HUT 52 Baznas Bazis DKI: 137 Rumah Duafa di Jakarta Timur Selesai Dibedah, Anggaran Rp 7,67 Miliar

oleh
Cholillah warga Cakung Timur menerima kembali rumahnya setelah dibedah

JAKARTA, REPORTER.ID- Tepat pada hari ulang tahun miladiyah ke 52 Baznas Bazis DKI Jakarta, sudah 137 rumah tak layak huni yang tersebar di 10 kecamatan se Jakarta Timur selesai direhabilitasi total dalam program Bedah Rumah Duafa Baznas Bazis Jakarta Timur. Anggarannya semua sebesar Rp 7, 67 Miliar untuk 152 rumah dan kini tinggal 15 rumah lagi masih proses dibangun dan verifikasi.
Demikian diungkapkan Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur Aminuddin, S.Kom, Sabtu (5/12/2020).
Menurut Aminuddin, kepada pemilik rumah yang mendapat bantuan bedah rumah diberikan kesempatan untuk melakukan klaim kepada Baznas Bazis Jaktim jika masih ada kerusakan rumah tersebut dalam jangka waktu sebulan penempatan.
“Selama ini yang mengklaim hanya 10 % dari rumah yang sudah dibangun dan ditempati. Bentuk klaimnya rata rata mengeluh masih tampias atau bocor. Cuma langsung kami perbaiki,” kata Aminuddin lagi.
Dari 137 rumah tersebut menurut Aminuddin dua rumah diserahkan kembali kepada pemiliknya Jumat (4/12/2020). Masing- masing milik Cholillah (64) di Kampung Kayu Tinggi RT 09/11 Kelurahan Cakung Timur yang penyerahan kuncinya dilakukan Lurah setempat Rahman Setiana. Sedang rumah Jayadi di RT 01/RW 04 Pondok Bambu penyerahan kuncinya dilalukan Lurah setempat Angga Sastra di tempat dan waktu yang terpisah.
Dalam kesempatan tersebut Lurah Cakung Timur Rahman Setiana mengatakan, program bedah rumah oleh Baznas Bazis DKI Jakarta ini diharapkan dapat membantu warga yang kurang mampu untuk memiliki rumah yang layak huni.
“Program bedah rumah ini tepat sasaran dan merupakan program Pemprov DKI Jakarta yang membahagiakan warganya,” kata Rahman.
Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Timur, Aminuddin, menjelaskan Kelurahan Cakung Timur tahun ini tahun ini mendapat jatah 3 bedah rumah. Dua rumah lainnya masing masing milik Mustamirah (47) di Jl Kayu Tinggi RT 03/04 dan rumah Siti Jaiyam Kampung Kandang Sapi RT 07/06 Cakung Timur, sudah diserahkan kembali beberapa pekan yang silam dengan upacara sederhana.
Tercatat hasil pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) Kelurahan Cakung Timur sampai awal Desember ini Rp 98,7Juta atau 90,1% dari target.
Sementara penyerahan kunci bedah rumah Jayadi (51) di Jl Pahlawan Revolusi RT 001/RW 04), Pondok Bambu dilakukan oleh Lurah setempat Angga Sastra Amijaya usai sholat Jumat (4/12/2020) dengan dihadiri Kepala Seksi Kesra Kelurahan Pondok Bambu, Trise Anom dan dua Staf Baznas Bazis Jakarta Timur, Eka Nafisah dan Dewi.
Lurah Angga pada kesempatan itu mengatakan, bantuan bedah rumah melalui program Baznas Bazis Kota Jakarta Timur sangat bermanfaat bagi warga kurang mampu yang membutuhkannya.
“Alhamdulillah, saat ini sudah 3 warga kurang mampu sudah menempati rumahnya yang sudah layak huni. Semoga ini dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya,” ujarnya.
Terlihat Jayadi yang berprofesi sebagai PPSU dan guru ngaji itu tersenyum bahagia.
“Saya bersyukur. Alhamdulillah, dulu rumah saya seperti kandang hewan dan saat ini cukup layak huni,” ujar Jayadi.
Trise Anom, Kasi Kesra Kelurahan Pondok Bambu mengakui Jayadi selaku petugas Pemelihara Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) memang dikenal rajin.
Eka Nafisah dari Baznas Bazis Jaktim menambahkan Jayadi tinggal di rumah itu berempat dengan isteri dan dua anaknya. “Teman temannya sesama PPSU ada lima orang yang hadir ikut berbahagia,” kata Eka. (PRI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *