Atraksi Sastra Semesta # 5 Di Pasar Seni Gembrong Baru, Untuk Tarik Wisatawan

oleh
Kasudin Parekraf Jaktim bersama para seniman Pasar Gembrong

JAKARTA, REPORTER.ID- Suguhan atraksi yang berjudul Sastra Semesta # 5 akan digelar di Pasar Gembrong Baru, Jl Basuki Rahmat, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (23/8/20) siang. Atraksi seni kreatif tersebut dimaksudkan untuk menarik wisatawan yang berkunjung ke Pasar Seni Rupa Gembrong Baru sesuai harapan Walikota Jakarta Timur saat meresmikan Komunitas Perupa Jakarta Raya (PERUJA) 6 Agustus yang lalu.
Demikian dikatakan Lucky Wulandari Kasubbag Tata Usaha Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Timur, dalam press releasenya Sabtu (22/8/20).

“Menurut rencana event tersebut akan dibuka Kepala Sudin Parekraf Jakarta Timur Pak Russuharto,” kata Lucky.
Menurutnya, ini semua berawal dari banyaknya sentra-sentra seni yang mati suri dan diubah peruntukannya. Hal itu menggerakkan hati Ireng Halimun, perupa yang juga menggemari kegiatan sastra, untuk membangun kantung-kantung seni-budaya secara mandiri.

Dengan menggandeng Rd Nanoe Anka, pelatih teaternya saat di SMA, Ireng menawarkan gagasan untuk menggelar acara sastra di sebuah galeri di Jakarta Selatan. Sayang, negosiasi tidak menghasilkan titik temu tertundalah kegiatan itu.

Pada Juli 2019, Ireng menemui Ria Pasaman pemilik Semesta’s Gallery and Lounge, untuk menggelar acara sastra di galeri tersebut. Ria pun menyetujui dan terlaksanakanlah pergelaran “Sastra Semesta” yang diambil dari nama galeri tersebut. Tiga pergelaran Sastra Semesta pada 25 Agustus, 28 Oktober, dan 22 Desember 2019 terlaksana di galeri yang berlokasi di Lebak Bulus tersebut. Berikutnya pergelaran Sastra Semesta #4 digelar di Bengkel Kreatif Hello Indonesia (BKHI) milik M Holis Satriawan, di Ciputat, Tangerang Selatan yang berlangsung Minggu, 23 Februari 2019 cukup artistik, meriah, dan hidmat.

Direncanakanlah acara Sastra Semesta #5 di Kota Tangerang 19 April 2020 dan Sastra Semesta #6 di Taman Benyamin Suaeb, Jakarta Timur 21 Juni 2020. Namun semua rencana itu terhenti lantaran merebaknya Pandemi Covid-19.

Akhir Juli 2020, Ireng yang juga anggota Perupa Jakarta Raya (Peruja) ikut mengisi galeri Peruja. Ia pun berinisiatif menghubungi temannya saat di SMA, Rus Suharto yang kini sebagai Kasudin Parekraf Jakarta Timur. Komunikasi itu membuahkan Galeri Perupa Jakarta Raya di Pasar Seni Gembrong Baru diresmikan Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar, 6 Agustus 2020 lalu.

Melihat lokasi yang layak untuk digelar acara sastra, pada akhir Juli itu pula Ireng berdiskusi dengan rekan Karya Indah yang mengurusi para pelukis, agar bisa menggelar acara di sana.

Maka matanglah Acara Sastra Semesta # 5. Dyah Kencono Puspito Dewi akan tampil memandu acara tersebut yang akan diikuti Irfan Hakim, Halimah dan Dewi Maharani. Pembacaan puisi berantai oleh Dery Syrna, Piet, Missilwati dan Aldiansyah Febrian dan pembacaan puisi bahasa Inggeris oleh Kurt D Peterson. Ada pula musikalisasi puisi oleh Spartu, talk show dan pembacaan pantun.
Musik penutup oleh Ireng’s Rock Band.(pri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.