Lawan Covid 19 Walikota Jakarta Timur Berikan Bantuan kepada 85 Orang Veteran

oleh
Walikota menyerahkan bantuan kepada Veteran melalui Baznas Bazis Jakarta Timur.

JAKARTA, REPORTER.ID – Upacara bendera peringatan HUT Ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dilaksanakan di halaman kantor Walikota tersebut Senin (17/8/2020), yang dipimpin Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar.

Upacara tersebut diikuti terbatas para pejabat Eselon II dan III serta Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Timur, mengingat masih pandemi Covid-19. Namun Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya mengikuti dari rumah secara virtual demi mentaati physical distancing.

Walikota Anwar mengatakan sebagai anak bangsa semua pihak wajib mensyukuri kemerdekaan yang telah diraih bangsa ini, dengan penuh perjuangan dan tumpah darah dari para pejuang.
“Kita telah bebas dari penjajahan, tapi kita masih terjajah pandemi Covid 19. Karena itu kita harus bersama-sama berjuang membebaskan diri dari pandemi tersebut. Caranya dengan melaksanakan 3M,” tandas Anwar.

 

Upacara 17 Agustus di Jakarta Timur tanpa kehadiran veteran,

Tiga M tersebut meliputi memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.
Diharapkan kepada warga Jakarta Timur tetap bersemangat merayakan ulang tahun kemerdekaan bangsa sekarang ini meskipun menghadapi Covid 19. “Terutama para generasi muda,” tandas Anwar.

Diingatkan, kegiatan lomba Agustusan yang menjadikan kerumunan orang sementara ditiadakan. Namun untuk lomba virtual, menghias kampung, dan membuat mural diperbolehkan.

Bantuan Untuk Veteran

Usai upacara tersebut Walikota Anwar secara simbolis menyerahkan bantuan kepada 85 orang Veteran yang diterima Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur Aminudin.
Bantuan tersebut tiap orang Rp500.000 sehingga jumlahnya keseluruhannya Rp 42.500.000 untuk 85 orang Veteran, merayakan 75 tahun kemerdekaan RI yang telah mereka ikut perjuangkan.

Kepala Bagian Kesbangpol Jakarta Timur H Hamid Mas’ud menjelaskan biasanya para Veteran itu mendapat kehormatan menghadiri upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI seperti ini. “Namun sekarang kondisinya berbeda dengan Covid 19 ini. Makanya tak ada Veteran yang hadir baik LVRI, Wanvet maupun Piveri,” katanya. Apalagi para veteran umumnya sudah lanjut usia di atas 80 tahun.

Sementara Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur Aminudin mengatakan dana tersebut segera ditransfer langsung ke rekening masing masing veteran Rp 500.000.
Diharapkan dengan bantuan itu para Veteran yang telah berjasa itu ikut bahagia memperingati hari kemerdekaan bangsa.

“Selama Covid 19 ini Baznas Bazis Jakarta belum pernah memberikan bantuan sosial. Baru sekarang ini,” pungkasnya.

Tercatat 85 Veteran Jakarta Timur itu terdiri dari anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) , keluarga besar Wanita Veteran atau Wanvet dan Persatuan Isteri Veteran Indonesia atau PIVERI.(Pri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.