Uji Kelayakan Calon Panglima TNI pada 6 November dan 8 November Disetujui di Paripurna

oleh

JAKARTA, REPORTER.ID – Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, mengatakan bahwa proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan digelar pada Sabtu (6/11) mendatang.

Hal itu kata dia, karena komisi DPR RI baru melakukan proses verifikasi dokumen hingga memeriksa Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Andika pada Jumat (5/11) besok.

“Fit and proper test [pada] Sabtu, dan besok sudah mulai, verifikasi dokumen administrasi, LHKPN, dan lain-lain,” kata Bobby kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (4/11).

Dikatakan, hasil uji kelayakan dan kepatutan yang digelar komisi I DPR selanjutnya akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR pada Senin (8/11).

Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menegaskan meski tanggal 8 November 2021 sudah memasuki masa pensiun Jenderal Hadi Tjahjanto sebgai Panglima TNI, namun proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Jenderal Andika Perkasa di DPR bisa satu hari selesai.

“Pada Kamis ini rapat internal dan pada Jumat besok bisa langsung fit and proper tes di Komisi I DPR. Karena calon Panglima TNI nya hanya satu nama Andika Perkasa, satu hari selesai,” kata Ketua Harian DPP Gerindra itu pada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta.

Lebih lanjut Dasco mengatakan kecuali kalau calonnya lebih dari satu nama, maka prosesnya bisa lebih dari satu hari. “Jadi, satu hari Kamis besok Jenderal Andika Perkasa sudah bisa selesai. Semoga lancar,” jelasnya.

Sementara itu kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid, rapat internal Komisi I DPR yang dihadiri seluruh fraksi pada Kamis inj memutuskan; Verifikasi kelengkapan dokumen calon Panglima TNI dilakukan Jumat, 5 November pukul 11.00 oleh Pimpinan Komisi dan Kapoksi.

Dilanjutkan dengan Penelitian Administrasi Calon Panglima TNI, yang terdiri dari:

  1. Bukti Penyerahan Laporan Kekayaan Penyelenggara Negara ke KPK
  2. NPWP
  3. SPT Pajak tahun terakhir
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Surat Keterangan Berbadan Sehat

Selanjutnya RDPU dengan calon Panglima TNI pada Sabtu, 6 November pukul 10.00. Sifat terbuka untuk visi misi, kecuali untuk hal hal strategis dengan kehadiran fisik.

Dilanjutkan rapat internal komisi 1 untuk pemberian persetujuan, pada Sabtu 6 November pukul 13.00.

Kemidian diserahkan kembali kepada Pimpinan DPR direncanakan dapat diparipurnakan Senin tanggal 8 November.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *