Beri Bintang Jasa Kepada Fahri dan Fadli, Presiden Jokowi: Inilah Demokrasi

oleh
Fahri Hamzah dapat bintang jasa dari Presiden Jokowi.

JAKARTA, REPORTER.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bintang tanda jasa kepada dua politisi yang kerap mengritik pemerintahannya. Kedua politisi ini adalah Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Kedua tokoh itu menerima penghargaan berupa Bintang Mahaputra Nararya.

Pemberian tanda kehormatan kepada kedua mantan wakil ketua DPR RI ini, bersama dengan pemberian kepada sejumlah tokoh lainnya oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Tanda kehormatan untuk mereka berdua diwakili mantan Wakil Ketua MPR Mahyudin. Fahri Hamzah yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPN Partai Gelora Indonesia dan politis Partai Gerindra, Fadli Zon resmi menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputra Nararya.

Dalam saambutanya Presiden Jokowi menyatakan, pengharagaan diberikan pada tokoh yang berjasa pada bangsa dan negara, termasuk Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Menurut Jokowi meski keduanya selama ini berlawanan secara politik dengannya, namun bukan berarti bermusuhan.

“Ini namanya negara demokrasi. Saya berkawan baik dengan Pak Fahri Hamzah, berkawan baik dengan Pak Fadli Zon,” kata Kepala Negara.

Fahri dan Fadli menerima Bintang Mahaputra Nararya atau bintang penghargaan sipil tertinggi pada orang yang dianggap berjasa karena menjabat wakil ketua DPR 2014-2019.

Selain Fahri dan Fadli, tokoh lain yang menerima tanda kehormatan antara lain, mantan Kepala Pelaksana Harian BNN, Komjen Achwilutan mewakili satu orang lainnya menerima Tanda Jasa Medali Kepeloporan, mantan Ketua DPD Oesman Sapta Odang atau OSO mendapat Bintang Mahaputra Utama, mantan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali mendapat Bintang Mahaputra Utama.

Kemudian Mantan Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie mendapat Bintang Penegak Demokrasi Utama, Ketua Ombudsman Amzulian Rifai mewakili delapan orang lainnya mendapat Bintang Tanda Utama.

Tanda kehormatan juga diberikan kepada tenaga medis yang meninggal dunia setelah berjuang melawan virus corona. Mereka antara lain almarhum dr. Bartholomeus Bayu Satrio yang mewakili sembilan orang lainnya dianugerahi tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama serta mantan Kepala Departemen Perawat RS Marinir Cilandak almarhum Letkol Laut (Purn) Mulatsih Widji Astuti yang mewakili mewakili 21 orang lainnya mendapat Bintang Jasa Nararya.

Pemberian penghargaan ini sempat menuai polemik lantaran ‘Duo F’ itu selama ini cukup keras mengkritik Jokowi. Selain itu, pemberian penghargaan kepada keduanya juga dinilai tak memiliki indikator atau penilaian yang jelas. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *