HOT ISU PAGI INI, EFFENDI SIMBOLON PREDIKSI ADA TAMBAHAN WAKTU DUA ATAU TIGA TAHUN BAGI PRESIDEN JOKOWI

  • Bagikan

Salah satu isu menarik pagi ini adalah soal prediksi politisi PDI-P Effendi Simbolon tentang akan ada tambahan waktu bagi Presiden Jokowi dua atau tiga tahun lagi. Menurut dia, wacana itu bisa saja diwujudkan apabila mendapatkan persetujuan rakyat dan kemudian disidangkan melalui Sidang MPR untuk melakukan amendemen terkait masa jabatan presiden.

 

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman minta prajurit TNI AD bersikap netral saat memasuki tahun politik. “Kamu (prajurit TNI AD) harus netral karena prajurit juga harus mengamankan apabila situasi politik itu tidak menentu. TNI harus tampil untuk mempertahankan negara ini dari perpecahan,” tegas Dudung.

 

Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Dedi Prasetyo menyatakan, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim tengah mengusut soal seruan melawan Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri. Seruan tersebut mengajak umat Islam agar membakar polres-polres yang ada di Indonesia. Disebutkan, seruan tersebut beredar di media sosial dan aplikasi percakapan WhatsApp.

 

Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang mendesak Kemendagri menertibkan ormas yang kerap terlibat bentrokan. Menurutnya, langkah itu perlu dilakukan karena telah meresahkan warga. Seperti diketahui, Pemuda Pancasila (PP) dan Forum Betawi Rempug (FBR) sering terlibat bentrokan hingga jatuh korban jiwa.

 

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, rakyat Indonesia harusnya bangga dengan terselenggaranya World Superbike (WSBK) di Mandalika, Lombok, NTB. Karena dari laporan penyelenggara WSBK, setidaknya ada 1,6 miliar penduduk dunia yang menonton perhelatan balap internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini. Berikut isu selengkapnya.

 

1.Politisi PDI-P Effendi Simbolon memprediksi, akan ada masa tambahan waktu bagi Presiden Jokowi dua atau tiga tahun lagi. Menurut dia, wacana itu bisa saja diwujudkan apabila mendapatkan persetujuan rakyat dan kemudian disidangkan melalui Sidang MPR untuk melakukan amendemen terkait masa jabatan presiden.

“Saya lihat, penambahan dua sampai tiga tahun justru. Nah ini. Kita bisa mengerti, bisa memberikan pertimbangan untuk kita sidang MPR, kemudian atas persetujuan rakyat, kita bisa amendemen untuk penambahan dua sampai tiga tahun periodesasi dari pemerintahan sekarang, itu berlaku untuk pemerintahan berikutnya,” kata Effendi dalam diskusi Satu Meja, kemarin.

Ia menilai, perihal pencalonan presiden 2024 belum tepat dibicarakan saat ini, mengingat jadwal pelaksanaan pemungutan suara pun tak kunjung dipastikan. Effendi Simbolon bahkan mengaku ragu Pilpres 2024 akan digelar. “Saya lihat, mungkin ada juga. Saya enggak lihat ada Pemilu 2024,” kata Effendi.

Anggota Komisi I DPR itu justru tak sependapat apabila masa jabatan anggota DPR RI mengalami penambahan waktu. “DPR mungkin enggak usahlah. Karena kami berkompetisi sajalah. Iya, ini kan yang terganggu pemerintahan. Jadi, kalau saya sih, enggak perlulah kalau DPR (diperpanjang). Mohon maaf nih teman-teman yang 500 (anggota DPR) sekian, saya tidak mewakili saudara,” ujar Effendi Simbolon.

2.Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto tampak makin mesra saja dengan Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri dan Puan Maharani. Kemesraan itu tercermin saat ketiga tokoh tersebut bertemu di ruang VVIP Istana Negara, Jakarta sebelum pelantikan Jenderal Andika Perkasa, Kamis (18/11) kemarin. Awalnya Megawati dan Prabowo santai mengobrol dalam ruang VVIP tersebut, kemudian Puan Maharani datang bergabung. Kemesraan ketiga tokoh parpol papan atas itu tentu memiliki pesan politik tersendiri mengingat Prabowo dan Puan disebut-sebut akan berduet dalam pencalonan presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto mengakui adanya pertemuan antara Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta di sela-sela pelantikan Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Kata Hasto, pertemuan itu berlangsung di sebuah ruangan VVIP dan berjalan dengan sangat hangat. “Pada saat saya mendampingi Ibu Megawati, saya lihat Pak Prabowo berjalan cepat menuju tempat Bu Mega. Lalu saya sampaikan ke Ibu, ada Pak Prabowo. Ibu Mega lalu menunggu, bersalam sapa dengan hangat, dan kemudian masuk ke ruangan VVIP bersama. Mas Pramono Anung dan saya mendampingi beliau,” ujar Hasto.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengungkapkan, kemungkinan partainya koalisi dengan PDI-P untuk Pemilu 2024 sangat terbuka. “Soal kemungkinan koalisi di 2024 sangat terbuka sekali, PDI-P dan Gerindra punya sejarah pertemanan yang panjang,” kata Habiburokhman, Minggu (21/11). Anggota Komisi III DPR itu mengatakan, Prabowo sudah akrab dengan Megawati maupun Puan sejak lama.

Jubir Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menilai, pertemuan antara Prabowo, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, dan Ketua DPP PDI-P Puan Maharani harus dimaknai sebagai ajang silaturahmi antartokoh partai politik. Menurut dia, pertemuan yang hangat itu menandakan komunikasi antara PDI-P dan Gerindra tetap terjaga dengan baik. “Politik kita terlalu banyak membaca memproduksi teks dari simbol-simbol, lalu jadi ramai. Sebenarnya ini hal yang biasa saja, apalagi Bu Mega dan Mbak Puan, dengan Pak Prabowo komunikasinya selama ini sangat cair dan bahkan ketika berkontestasi silaturahminya tetap baik, dan itu tetap dijaga,” kata Dahnil, Minggu (21/11).

3.Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurdin Halid berpandangan, para relawan yang mengusung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo harus siap mental bilamana politisi PDI-P itu hanya menjadi calon wakil presidennya Airlangga Hartarto. Itupun ada syaratnya, yakni bila Ganjar tidak dicalonkan PDIP pada Pilpres mendatang. “Untuk masuk rumah baru, namanya juga kontrakan, jangan langsung menjadi pemilik. Maka bersiaplah menjadi wakil daripada Pak Airlangga,” kata Nurdin. Ia memastikan, Partai Golkar tetap solid mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden 2024. Untung saja Ganjar tidak menanggapi tawaran Nurdin Halid.

4. Di luar dugaan, para santri pondok pesantren di Ciawi, Bogor, Jawa Barat mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo dan Puan Maharani untuk berduet pada pilpres 2024 mendatang. “Kita mengakomodir suara di arus bawah terkait dukungan Ganjar-Puan untuk maju sebagai Capres dan Cawapres pada Pilpres mendatang. Makanya kami lakukan deklarasi perdana ini, tetapi keputusan itu ada di Ibu Megawati sebagai Ketum PDI-P,” ujar Ketua Umum Front Ganjar-Puan (FGP) Timur Kiemas selepas deklarasi di Ciawi, Bogor, Minggu (21/11).

Ia menyebutkan, deklarasi dukungan terhadap duet Ganjar-Puan ini akan dilakukan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) FGP provinsi lain. Deklarasi dukungan para santri tersebut dipimpin oleh Panglima DPD FGP Jabar, Taslim Hidayatullah. Selepas deklarasi, jajaran pengurus serta relawan akan melakukan langkah-langkah taktis yang dibutuhkan. “Usai deklarasi ini, kami akan melakukan langkah taktis dan konkret, kami akan menyosialisasikan pasangan bakal calon presiden-wakil presiden ini ke tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh lainnya di Provinsi Jawa Barat,” kata Taslim.

5.Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman minta prajurit TNI AD bersikap netral saat memasuki tahun politik. “Kamu (prajurit TNI AD) harus netral karena prajurit juga harus mengamankan apabila situasi politik itu tidak menentu. TNI harus tampil untuk mempertahankan negara ini dari perpecahan,” tegas Dudung.

Mantan Pangkostrad ini juga menyampaikan kepada semua prajurit bahwa TNI AD adalah milik semua golongan, termasuk milik semua partai politik. Karena itu, Dudung meminta prajurit TNI AD tidak memihak kepada salah satu partai politik. “Jangan cenderung kepada kontestan tertentu,” katanya. Dudung juga menekankan dengan keras agar prajurit TNI AD jangan mencoba-coba memihak kepada salah satu kelompok atau partai politik tertentu.

Di sisi lain, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman menegaskan, dirinya tidak akan mau apabila terpilihnya dia sebagai KSAD TNI terkait dengan unsur politik. Ia menegaskan hal itu menanggapi adanya tudingan bahwa dirinya merupakan anak emas Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri sehingga dipilih menjadi KSAD menggantikan Andika Perkasa yang diangkat sebagai Panglima TNI belum lama ini.

Menurut Dudung, pemilihannya sebagai KSAD TNI tidak ada unsur politiknya. “Saya lihat tidak ada arah politik dan saya juga tidak akan mau kalau dibawa-bawa ke politik. Tidak akan mau saya,” tegas Dudung, Minggu (21/11). Dudung mengatakan, dipilihnya dia sebagai KSAD karena dilihat dari pengabdian dan profesionalitas yang dimilikinya. Tidak hanya dirinya, dia juga meyakini Jokowi memilih mereka tidak semudah membalikkan telapak tangan. “Sebetulnya Pak Jokowi lebih kepada bagaimana melihat dari pekerjaan, melihat dari pengabdian. Lebih kepada profesional,” ujarnya.

Dudung mengaku baru mengenal Jokowi dan Megawati Soekarnoputri saat memiliki pangkat bintang dua. Bahkan, ketika Jokowi menjadi Wali Kota Solo atau Gubernur DKI Jakarta, Dudung tidak pernah menjadi komandan distrik militer (dandim) di wilayah tersebut. “Kalau saya lihat, Pak Jokowi dan Bu Mega itu tidak ada spesial anak kesayangan tetapi lebih cenderung kepada profesionalisme,” tegasnya lagi.

7. Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Dedi Prasetyo menyatakan, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim tengah mengusut soal seruan melawan Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri. Seruan tersebut mengajak umat Islam agar membakar polres-polres yang ada di Indonesia. Disebutkan, seruan tersebut beredar di media sosial dan aplikasi percakapan WhatsApp. “Sudah dimonitor tim patroli siber,” ujar Dedi, Minggu (21/11). Dedi menyebutkan, tim melakukan profiling terhadap konten-konten yang mengandung ujaran kebencian dan provokasi tersebut. Menurut dia, penyebar konten di media sosial juga sudah diberikan peringatan oleh polisi.

8.Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah akan memberlakukan pengetatan tambahan menyusul kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Muhadjir mengatakan, pemerintah akan melakukan pengetatan tambahan tersebut dalam rangka menghindari timbulnya kerumunan massa.

“Pada libur Nataru ini kita berlakukan pengetatan dan pengetatannya mengadopsi pedoman yang selama ini berlaku untuk PPKM Level 3 plus ada beberapa pengetatan,” ujar Muhadjir, Minggu (21/11). Pengetatan tambahan tersebut, ujar Muhadjir, akan difokuskan pada sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan potensi kerumunan besar. Mulai dari pesta tahun baru, pelaksanaan peribadatan, hingga kemungkinan akan dilakukannya penutupan tempat wisata.

9. Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang mendesak Kemendagri menertibkan ormas yang kerap terlibat bentrokan. Menurutnya, langkah itu perlu dilakukan karena telah meresahkan warga. Seperti diketahui, Pemuda Pancasila (PP) dan Forum Betawi Rempug (FBR) sering terlibat bentrokan hingga jatuh korban jiwa. “Pemberian izin sebagai legalitas dari Kemendagri atau Kemenkumham tentu dengan AD/ART masing-masing organisasi yang salah satu pasalnya dipastikan berasaskan Pancasila dan UUD 1945,” kata Junimart, Minggu (21/11).

Junimart menegaskan, salah satu tujuan ormas dibentuk dan diberi izin adalah demi membantu pemerintah menjaga ketertiban umum. Oleh karena itu, jika ada ormas yang justru meresahkan masyarakat karena mengganggu ketertiban umum, pemerintah harus mengevaluasinya. “Kemendagri harus proaktif memanggil pengurus dari ormas itu,” tegasnya seraya menambahkan, apabila ormas tersebut sudah diberi peringatan namun kembali menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, maka pencabutan izin sebagai solusi yang wajar dilakukan oleh Kemendagri.

Polisi menangkap lima orang terkait bentrokan yang terjadi antara ormas Forum Betawi Rempug (FBR) dan Pemuda Pancasila (PP) di Ciledug, Kota Tangerang, pada Jumat (19/11) lalu. Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Deonijiu De Fatima mengatakan, kelima orang itu masih diperiksa untuk digali keterangannya terkait peristiwa tersebut. “Sementara ada lima dan bisa berkembang jadi banyak dan bisa dikurangin,” kata Deonijiu kepada wartawan, Minggu (21/11).

10.Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengajak pimpinan organisasi masyarakat sipil di wilayah Papua untuk turut aktif dalam pemberantasan korupsi. Kata dia, korupsi masih menjadi bisul dalam pengelolaan SDA dan keuangan. “KPK dalam pelaksanaan tugasnya selalu mengajak seluruh elemen bangsa untuk mari kita bersama-sama perbaiki bangsa dan negara kita. Kita masih terpuruk karena korupsi,” ujar Alex saat membuka dialog di Jayapura, Minggu, (21/110).

Alex menyampaikan data Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang menempatkan Indonesia dalam kategori negara korup. IPK tahun 2020, ujar dia, Indonesia mendapatkan dengan skor 37 hingga menempatkan pada peringkat 102 dari 180 negara yang disurvei. Padahal, menurut Alex, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk sejahtera dengan kekayaan alam yang melimpah.

11. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengklaim, 27 Pengurus Wilayah NU (PWNU) meminta agar pelaksanaan Muktamar NU dipercepat. Kata dia, permintaan ini, diputuskan dalam pertemuan yang berlangsung pada Sabtu (20/11) malam.
“Ada 27 pengurus Wilayah, 25 merupakan Ketua Tanfidziyah PWNU dan 2 Rois Syuriah PWNU semalam bertemu dan mendukung keinginan Rois Aam agar Muktamar dipercepat,” kata Gus Ipul dalam keterangan tertulis, Minggu (21/11).

12. Sejumlah warga dari lima kecamatan Kabupaten Tangerang mendeklarasikan pembentukan Kota Tangerang Tengah. Lima kecamatan yang ingin membentuk daerah baru antara lain Kecamatan Cisauk, Pagedangan, Legok, Kelapa Dua, dan Curug. Ketua Presidium Pembentukan Kota Tangerang Tengah, Nurdin Satibi mengatakan, pemekaran daerah ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Nurdin menyebut butuh sebuah pemerintahan baru agar pembangunan merata. “Itu alasannya, dan juga memang sangat relevan sekali untuk di wilayah Tangerang Tengah ini segera mungkin adanya pemekaran kota baru,” kata Nurdin di Taman Makam Pahlawan Aria Wangsakara, Lengkong, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu (21/11).

13.Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, Sirkuit Mandalika sudah memenuhi standar untuk menyelenggarakan Formula 1 (F1). “Kualitas aspalnya tidak perlu seperti ini, ini sudah melebihi formula one, jadi kita perlu perbaikan sana sini saja, itu sudah qualified untuk formula 1,” kata Luhut di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/11).

Menurut Luhut, pengelola the Mandalika nantinya hanya akan menunggu peluang untuk penyelenggaraan F1 di Sirkuit Mandalika. “Jadi, kita tinggal melihat peluangnya untuk formula 1,” ujar Luhut seraya mengingatkan, agar warga tetap menjaga protokol kesehatan saat menonton balap World Superbike (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) di sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, rakyat Indonesia harusnya bangga dengan terselenggaranya World Superbike (WSBK) di Mandalika, Lombok, NTB. Karena dari laporan penyelenggara WSBK, setidaknya ada 1,6 miliar penduduk dunia yang menonton perhelatan balap internasional di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini.

“Menurut mereka, ini ditonton 1,6 miliar penduduk dunia. Kalian ini kalau main berempat ditonton 1,6 miliar, kalian pembalap Indonesia harus cepat,” pesan Luhut dalam jumpa pers ditemani para pembalap muda Indonesia, Minggu (21/1) Luhut berharap empat pembalap muda kebanggaan Indonesia yang mendapat kesempatan meramaikan WSBK di Sirkuit Mandalika terus mengukir prestasi mereka, terlebih pemerintah telah memberikan dukungan dengan fasilitas sirkuit yang baik.

Anak buah Prabowo yang duduk di Komisi VI DPR Andre Rosiade mengusulkan agar Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) setelah sukses menyelenggarakan World Superbike (WSBK) Mandalika 2021. Andre mengatakan, sirkuit tersebut memiliki sejumlah fasilitas yang memadai untuk menjadi tuan rumah kompetisi balap mobil bergengsi tersebut.

“Peluang F1 ini besar, karena fasilitas sirkuit Mandalika yang sudah sesuai untuk F1. Tinggal diutambahkan fasilitas penerangan dan sistem sinyal elektroniknya saja,” kata Andre dalam keterangan tertulis, Senin (22/11). Andre menegaskan, usulan agar Mandalika menggelar F1 bukan sekadar untuk gaya-gayaan, apalagi membuang-buang uang. Ia yakin, penyelenggaraan F1 di Mandalika dapat membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

14. Bos NasDem Surya Paloh menggelar kegiatan pelepasan tukik hingga penanaman terumbu karang di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Surya menekankan program pelestarian lingkungan tak boleh berhenti pada periode kepemimpinan Presiden Jokowi. Kegiatan pelepasan tukik hingga penanaman terumbu karang NasDem ini dilakukan di Pulau Kelapa dan Pulau Kotok, Sabtu (20/11). Presiden Jokowi pernah menggelar kegiatan serupa pada September 2021. “Jelas ini (pelestarian lingkungan) tugas kita bersama, termasuk tugas penting dari instansi partai politik seperti NasDem,” kata Surya Paloh, Minggu (21/11).

15.Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, Indonesia tengah menjadi pasar industri gim terbesar di Asia Tenggara dan menduduki peringkat ke-17 di dunia. Selain itu, tercatat 52 juta penduduk Tanah Air merupakan pemain gim alias gamer. Meski demikian, Johnny menyayangkan, pasar gim Indonesia masih didominasi industri gim dari luar negeri. Industri gim lokal hanya mampu merajai 0,4 persen pasar gim nasional pada 2020.

Karena itu  Johnny Plate berharap, ajang Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2021 yang digelar sejak Oktober 2021 mampu membangkitkan optimisme perusahaan dan para pengembang gim dalam negeri. Hal tersebut disampaikannya melalui laman resmi Kemenkominfo, Minggu (21/11).

15.Menhan Prabowo Subianto bertemu Menhan AS, Llyod Austin di sela-sela acara “The 17th International Institute for Strategic Studies (IISS) Regional Security Summit: The Manama Dialogue 2021” yang digelar di Bahrain, Sabtu (20/11). Dalam pertemuan itu, kedua Menhan membahas mengenai pentingnya kerja sama pertahanan antara Indonesia-Amerika Serikat.   Prabowo dan Llyod pun mengapresiasi hubungan bilateral antar kedua negara, khususnya dalam sektor militer.

Selain itu, Llyod menyampaikan, kebijakan AS untuk mendorong penerapan tatanan berbasis aturan di Indo-Pasifik yang menjunjung tinggi hukum internasional dengan berdasarkan pada prinsip-prinsip bersama. AS juga menegaskan kembali dukungannya atas kepemimpinan Indonesia di kawasan serta pentingnya peran ASEAN. (HPS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *