Mobil RI 2 Isi Bahan Bakar di Pinggir Jalan

oleh
Mobil dinas Wapres diisi bensin dipinggir jalan.

JAKARTA, REPORTER.ID – Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Mohamad Oemar buka suara perihal rekaman video mobil VVIP berpelat nomor RI 2, yang sedang mengisi bahan bakar dari jerigen di pinggir jalan. Menurut dia, rekaman peristiwa itu terjadi saat Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin tengah melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, pada 8 Juli 2020 lalu.

Adapun kendaraan dinas yang dikenakannya dalam video adalah Mercedes-Benz S-600 Guard yang beberapa waktu lalu resmi dipindahtangankan kepada dirinya usai pelantikan.

“Pengisian BBM dari jeriken dilakukan karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak (BBM) sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM,” kata Oemar dalam keterangannya, kemarin.

Dijelaskan Oemar, dalam setiap rangkaian VVIP rombongan Waki Presiden, selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Makanya, saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, kendaraan bisa menggunakannya. Tidak ada informasi spesifik mengenai lokasi tempat pengisian.

“Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan tersebut,” ujarnya sembari menambahkan bahwa mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi.

Sementara itu, Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Rusmin Nuryadin menjelaskan, Wapres Ma’ruf Amin tidak berada dalam mobil VVIP berpelat nomor RI 2, saat kendaraan tersebut viral karena mengisi bensin di pinggir jalan menggunakan jeriken.

Menurut Rusmin, mobil dalam video yang menjadi viral merupakan mobil VVIP RI 2 berjenis Mercedes S 600 A atau Guard. “Sementara Pak Wapres berada di mobil Alphard G Series saat kejadian berlangsung. Jadi Pak Wapres tidak berada di mobil itu, beliau naik mobil yang berbeda,” ujar Rusmin, Sabtu (11/7/2020).

Seperti diberitakan, rekaman video yang menunjukkan Mercedes-Benz hitam berpelat merah dengan tulisan Indonesia 2, dan Bendera Merah Putih yang sedang diisi bahan bakar melalui jeriken di pinggir jalan menjadi viral.

Berdasarkan pantauan, Sabtu (11/7/2029), mobil tersebut berpelat “Indonesia 2” yang menunjukkan kendaraan dinas Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Adapun model kendaraannya ialah Mercy S-600 Guard.
Dari kerangan resmi pihak Sekretariat Wakil Presiden, hal itu dilakukan karena di wilayah tersebut tidak ada SPBU, sehingga harus diisi BBM menggunakan jeriken yang dibawa khusus oleh Paspampres.

Rekaman peristiwa yang beredar tersebut terjadi saat Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020 lalu. Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi adalah mobil VVIP cadangan dalam rangkaian resmi.
Dalam setiap rangkaian VVIP selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi. Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan.

Namun bagi pemilik kendaraan serupa ada baiknya untuk kembali memahami pentingnya antisipasi mobil mogok karena habisnya BBM. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *