Isu Aktual Pagi Ini…

oleh

ISU AKTUAL yang berkembang pada pagi hari ini :

1. Polisi amankan 28 tombak, 24 senjata tajam, 2 buah ketapel panah, 4 buah anak panah, 2 stik bisbol, 17 HP, dan 1 buah dekorde hikvision saat menggerebek Markas John Kei di Bekasi. John Kei yang baru saja mendapatkan pembebasab bersyarat ikut diamankan karena diduga terkait kasus penembakan di Green Lake City.

Polisi Amankan 25 Orang di Markas John Kei Soal Penembakan di Green Lake City, Polisi bilang Pembacokan di Duri Kosambi dan Penembakan di Green Lake Satu Rangkaian. Terduga Pelaku Penembakan di Tangerang Sempat Tabrak Gerbang Perumahan. Semua barang bukti yang ditemukan langsung dibawa ke Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan lanjutan.

2. Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menilai terdakwa kasus penyiraman air keras, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis seharusnya dijerat Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Dua terdakwa kasus penyiraman air keras ke Novel itu dituntut melanggar Pasal 353 Ayat (2) KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP tentang penganiayaan yang direncanakan terlebih dahulu.

“Pasal yang diterapkan harusnya pembunuhan berencana dan Pasal 355 ayat (1) juncto 356 karena saya sebagai aparatur yang menjalankan tugas saat diserang,” kata Novel, kemarin.

3. Tim Advokasi Novel Baswedan menyoroti enam kejanggalan persidangan kasus penyiraman air keras ke Novel Baswedan. Tim menilai, persidangan yang berjalan selama ini hanya formalitas belaka.

“Sidang ini formalitas, maka kita bilang ini sidangnya sandiwara dan keliru. Ada beberapa kejanggalan persidangan,” ujar Koordinator Tim Advokasi Novel, Arif Maulana, dalam diskusi, Minggu (21/6).

4. Kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan perlu diselidiki ulang. Menurutnya, proses penyelidikan harus dikembalikan ke Tim Pencari Fakta (TPF) independen, bukan kepolisian.

“Kalau melihat keraguan jaksa, memang sebaiknya ini dibatalkan dan dimulai dari awal sehingga proses penyelidikan lebih efektif, terbuka, dan imparsial,” ujar Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, kemarin.

5. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, mucikari berinisial A telah menjual 10 anak di bawah umur kepada Russ Medlin. Kendati begitu, kepolisian masih menyelidiki lebih lanjut mengenai kemungkinan ada korban lainnya, karena, A mengaku setiap minggu selalu menyuplai 2 hingga 3 anak di bawah umur kepada Medlin. “Ini masih terus kita dalami,” tuturnya.

Yusri juga menyatakan bahwa selama Februari 2020 saja A telah mengantongi kurang lebih Rp 20 juta dari Medlin atas jasanya menyediakan anak di bawah umur.

6. Wakapolres Karanganyar Kompol Busroni bersama sopirnya, Bripda Arief Ariyoino yang mau melakukan susur gunung di jalur pendakian Gunung Lawu, Karanganyar, Jateng diserang orang tak dikenal pada Minggu (21/6) sekitar pukul 10.20 WIB. Penyerangan dilakukan dengan menggunakan pisau.

Penyerangnya ditembak di kakinya dan tewas karena kehabisan darah, sementara meskipun bisa ditangkis serangan menggunakan tongkat pendaki, tangan kiri Busroni terkena sabetan pisau. Sedangkan sopirnya, Bripda Arif Ariyono yang berupaya membantu Busroni ikut terluka sabetan senjata tajam di leher kanan dan punggungnya. Selain itu, ada seorang relawan yang terluka juga dalam kejadian itu.

7. Kompol Busroni bercerita, dirinya diserang saat sedang memindahkan barang bawaannya. “Tadi saya duduk di kursi, memindahkan barang dari tas carrier ke tas kecil. Tiba-tiba ada yang menyerang,” ujar Busroni, Minggu (21/6). Ia menuturkan, peristiwa itu terjadi saat kegiatan susur gunung belum dimulai. Pelaku langsung menyerangnya dan sopirnya yang sedang berada di dekat musala.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mengungkapkan, pelaku langsung ditembak tiga kali di kakinya. Sempat dibawa ke Puskesmas, tetapi pelaku yang belum diketahui identitasnya meninggal karena kehabisan darah. Wakapolres Karanganyar Dikejar dan Diserang Pelaku dengan sabit, polisi menyita celurit, pisau dan Foto pelaku penyerangan.

8. Tim Inafis dan densus 88 melakukan tes DNA terhadap Umiati (70) yang diduga sebagai orang tua pelaku penyerangan Wakapolres Karanganyar dan sopirnya. Tes DNA dilakukan untuk memastikan identitas pelaku penyerangan.

9. Nenek Umiati tinggal di Perumnas Mojopurno, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Hal ini diakui Rohman (42), anak dari Umiati. Rohman mengaku mendapat kabar dari polisi bahwa pria yang menyerang Wakapolres Karanganyar dan sopirnya diduga adalah saudaranya. Pria tersebut telah tewas kehabisan darah setelah ditembak.

10. Menteri LHK Siti Nurbaya menggelar diskusi virtual atau ngobrol bareng dengan para pelajar, mahasiswa, dan aktivis peduli lingkungan hidup dan kehutanan pada Minggu (21/6) kemarin. Ngobrol bareng untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang jatuh pada 5 Juni itu berjalan asyik, hangat, dan segar.

Para peserta yang kebanyakan pelajar SD dan SMP itu mampu menyampaikan gagasan-gagasan segar dan penuh harapan untuk Indonesia ke depan. Mereka menyampaikan ide-idenya secara bebas dan bersemangat sehingga membuat kagum siapapun yang mendengarnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya pun mengapresiasi kiprah mereka. “Ini mengingatkan kita semua bahwa kerja anak-anak bersama Kementerian LHK sangat penting dan dibutuhkan oleh negara ini. Anak-anak adalah pahlawan cilik untuk menjaga Indonesia ke depan dan itu sudah dibuktikan,” ujarnya.

11. Ulang tahun ke-59 Presiden Jokowi yang jatuh pada Minggu (21/6) jadi trending topik di medsos, sejumlah menteri, kepala daerah, politisi, dan selebritis mengucapkan selamat. Di antaranya, Menhan Prabowo Subianto, Menkeu Sri Mulyani, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Inul Darasista.

“Barakallah Fii Umrik Bapak Presiden @jokowi, Semoga selalu diberikan berkah, kebahagiaan, kesehatan, kemuliaan dalam memimpin dan mempersatukan Bangsa Indonesia. Selamat hari ulang tahun yang ke 59 kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo,” kata Menhan Prabowo melalui akun Instagramnya. Sementara Jokowi sendiri mengaku tidak pernah merayakan hari ulang tahunnya.

12. Penyidik KPK Novel Baswedan juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-59 kepada Presiden Jokowi dan berharap kepala negara tetap berpihak pada penegakan hukum. “Selamat ulang tahun Pak Presiden Jokowi. Semoga bapak tetap ingat dan peduli dengan masalah kemanusiaan dan penegakan hukum yang sangat perlu sikap keberpihakan bapak,” kata Novel Baswedan, Minggu (21/6).

13. Presiden Jokowi batal mengajukan banding atas putusan PTUN Jakarta yang memvonis pemerintah melanggar hukum atas pelambatan internet di Papua pada Agustus 2019. Alasannya, pemerintah sudah menghentikan tindakan melawan hukum yang diputus oleh PTUN Jakarta.

“Iya, permohonan banding yang sebelumnya ditarik,” kata Staf Khusus Presiden bidang Hukum Dini Purwono, Minggu (21/6). Dini menjelaskan tidak ada lagi substansi yang harus diperdebatkan, pemerintah saat ini fokus menangani pandemi virus corona.

14. Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrianto meminta Pemprov DKI mengevaluasi gelaran car free day (CFD) yang kembali diberlakukan lagi Minggu (21/6), karena pesertanya tidak lakukan physical distancing atau menjaga jarak.

“NasDem meminta Pemprov DKI segera melakukan evaluasi dan penyempurnaan dan pengetatan agar CFD berikutnya bisa aman dan sehat untuk warga DKI,” kata Wibi, kemarin.

15. Ketua PWI Atal S. Depari mengatakan pandemi virus Corona berdampak pada para jurnalis, kini mereka tengah berada dalam tekanan akibat dampak tersebut. Banyak media mengalami krisis luar biasa, bahkan ada yang terpaksa gulung tikar.

“Tak sedikit yang mengeluh. Beberapa media yang kecil sudah berguguran. Dampak COVID bukan hanya ke masyarakat tapi jurnalisme. Tapi seberapa besar bentuk tekanan tersebut, belum diketahui,” kata Atal S Depari dalam webinar bertajuk “Diseminasi Informasi di Era Pandemi Covid-19”, Minggu (21/6).

16. Kasus positif di Indonesia bertambah 862 orang per 21 Juni 2020. Total kasus positif menjadi 45.891, pasien sembuh 18.404 orang, dan 2.465 orang meninggal.

Jumlah pasien terinfeksi Covid-19 di seluruh dunia nyaris tembus 9 juta jiwa pada Minggu (21/6) menurut sistem penghitungan Worldometer. Jumlah pasien sembuh mencapai 4.743.813 orang dan yang meninggal 466.893 orang.

17. Fenomena gerhana matahari cincin api atau ring of fire akan terjadi hari ini, Senin, 22/6). Sejumlah negara di sepanjang jalur sempit bumi dari Afrika barat ke Semenanjung Arab, India dan China dapat menyaksikan fenomena itu.

Gerhana annular itu terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris. Fenomena itu membuat cahaya matahari terhalang oleh bulan, sehingga sinar matahari tidak bisa sepenuhnya sampai ke bumi. Akibatnya, pada saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

18. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) meminta warga tak terlalu lama menatap fenomena alam gerhana matahari cincin yang terjadi pada hari ini. Warga yang ingin melihat gerhana matahari diingatkan untuk menggunakan peredup.

“Ya sama seperti kita melihat matahari itu kan silau sekali. Jadi harus berhati-hati, tidak boleh terlalu lama dan mestinya harus menggunakan peredup cahaya, dan itu pun tidak boleh lama-lama juga,” kata Kepala Lapan, Prof Thomas Djamaluddin, sembari menambahkan, ‘’Gerhana matahari yang melintas di Indonesia tak penuh atau sebagian. Wilayah yang dapat melihat gerhana matahari paling tinggi adalah Papua dan Maluku Utara.’’

19. Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto mengatakan, Gunung Merapi erupsi 15 kali sejak 2019 hingga 2020. Kali ini sebaran abunya di wilayah Kabupaten Magelang meluas. Tidak hanya terjadi di Kecamatan Srumbung dan Dukun, kini menyebar ke enam kecamatan lainnya.

Kongkretnya, delapan kecamatan di Kabupaten Magelang yang diguyur abu erupsi Gunung terletak di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah ini yakni Kecamatan Srumbung, Dukun, Sawangan, Salam, Muntilan, Ngluwar, Mungkid dan Borobudur. Hujan abu Merapi mengguyur 45 desa di delapan kecamatan tersebut. Getarannya pun sampai hingga ke Panggul, Trenggalek.

20. Ketua MPR Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa pandemi COVID-19 bukan hanya menciptakan krisis kesehatan, ekonomi, sosial, dan politik, namun juga menyebabkan krisis globalisasi akibat hantaman keras terhadap liberalisasi dan kapitalisme.

Hal ini bisa menjadi peluang bagi negara dengan kekayaan sumber daya alam melimpah seperti Indonesia, untuk menegakkan kedaulatannya di bidang ekonomi melalui Sistem Ekonomi Pancasila.

“Inilah waktunya Indonesia kembali kepada sistem ekonomi Pancasila warisan founding fathers dari mulai Soekarno – Hatta, yang kemudian dilanjutkan para ekonom seperti Emil Salim, Mubyarto, Dawam Rahardjo, hingga kini Didin S Damanhuri dan Erani Yustika. Sebagai sebuah sistem ekonomi yang khas dan genuine, Ekonomi Pancasila dijabarkan dalam Pasal 33 UUD NRI 1945 sebagai perwujudan dari sila kelima Pancasila yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ujar Bamsoet, kemarin.

21. Ketua MPR Bambang Soesatyo menuturkan dampak pandemi COVID-19 telah menyebabkan banyak sektor perekonomian terpukul, termasuk kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai kelompok usaha yang paling banyak jumlahnya. Saat ini Indonesia punya 58 juta pelaku bisnis UMKM, atau 98% dari total unit usaha yang ada.

“Untuk bisa bertahan hidup, UMKM membutuhkan kehadiran dan dukungan pemerintah melalui stimulus kebijakan perekonomian yang berpihak pada mereka. Di tengah lompatan kemajuan zaman, maka perlu uluran tangan pemerintah dalam mewujudkan literasi teknologi bagi pelaku UMKM.
Misalnya di masa pandemi, di mana interaksi penjual dan pembeli dibatasi secara fisik, diperlukan pemanfaatan teknologi yang bisa menjadi solusi,” ujarnya dalam bincang-bincang santai bersama Aa Gym di Bogor, kemarin.

22. Badan Siber dan Sandi Negara ( BSSN) mengklaim tidak ada pembobolan yang mengakibatkan data penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air bocor. Hal itu disampaikan Juru Bicara BSSN Anton Setiyawan terkait informasi penjualan data pasien Covid-19 di situs yang digunakan para hacker.

“BSSN telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas terkait untuk memastikan bahwa tidak ada akses tidak sah yang berakibat kebocoran data pada sistem elektronik dan aset informasi aktif penanganan pandemi Covid-19,” tutur Anton.

23. Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afifuddin mengatakan, politik uang dan netralitas aparatur sipil negara (ASN) masuk dalam indeks kerawanan dalam Pilkada 2020. Hal itu disampaikan Afif dalam diskusi virtual bertajuk ‘Mengapa Kita Butuh Kepala Daerah’, kemarin.

“Saya mau konfirmasi indeks kerawanan kita untuk pilkada besok, ini yang paling dikhawatirkan dan kita ambil dari semua data daerah yang pilkada itu soal politik uang dan netralitas ASN,” kata Afif. Afif mengungkapkan, pihaknya sudah mengumpulkan berbagai data dari daerah terkait pelaksanaan Pilkada 2020.

24. Ketua Fraksi Nasdem DPR, Ahmad Ali menolak pembahasan RUU Omnibuslaw Cluster Ketenagakerjaan dan menolak pembahasan RUU HIP menjadi UU dan akan berupaya dengan maksimal untuk mendrop RUU HIP dari Prolegnas DPR.

Penolakan itu disampaikan usai menerima DPP Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (DPP PPMI) Periode 2017 – 2022 hasil Muktamar V di Jakarta yang dipimpin Presiden PPMI Daeng Wahidin didampingi Dewan Pertimbangan Nasional PPMI Fahri Timur, bersama Perwakilan DPW PPMI Jawa Barat DK. Arief Kusnadi, belum lama ini.

25. Menteri BUMN, Erick Thohir diprediksi berpeluang maju dalam Pilpres 2024. Hal itu diungkap Direktur Lembaga Indopolling, Wempy Hadir. Erick berpeluang maju sebagai capres melalui poros ketiga.

Dalam poros ketiga menurut Hadir, calonnya ada beberapa, antara lain Ketum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Ketua DPP Golkar merangkap Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, serta Menteri BUMN, Erick Thohir.

Terima kasih

Tentang Penulis: hps

Gambar Gravatar
Wartawan senior tinggal di Jakarta. hps@reporter.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.