Bu Ramih Menangis Terima Kembali Rumahnya dari Walikota Jakarta Timur

oleh
Walikota Jakarta Timur M Anwar

JAKARTA, REPORTER.ID- Ramih (52) janda dengan lima anak di Jl.Pulau Harapan IX no.134 RT 07/06 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, terlihat bahagia. Sebab hari itu Jumat (16/10/2020) ia menerima kembali rumahnya sudah bagus setelah direnovasi Baznas Bazis Jakarta Timur. Apalagi yang menyerahkan kembali kepadanya adalah Walikota Jakarta Timur M Anwar. Barang tentu hadir pula Koordinator Baznas Bazis Kota Jakarta Timur Aminudin, Camat Cipayung Fajar Eko Satrio dan Lurah Cilangkap Nasir Sugiar.

Namun setelah pengguntingan pita dan rombongan pejabat masuk rumah tersebut tiba tiba suasana berubah mengharukan. Pasalnya

Bu Ramih menangis ketika ditanya Walikota. Sementara Sang Pamong inipun terlhat berlinang air mata dan suaranya berubah mendengar jawaban si pemilik rumah.

Bu Ramih menjelaskan selama ini ia membesarkan 5 anaknya yang yatim itu dengan berjualan klontong di rumah. Kini anak pertamanya sudah berkeluarga. Anak kedua sekolahnya sudah selesai tapi belum bekerja, jadi tinggal 3 anaknya lagi yang harus dia biayai sekolahnya.

“Namun Pak Wali akhirnya tampak senang dapat ikut membahagiakan anak anak yatim,” ujar Aminudin Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur usai acara tersebut Jumat (16/10/2020) malam.

Walikota M Anwar pada kesempatan itu juga menyerahkan kembali rumah Nurhasanah (43) di RT 04/03 Cilangkap.

Pada kesempatan itu Walikota Anwar menilai rumah hasil bedah kali ini sudah layak untuk ditempati. Dia berharap agar warga Jakarta Timur mempercayakan Baznas Bazis Kota Jakarta Timur untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya. Walikota Amwar mengharapkan agar warga Jakarta Timur tetap solid membantu sesama di masa pandemi COVID-19 saat ini. Ditegaskan agar pemberian bantuan tersebut benar benar kepads orang susah yang membutuhkannya.

“Jangan karena saudara atau teman terus dibantu. Saya sudah koordinasikan ini kepada para Camat dan Lurah,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Kota Jakarta Timur, Aminudin melaporkan bantuan bedah rumah ini dimaksudkan untuk mengurangi titik-titik kumuh di permukiman Jakarta Timur.

Untuk tahun 2020 mendapatkan kuota bantuan bedah rumah ini sebanyak 150 rumah. Namun hingga saat ini Baznas Bazis Jakarta Timur sudah menyalurkan bantuan bedah rumah untuk 143. Dari jumlah itu 116 rumah selesai dibangun dan 27 rumah sisanya sedang proses dibangun dan verifikasi. Dananya dari hasil pengumpulan ZIS tahun 2019 sebanyak Rp 16,16 Miliar. Sedangkan tahun 2020 ini terkumpul ZIS sebanyak Rp 19, 2 Miliar termasuk dari Kelurahan Cilangkap Rp 37,9 Juta. Hasil ZIS se Jakarta Timur tersebut 80% dari para ASN setempat termasuk Walikota, para camat dan lurah. Sedang 20% lagi dari CSR perusahan, pengusaha dan dermawan dari masyarakat Jakarta Timur sebagai muzaki.(pri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *