan di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Selasa (9/2). Ali menerangkan sosok ‘king maker’ itu sejatinya telah dilaporkan oleh Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) ke KPK beberapa waktu lalu. Ia menyebut, pihak Kejagung menyerahkan sepenuhnya penyelidikan skasus osok ‘king maker’ itu ke KPK.

10. Aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) yang bepergian saat libur panjang Hari Raya Imlek 11-14 Februari bakal diberikan sanksi tegas. Ketentuan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 4 Tahun 2021 guna mencegah penularan virus corona (Covid-19). “Apabila terdapat pegawai aparatur sipil negara yang melanggar hal tersebut, maka yang bersangkutan diberikan hukuman disiplin sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja,” kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dalam surat edaran tersebut.

11. Menko Perekonomian sekaligus Ketua Penanganan Covid–19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menegaskan, pemerintah melarang anggota TNI, Polri serta pegawai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke luar kota menikmati libur panjang Hari Raya Imlek 12-14 Februari. Berlaku pula bagi PNS, serta anggota TNI dan Polri guna menekan laju penularan virus corona. “Pelarangan luar kota khusus bagi ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, pegawai BUMN selama masa liburan panjang atau long weekend yang terkait dengan kegiatan Imlek nanti,” kata Airlangga.

12. PT Bio Farma (Persero) selaku pengembang kandidat vaksin buatan dalam negeri, Merah Putih, mengaku kesulitan merekrut relawan vaksin uji klinis III di tengah program vaksinasi massal yang dijalankan pemerintah. Menurut rencana uji klinis vaksin merah putih mulai dilakukan pada Juni 2021, sementara program vaksinasi pemerintah ditargetkan rampung pada April 2022.

Kondisi ini menyulitkan pencarian kandidat relawan vaksin yang sesuai persyaratan. Salah satunya kandidat relawan yang belum pernah divaksin. “Memang tadi tantangannya, salah satunya adalah nanti dalam uji klinis, dikarenakan relawannya agak sulit karena sebagian besar nanti akan sudah diberikan vaksin ini,” kata Jubir Vaksinasi Bio Farma Bambang Heriyanto, Selasa (9/2).

13. Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Istiono menyebutkan bahwa perbaikan jalan Tol Cipali di KM 122+400, Kabupaten Subang, yang amblas akan memakan waktu sekitar 20 hari. Diketahui, ruas jalan dari Palimanan arah Cikopo itu ambles pada Selasa (9/2) dan menyebabkan jalur tersebut tak bisa dilalui kendaraan. “Target perbaikan itu 20 hari tadi diskusikan dengan BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) dan Binamarga Kementerian PUPR,” kata Istiono kepada wartawan, Selasa (9/2).

14. Provinsi Jawa Timur mengaku dosis atau vial vaksin Covid-19 tahap pertama bagi tenaga kesehatan (nakes) masih kurang dari total kebutuhan. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur Herlin Ferliana mengatakan, pada tahap pertama total nakes yang harus divaksin sebanyak 230.293 orang. Namun vaksin yang diterima baru bisa disuntikkan kepada 185.860 orang.

15. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, penyakit yang diderita Soni Eranata atau Maaher At-Thuwailibi sebelum meninggal dunia sensitif untuk diungkapkan ke publik. Karena itu, Polri tidak membicarakan penyakit Maaher yang wafat di Rutan Bareskrim Polri. “Karena sakit meninggalnya. Saya tidak bisa menyampaikan sakitnya apa karena ini adalah sakit yang sensitif ya. Ini bisa berkaitan dengan nama baik keluarga almarhum,” kata Argo dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (9/2). Argo menegaskan, selama penahanan, Maaher mendapatkan perawatan dari tim dokter. Selain itu, Maaher juga sempat dirawat di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

16. Menkes Budi Gunadi Sadikin menegaskan, perang terhadap Covid-19 harus diawali dengan tujuan yang jelas. Perang tersebut perlu kerja sama dengan semua pihak, termasuk TNI- Polri. “Pandemi Covid-19 adalah perang menghadapi virus SARSCov-2. Itu sebabnya kami di sini bekerja sama dengan Panglima TNI dan Kapolri untuk mengatasi perang ini,’’ ujar Budi usai menghadiri apel gelar kesiapan tenaga vaksinator dan tracer Covid-19 di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (9/2).

Untuk menekan laju penyebaran Covid-19, kata Budi, diperlukan operasi yang memiliki strategi khusus dan kemampuan intelijen dari personel TNI maupun kepolisian. “Strateginya harus memiliki kemampuan intelijen yang kuat untuk melakukan identifikasi di mana dan siapa musuhnya dengan melakukan program testing dan tracing. Intelnya TNI dulu pakai pengamatan fisik dan menyadap handphone, sekarang pakai alat test kit,” ucap dia.


17. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin angkat bicara soal masih adanya tenaga kesehatan (nakes) pusat yang belum menerima insentif pada periode November -i Desember 2020. Menurut dia, insentif untuk nakes pusat justru sudah dibayarkan hingga November 2020. Namun, ia tak memungkiri bahwa insentif nakes untuk bulan Desember 2020, memang belum dibayarkan. “Insentif nakes untuk pusat, itu semua sudah terbayar sampai bulan November, bapak ibu. Mengapa yang bulan Desember belum dibayar, karena penagihannya diajukan satu bulan sesudahnya,” kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Selasa (9/2).

18. Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengerahkan 27.866 Badan Pembina Desa ( Babinsa) untuk melakukan tracing penyebaran Covid-19 di Jawa dan Bali. Hal itu disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memimpin apel kesiapan tenaga vaksinator dan tracer Covid-19 sebagai dukungan terhadap program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) Skala Mikro di Jawa-Bali, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (9/2) pagi.

19. Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengatakan ingin memperkuat kerja sama di bidang pencegahan dan penindakan dengan KPK. Di bidang penindakan, Polri dan KPK sepakat melakukan investigasi bersama atau “join investigasi” kasus-kasus korupsi. “Kami sepakat melakukan sinergi dalam bentuk join investigasi,” kata Sigit saat berkunjung ke Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (9/2).

Penguatan di bidang pencegahan dan penindakan ini salah satunya bertalian dengan kebijakan pemerintah yang melakukan penyesuaian (refocusing) APBN untuk penanganan pandemi Covid-19. Sigit berharap risiko kebocoran anggaran dapat diminimalisasi. “Tentunya ini harus kita jaga agar bisa berjalan dengan baik dan kemudian program tersebut bisa tepat waktu, tepat sasaran, dan tentu kita kurangi risiko-risiko kebocoran yang ada,” ujarnya.


20. Ketua KPK Firli Bahuri memastikan bekerja sama dengan Polri dalam memberantas korupsi. Kepastian itu disampaikan Firli usai menerima kunjungan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo di Gedung KPK, kemarin. “Jadi tidak ada kata lain kecuali KPK dan Polri bekerja sama saling memperkuat pemberantasan korupsi,” ujar Firli.

21. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan, partainya siap dihujat hingga difitinah tetapi akan tetap cinta tanah air dan berjuang untuk kebaikan bangsa dan rakyat. Ia meminta para kader untuk selalu mengobarkan semangat merah putih, semangat Pancasila, semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan semangat persatuan. Jangan mau diadudomba, jangan mau diajak ke arah kebencian.

“Kita siap berkorban, kita siap menahan diri, kita siap dizalimi, kita siap difitinah, kita siap dikhianati, kita siap dihujat, tapi hati kita tetap teguh, cinta Tanah Air dan selalu berjuang untuk kebaikan dan kebesaran bangsa kita dan kepentingan rakyat kita. Ini merupakan, pribadi, jati diri, dan kepribadian Partai Gerindra,” kata Prabowo saat memberi instruksi kepada kader Partai Gerindra pada acara peringatan HUT ke-13 Partai Gerindra, kemarin.


Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto meminta kader Partai Gerindra untuk tetap bersikap rendah hati meski kini partai tersebut bagian dari koalisi pemerintah. Prabowo pun meminta kader-kadernya agar bersikap seperti seorang pendekar, yang berani, setia, dan teguh, tetapi tetap rendah hati. “Semakin diberi kepercayaan, semakin kita rendah hati. Ingat ilmu nenek moyang kita, ilmu pendekar, ilmu padi, semakin berisi semakin menunduk,” kata Prabowo.

Prabowo juga mengingatkan agar Gerindra menjadi partai yang tidak memelihara kebencian dan dendam. Ia mengatakan, seorang pendekar tidak boleh dendam dan benci. “Hilangkan kebencian dari hati kita, isi hati kita dengan semangat, dengan cinta Tanah Air, cinta rakyat. Saudara-saudara sekalian, isi hati kita dengan optimisme kegembiraan, keberanian menghadapi tantangan,” ujarnya.

22. Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, Andiani menjelaskan tanah amblas di tol Cipali KM 122 akibat erosi yang menyebabkan pergerakan tanah di kawasan tersebut. Erosi terjadi akibat pengaruh dari erosi air permukaan (air hujan maupun aliran sungai) di kaki lereng. “Mengingat lokasinya yang berada tidak jauh dari sungai besar. Curah hujan yang tinggi menjadi pemicu terjadinya gerakan tanah,” ujar Andiani dalam keterangan tertulis, Selasa (9/2).

Eks Wasekjen Partai Demokrat Muhmmad Darmizal menilai kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY) sarat dengan pencitraan dan cenderung playing victim. Karena itu ia menilai wajar jika sebagian kader Demokrat gerah dan menggulirkan isu Kongres Luar biasa ( KLB) untuk menggeser AHY dari kursi ketua umum. “Playing victim dan pencitraan berlebihan adalah gaya pengurus baru yang lupa akan sejarah partai,” kata Darmizal, Selasa (9/2). (HPS)

Tentang Penulis: hps

Gambar Gravatar
Wartawan senior tinggal di Jakarta. hps@reporter.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *