Sambut Hari Wayang Nasional 2020,  PEPADI Adakan  Festival Dalang Boccah dan Remaja Diikuti 11 Provinsi, DKI Siapkan 9 Peserta

oleh
Pagelaran wayang golek

JAKARTA, REPORTER.ID- Dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional 7 November 2020, Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Pusat akan menyelenggarakan Festival Dalang Bocah dan Dalang Remaja tingkat Nasional dari berbagai gaya pedalangan secara virtual. Festival dengan menggunakan rekaman video tersebut akan berlangsung tanggal 7 sampai 16 November 2020. Hingga saat ini peserta yang terdaftar sudah 79 orang dari 11 provinsi se Indonesia.

Ragil Radityo seorang Pengurus PEPADI Pusat yang juga panitia Hari Wayang Nasional 2020 mengungkapkan hal itu di Jakarta Kamis (22/10/2020).

 

Sumardi dan para dalang bocah maupun remaja.

Kesebelas provinsi yang sudah mendaftar itu meliputi Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTB, Kalbar dan Provinsi Kaltim. “Jumlah itu kemungkinan akan bertambah lagi,” tambah Ragil Radityo.
Ketua Bidang Pergelaran PEPADI DKI Jakarta Sumardi S.Sos, menambahkan festival dalang tingkat nasional tersebut dengan berbagai gaya pedalangan.

“Pepadi Provinsi DKI Jakarta akan mengirimkan 9 peserta,” ujarnya.  Untuk itu akan dilaksanakan rekaman videonya pada hari Sabtu 24 Oktober 2020.

Nama peserta dari DKI Jakarta untuk kelompok dalang bocah 4 orang anak . Yaitu 1. M Pasya Ramadhan Sukarna (10 tahun), wayang kulit Betawi dengan cerita Babad Alas Amer. 2. Raka Triawibawa Putra Wiranto (12) wayang kulit Surakarta dengan cerita Gatutkaca Jedi. 3. Aufa Hadaru Ananta (12) wayang kulit Surakarta cerita Wisanggeni Takon Bopo. 4. Dias Syawal Lukman (15) juga gaya Surakarta dengan cerita Anoman Duta.
Selanjutnya nomor 5 sampai 9 termasuk kelompok dalang remaja.

Masing masing no.5. Bayu Aji Sutarno (16) wayang kulit gaya Surakarta dengan cerita Sesaji Raja Surya. 6. Sentanu Wijaya (17 th) wayang kulit Betawi cerita Kumbakarna Gugur. 7. Bima Arya (17) wayang golek Sunda dengan cerita Gatutkaca Gugur. 8. Ahmad Labib Janjalani (18) wayang kulit Surakarta cerita Dewa Ruci dan no.9. Fakih Triserra Filardi (19) wayang kulit Surakarta dengan cerita juga Dewa Ruci. (Pri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *