Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Psikologi Ini Kunjungi RS Jiwa Islam

oleh

JAKARTA, REPORTER.ID – Mahasiswa Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI tahun ajaran 2021-2022, kembali melakukan kegiatan sosial yang dilakukan di Rumah Sakit (RS) Jiwa Islam Klender, Jakarta.

Kegiatan dilakukan dalam rangka pengabdian masyarakat dan pembelajaran untuk mata kuliah Psikologi Klinis dengan dosen pengajar, Dr. Rilla Sovitriana, M.Si, Psikolog.

Kunjungan pertama dilakukan pada tanggal 06 – 07 Desember 2021 di Rumah Sakit Jiwa Islam Klender, Jakarta. Rumah Sakit Jiwa Islam Klender Jakarta berdiri pada tahun 1987 dan sudah terakreditasi 5 jenis pelayanan pada tahun 2012.

“Untuk fasilitas yang ada di Rumah Sakit Jiwa Islam Klender Jakarta meliputi UGD Psikiatri, Rawat Jalan, Terapi Unggulan, Rawat Inap dan Rehabilitasi Psikososial,” kata Rilla Sovitriana, kepada wartawan, Selasa (25/1/2022).

Sebagai informasi, kegiatan kunjungan ini diikuti sebanyak 65 mahasiswa, dan diberlakukannya dua sesi waktu dalam satu hari yaitu pukul 09.00 – 12.00 dan pukul 13.00 – 15.00 WIB.

“Hal tersebut dikarenakan untuk mengikuti protokol kesehatan dalam mencegah
penyebaran virus Covid-19 yang belum usai. Kegiatan yang dilakukan adalah pengenalan rumah sakit, pengenalan terhadap pasien rawat inap atau pasien rehabilitasi, melakukan observasiserta dilakukannya wawancara secara berkelompok,” tutur Rilla.

Saat dilakukan wawancara terhadap pasien Rehabilitasi Psikososial, kata dia, banyak kegiatan yang dilakukan. “Salah satu contohnya adalah
kerajinan tangan, berdiskusi, olahraga, dan lainnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.